Apple Store Singapura Dibuka, Inilah Latar Belakang dan Dampaknya Bagi Indonesia

Image dari Flickr.com

Image dari Flickr.com

Sebagai sebuah perusahaan digital raksasa dunia, rasanya tak berlebihan jika Apple kemudian ingin berekspasi untuk memperluas pasar dan menumbuhkan bisnisnya. Perusahaan yang kini dipimpin oleh Tim Cook ini memang selalu terlihat gencar dalam melakukan pengembangan usaha dan peningkatan nilai keuntungan. Salah satu bukti terbaru bahwa Apple sedang sangat berambisi untuk memajukan perusahaannya adalah rencana pembukaan #Apple Store di Singapura.

Berita yang awalnya sekedar isu ini kini telah menjadi sebuah fakta, karena pihak Apple sendiri yang diwakili oleh Senior Vice President for Retail and Online Stores Apple Angela Ahrendts telah mengonfirmasi dan memastikan bahwa pihaknya memang akan membuka toko resminya di Singapura. Lalu apa latar belakang dan efek dari pembukaan Apple store di Singapura ini? Berikut ulasannya.

Latar Belakang Pembukaan Apple Store Singapura

Berita tentang kepastian pembukaan toko di Singapura sendiri cukup mengejutkan banyak pihak. Banyak yang bertanya, apa motif Apple membuka toko retail-nya di Singapura? Dilihat dari gaya kepemimpinan Tim Cook saat ini selaku CEO Apple, maka tidak bisa dipungkiri bahwa mereka membawa misi bisnis yang besar.

Menurut Apple pasar Asia Tenggara memang sangat menjanjikan.  Wilayah di kawasan tenggara Asia yang memiliki populasi 500 juta orang ini sangat potensial untuk digarap. Pasalnya, ada sebuah data yang menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan #smartphone di kawasan ini meningkat sebesar 66 persen dari tahun ke tahun dan mencapai angka 24 juta unit di antara April dan Juni 2015.

Dalam pemasarannya ke Asia Tenggara, Apple sendiri selama ini menggunakan lisensi mitra ketiga untuk penjualan produk di Asia Tenggara. Tentu saja keadaan ini kurang menguntungkan jika kemudian pasar yang meresponnya begitu bagus. Selain faktor pertumbuhan jumlah pengguna smartphone dan keuntungan pada proses penjualannya, hal lain yang membuat Apple memutuskan untuk membuka toko di Singapura adalah keberadaan karyawan yang begitu hebat.




Artikel lain: Inilah 8 Aplikasi Rahasia Apple yang Hanya Bisa Diakses Oleh Karyawannya

Ya, Apple memang diketahui telah memiliki lebih dari 900 orang pegawai hebat di Contact Center Singapura. Dari kehebatan para karyawnnya ini maka pihak Apple merasa tertantang dan bersemangat untuk mulai merekrut tim yang akan mengisi posisi di Apple Store-nya di Singapura.

Waktu dan Lokasi yang Belum Jelas

Meski telah memastikan keputusannya untuk membuka tokonya di Singapura, namun ada hal yang belum jelas terkait Apple store ini. Hal yang belum mendapat kepastian dalam hal ini adalah tentang waktu pembukaan dan keberadaan toko atau lokasi toko. Pihak Apple sendiri memang sengaja merahasiakan lokasi dan waktu pembukaan toko tersebut.

Menurut beberapa kabar yang beredar, ada yang menyatakan bahwa Apple sudah memesan sebuah spot ritel di mall Knightsbridge, di jalan Orchad. Namun terkait kabar lokasi ini Apple sendiri belum menanggapi dan belum memberikan komentarnya. Kabar yang sepertinya telah dipastikan kebenarannya adalah bahwa perusahaan asal California, Amerika Serikat itu telah merekrut pegawai secara diam-diam sejak pekan lalu.

Apple Store di Singapura, Benefit Buat Indonesia

Berita kepastian rencana pembukaan Apple store di Singapura ini jelas menjadi kabar baik bagi masyarakat Asia tenggara, terutama bagi masyarakat Indonesia. Mengapa demikian? Pasalnya toko retail Apple yang akan menjadi Apple store pertama di Asia Tenggara ini diprediksi akan membawa banyak perubahan positif bagi Indonesia.




Seperti diketahui bahwa dalam peluncuran dan pemasaran produk baru Apple, Indonesia dikenal sebagai negara yang paling lama menerima kehadiran produk terbaru Apple. Beberapa hal seperti perizinan yang rumit, sertifikasi unik dan tidak potensialnya pasar Indonesia merupakan beberapa alasan yang membuat terlambatnya produk Apple masuk Indonesia

Baca juga: Inilah 5 Paten Teknologi Milik Apple yang Paling Ditunggu Kehadirannya

Tapi saat nanti Apple telah membuka toko reatil-nya di Singapura, maka keadaan terlambatnya produk Apple ke Indoneia ini bisa berubah. Menurut Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing and Communication Erajaya Group yang membawahi iBox di Indonesia, memprediksi keberadan Apple Store di Singapura nantinya sangat mungkin akan membantu mempercepat penyaluran produk-produk Apple kepada retailer di Indonesia. Selain itu, pendirian Apple Store ini nantinya akan menjadi suatu sarana pembelajaran serta tolak ukur baru bagi iBox di Indonesia.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud