ATUN: Siapkan Diri Dengan Aplikasi Tryout Ujian Nasional 2015

atun

Seperti diketahui bersama bahwa pelaksanaan Ujian Nasional (UN) jenjang tahun 2015 saat ini dilaksanakan dengan sistem komputerisasi oleh beberapa sekolah. Setidaknya ada sekitar 500 ribu pelajar SMA dan SMP yang akan melaksanakan ujian nasional secara komputerisasi pada tahun 2015 ini.

Meskipun sifatnya hanya sebagai percontohan, namun sistem yang diklaim menghemat anggaran ini akan terus diperbaiki dan disempurnakan kedepannya. Dan direncanakan pula sistem ujian komputerisasi oleh Kemendikbud akan diterapkan pada semua jenjang sekolah dari SD hingga SMA diseluruh wilayah Indonesia nantinya.

Sekilas Tentang UN 2015

Daftar Isi

Pro dan kontra pun muncul di masyarakat terhadap pelaksanaan ujian nasional komputerisasi yang memang sudah direncanakan oleh Kemendikbud sejak beberapa tahun terakhir ini. Menurut Kepala Pusat Penilaian (Kapuspendik) Kemendikbud Nizam, sistem dan konsep ujian nasional komputerisasi ini sendiri diberi nama computer based test (CBT). Bahkan istilah Ujian Nasional (UN/Unas) nantinya akan diganti dengan nama Evaluasi Nasional (Enas).

Artikel lain: Kelase: Startup Inovatif di Bidang Pendidikan Online

Selain alasan penghematan, latar belakang kondisi pertumbuhan teknologi dan perangkatnya yang ada sekarang juga membuat munculnya sistem Ujian Nasional Komputerisasi. Beberapa teknologi yang memang telah nampak dan mendukung sistem ini adalah internet dan smartphone. Penggunaan smartphone yang marak di kalangan pelajar ternyata bisa membantu siswa dalam mempersiapkan ujian nasional dengan konsep komputerisasi ini.

Dengan maraknya website pendidikan dan aplikasi edukasi yang bisa diunduh di play store atau App Store ini bisa dimanfaatkan oleh para pelajar untuk mempersiapkan Ujian Nasional. Nah, salah satu aplikasi terbaru yang bisa dicoba untuk mendukung Ujian Nasional adalah ATUN atau Aplikasi Untuk Tryout Ujian Nasional. Seperti apakah dan seberapa efektif aplikasi ATUN untuk mendukung persiapan Ujian nasional?

Pengembangan Aplikasi ATUN

Aplikasi ATUN ini sendiri dikembangkan oleh BPMP (Balai Pengembangan Multimedia) Pustekkom-Kemdikbud. Meski baru saja dikembangkan, Aplikasi ATUN akan terus diperbaiki dan diperluas ke jenjang lain dengan juga dengan memperbanyak jumlah paketnya.

Tujuan pengembangan aplikasi ini adalah untuk melatih kemampuan para pelajar peserta Ujian Nasional dalam menghadapi Ujian Nasional sistem komputerisasi. Dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan siswa dapat dengan percaya diri menghadapi Ujian Nasional hingga memperoleh hasil yang baik dan memuaskan.

Fitur ATUN

Untuk mendapatkan hasil yang baik dari ujian nasional maka persiapan yang tepat dilakukan adalah dengan membiasakan diri mengerjakan soal-soal dan melakukan tryout. Dengan Tryout, kita bisa mengukur seberapa siap dan menguasai materi serta soal ujian nasional.

Aplikasi ATUN yang merupakan pendukung ujian nasional ini adalah langkah tepat bagi siswa untuk mempersiapkan diri menuju UN. Dengan beragam soal tryout yang coba dibuat semirip mungkin dengan soal-soal UN, maka siswa akan bisa terbantu dan terdorong untuk beradaptasi dengan sistem ujian komputerisasi. Setelah siswa mengerjakan soal Tryout, siswa bisa melihat hasilnya dan juga bisa mendapatkan penjelasan soal-soal yang telah dikerjakannya.




Cara Menggunakan ATUN

Setelah aplikasi terunduh, maka untuk menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu melakukan registrasi. Isilah semua dokumen yang diminta dengan benar seperti nama pengguna (ID user), email dan password akun Anda. Setelah anda mengisi data tersebut, Anda tinggal mengaktifkan akun lewat email yang telah anda berikan. Setelah diaktifkan, Anda tinggal login dengan ID dan password.

Setelah login, Anda sudah bisa melengkapi data profil Anda dan tentunya langsung bisa melakukan tryout. Tentukan kategori tryout yang Anda inginkan seperti jenjang pendidikan dan mata pelajarannya. Kerjakan soal dengan durasi waktu yang tersedia. Klik jawaban soal yang menurut Anda benar dari teks huruf yang ada. Akan muncul tanda silang di huruf jawaban yang Anda pilih.

Baca juga: Canggihnya Belajar Bahasa Asing dengan Aplikasi Duolingo

Untuk merevisi jawaban, pilih tanda panah ke kiri sedangkan untuk melanjutkan soal berikutnya, pilih tanda panah ke kanan. Setelah selesai dengan semua soal paket yang ada klik tanda simpan. Tunggu hasil pekerjaan Anda beberapa saat. Sembari menunggu hasil, Anda bisa mengulang atau melanjutkan ke paket soal lainnya dengan meng-klik tombol kembali.

Setelah hasil muncul, Anda bisa mengetahui peringkat Anda dari seluruh user aplikasi ini dengan meng-klik peringkat. Logout jika Anda ingin mengakhiri Tryout ini. Bagi rekan-rekan yang ingin mencoba aplikasi ATUN versi Android dapat mendownloadnya di sini. Semangat Belajar!!



2 total comments on this postSubmit yours
  1. aplikasi ini membantu

  2. Pak, maohon informasi nih, untuk yg ATUN versi android apakah ada spesisifikasi OSnya ga pak? Soalnya android saya sdh lmyn berumur. Mksh

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud