Update Artificial Intelligent, Google Photos Mampu Bangkitkan “Kenangan Lama” Pengguna

google photos

Image dari Androidbeat.com

Sudah banyak sekali teknologi canggih yang dikeluarkan oleh perusahaan digital Google yang tentunya semakin meningkatkan ketertarikan pengguna. Dan yang terbaru, belum lama ini salah satu layanan #Google yakni Google Photos, mengeluarkan update terbaru sebuah sistem artificial intelligent yang mampu membangkitkan kembali kenangan terbaik dari berbagai foto yang kita miliki.

Secara sederhana, nantinya teknologi kecerdasan buatan ini mampu mengenali berbagai foto yang kita miliki dan mengelompokkan nya berdasarkan pengenalan wajah dalam foto tersebut. Tidak hanya itu, update terbaru juga memberi fasilitas bagi pengguna untuk membuat file GIF dari video yang mereka miliki dan beberapa fitur baru lainnya.

Kecanggihan Teknologi Facial Recognition

Fitur terbaru yang dapat memunculkan kembali memori lama terbaik yang pernah kita unggah lewat Google Photos, didukung dengan adanya teknologi software facial recognition yang dapat mengenali orang-orang yang ada di dalam sebuah foto. Nantinya, sistem akan mengenali orang-orang mana yang paling banyak muncul dalam daftar foto kita.

Kemudian, sistem akan mengelompokkan semua foto yang mengandung orang-orang tersebut, bisa kawan baik, pasangan hingga putra putri kita. Langkah selanjutnya, sistem akan mengelompokkan menjadi satu folder tersendiri yang dapat diakses dengan mudah.

Artikel lain: Google Photos ~ Cloud Service Khas Google, Bantu “Rampingnya” Memori Smartphone Anda

Melihat fitur semacam ini mungkin akan mengingatkan kita pada fitur milik media sosial Facebook “Friendiversary” yang juga menggabungkan beragam foto lama antara 2 pengguna yang memiliki keterkaitan erat dalam situs tersebut. Namun perbedaannya adalah, jika Friendiversary lebih memfokuskan pada waktu kapan foto itu diunggah, sedangkan fitur Google Photos menfokuskan pada orang yang berada di foto tersebut.

Kelebihan ini tentu menjadi pembeda yang sangat berarti jika Anda merupakan orang yang mempunyai cukup banyak foto dengan banyak orang berbeda. Karena sistem tidak memandang secara sempit orang yang berada di foto tersebut, melainkan menciptakan sebuah sistem unik yang dapat mengenali setiap profil sehingga dapat membangkitkan kenangan lebih mendalam dengan 1 profil tersebut.

Terutama untuk para pengguna perangkat dengan sistem operasi #Android, tentu sudah tahu bahwa sebagian foto yang kita miliki pada perangkat kita terkadang akan di-backup secara otomatis pada sistem Google Photos. Inilah yang akan semakin memperkaya sistem pengenalan wajah, dan nantinya tentu memberikan pengelompokan foto yang lebih unik.

Update Fitur Lain

Fitur yang dapat membangkitkan kembali kenangan dalam folder kumpulan foto dengan profil tertentu, merupakan sajian utama dalam update Google Photos kali ini. Namun tentunya masih ada update lain yang juga tidak kalah menarik.

Salah satunya yakni, kita bisa membuat file animasi dari #video yang kita miliki. Nantinya sistem secara cerdas akan menangkap visual video yang kita upload, kemudian memotong video tersebut menjadi segmen-segmen tertentu berdasarkan jumlah motion atau gerakan yang tertangkap.




Dari situ sistem akan memberikan saran kepada kita, potongan motion mana yang ingin kita jadikan file baru dengan ekstensi GIF alias gambar gerak. Dengan adanya sistem cerdas ini, kita tidak hanya bisa membuat file GIF saja, namun kita juga bisa saja dibuat terkejut dengan saran yang diberikan oleh sistem otomatis. Karena tidak jarang GIF hasil saran dari sistem tersebut bisa menangkap momen yang tidak diduga-duga.

Baca juga: Serius Garap Layanan Cloud, Google Perkenalkan Nama Brand Baru Google Cloud

Selain itu masih ada fitur lain yakni, perbaikan foto utamanya dalam hal re-posisi dari foto tersebut. Fitur ini dapat membantu jika kita memiliki foto yang ditangkap dengan posisi yang kurang pas, bisa terbalik atau agak miring. Sistem akan mendeteksi secara otomatis foto yang dirasa tidak memiliki posisi yang pas kemudian memberikan saran bagi kita untuk melakukan editing terhadap foto tersebut. Namun jika kita memang mengambil foto dalam angle yang tidak biasa. Kita juga tetap bisa memilih untuk mempertahankan foto tersebut.

Semua fitur di atas terkait dengan layanan Google Photos, sudah bisa dinikmati oleh semua pengguna baik yang menggunakan perangkat berbasis sistem operasi iOS maupun Android. Selain itu, fitur di atas juga berlaku untuk layanan yang diakses melalui situs web Google Photo.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Jadi pengen bernostalgia sama teman-teman SD :-D

  2. Wah, bisa bisa google bikin anak muda indo sering baperan deh. Apalagi yang punya banyak mantan, di bikin folder semua tuh sama google.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud