Aulia Halimatussadiah, Penulis yg Sukses Menjadi Entrepreneur

Aulia-Halimatussadiah

Image dari esensi.co.id

Perkembangan dunia teknologi yang semakin maju membuka banyak kesempatan bagi kaum wanita untuk mengasah dan memaksimalkan minat dan bakatnya. Kini banyak wanita yang bisa menuntut ilmu setinggi-tingginya dan mengejar cita-cita yang telah lama diimpikan. Hal tentu membawa perkembangan positif bagi kemajuan teknologi bangsa Indonesia. Karena kini kaum wanita mampu membuktikan eksistensi dan kontribusinya bagi negara.

Salah satu sosok wanita yang tentu dapat memberikan inspirasi bagi kita untuk senantiasa bersemangat menggapai cita-cita melalui bakat dan minat adalah Aulia Halimatussadiah, sang pendiri Nulisbuku.com.

Siapakah Aulia Halimatussadiah?

Sosok wanita yang akrab disapa dengan panggilan Ollie ini tadinya hanya seorang gadis yang hobi menulis dan membaca buku sejak kecil. Wanita asal Yogyakarta ini berasal dari keluarga yang bekerja di instansi pemerintahan. Oleh karena itu, kedua orang tua Ollie menginginkan Ollie untuk bekerja di perusahaan mengikuti jejak kedua orangtuanya.

Meski tumbuh di lingkungan keluarga dari kalangan pekerja, Ollie tak pernah bisa melepaskan kegemarannya membaca buku dan menulis. Saat duduk di bangku SMA pun Ollie hobi menulis cerita namun hasil tulisannya hanya sekedar untuk disimpan dan dinikmati sendiri. Setelah menamatkan pendidikan di tahun 2004, Ollie sempat bekerja di sebuah perusahaan penyedia jasa IT.

Artikel lain: Female Daily ~ Startup Sukses yang Berawal dari Hobi Blogging




Ketika menjalani hidup sebagai seorang karyawan, Ollie sempat bertemu dengan seorang teman baru bernama Angelina Anthony yang akrab disapa Angel. Menemukan hobi dan minat yang sama, Ollie dan Angel memutuskan untuk bekerjasama dan menangani website kutukutubuku.com, sebuah toko buku online yang didirikan pada periode Februari 2006.

Diluar dugaan, kutukutubuku.com ternyata memperoleh animo yang besar dari pengguna #internet di Indonesia. Akhirnya Ollie memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan memfokuskan diri untuk mengurus kutukutubuku.com bersama Angel. Walaupun keputusan tersebut sempat ditentang oleh kedua orangtuanya, namun akhirnya Ollie berhasil meyakinkan kedua orangtuanya tentang pilihan karir yang sudah ia putuskan.

Minat pengguna internet Indonesia terhadap website kutukutubuku.com juga menginspirasi Ollie untuk menciptakan tukusolution.com di tahun 2008, sebuah startup yang bergerak di bidang pembuatan dan jasa konsultan website.

Tentang Nulisbuku.com

Ollie sempat mengenag masa-masa dimana ia gemar menulis berbagai cerpen saat sekolah. Meski kala itu belum berniat untuk menerbitkan karyanya, namun Ollie juga menaruh kepedulian pada kesulitan yang dirasakan penulis saat ingin menerbitkan buku. Proses kerjasama dan kesepakatan dengan pihak penerbit tak bisa dijalankan dengan mudah. Akhirnya pada tanggal 8 Oktober 2010, Ollie bersama ketiga rekannya, Brilian Yoteenega, Oka Pratama dan Angel secara resmi meluncurkan startup barunya yang diberi nama nulisbuku.com.

Seperti namanya yang simpel, konsep self publishing yang diusung nulisbuku.com juga sangat simpel dan mudah untuk diikuti oleh penulis yang berasal dari berbagai kalangan. Nulisbuku.com memfasilitasi para penulis untuk menerbitkan bukunya secara self publishing. Semua tulisan yang ingin diterbitkan akan dibantu proses pencetakannya oleh tim nulisbuku.com. Adapun pembagian keuntungan sebesar 60% untuk penulis dan 40% untuk pihak nulisbuku.com.




Melalui nulisbuku.com, penulis juga tak perlu khawatir gaya menulisnya akan mengalami proses revisi oleh editor karena nulisbuku.com menjamin orisinalitas setiap karya tulis yang dimiliki oleh masing-masing penulis. Terhitung sejak tahun 2010 hingga November tahun 2014, nulisbuku.com telah menerbitkan lebih dari 700 buku dari penulis yang berada di berbagai wilayah Indonesia.

Membangun Komunitas Online

Nulisbuku.com bahkan tak hanya menjadi startup yang bisa memfasilitasi self publishing berbagai jenis buku. Lewat akun Twitter-nya yang selalu aktif dan sudah memiliki lebih dari 11.000 followers, Nulisbuku.com berhasil merangkul para penulis independen Indonesia untuk membentuk komunitas untuk berkumpul dan saling berbagi ilmu serta pendapat. Komunitas penulis yang akrab dan solid tersebut memberikan banyak kontribusi dan ide-ide segar bagi perkembangan startup nulisbuku.com.

Baca juga: Kelase ~ Startup Inovatif di Bidang Pendidikan Online

Ide-ide segar yang diwujudkan oleh Ollie pada startup nulisbuku.com mampu memfasilitasi penulis dari berbagai kalangan, bahkan dari rentang usia 10 tahun hingga 71 tahun. Semoga kehadiran startup yang unik dan inovatif seperti nulisbuku.com mampu memfasilitasi perkembangan kegiatan positif bagi seluruh generasi muda di Indonesia. Kini giliran kita yang bergerak untuk menciptakan hal yang inspiratif dan bermanfaat bagi banyak orang !



1 comment on this postSubmit yours
  1. Wah keren banget deh start up nya… Dari hobi bisa dikembangkan menjadi bisnis yang menarik. Pasti mbak Ollie ndak merasa kerja karena menjalankan hobinya itu. :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud