Apple Berencana Mengakusisi Media Sosial Path, Benarkah?

Apple-Berencana-Mengakusisi-Media-Sosial-Path

(c) Merdeka.com

Familiar dengan kata akuisisi? Secara harafiah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, akuisisi dapat didefinisikan sebagai pemindahan kepemilikan perusahaan atau aset (pada industri perbankan terjadi bila pembelian saham di atas 50%) atau cara memperbesar perusahaan dengan cara memiliki perusahaan lainnya. Akuisisi sangat lazim terjadi di bidang teknologi. Banyak perusahaan teknologi besar yang mengakuisisi perusahan teknologi lainnya dan akhirnya mendulang kesuksesan dan prestasi yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

Kabar tentang akuisisi terhadap suatu perusahaan teknologi kadang kala membuat para pengguna setianya menjadi kaget dan hampir tak percaya. Namun hal tersebut sudah menjadi kenyataan bisnis yang harus bisa diterima oleh seluruh pengguna teknologi. Karena walaupun sering mengejutkan, bukan mustahil para pengguna teknologi akan memperoleh manfaat yang lebih baik lagi di masa mendatang. Kabar tentang #media sosial  Path yang akan diakuisisi oleh #Apple pada periode akhir tahun 2014 juga cukup mengejutkan bagi para pengguna setia Path maupun pecinta produk Apple.

Ekspansi di Bidang Media Sosial

Apple tampaknya tak cukup puas jika hanya bisa memproduksi #gadget bergengsi dengan teknologi canggih. Rencana untuk mewujudkan ekspansi ke bidang media sosial rupanya sudah diperhitungkan Apple secara matang. Dan untuk mewujudkan rencana tersebut, kabarnya Apple sudah menyiapkan langkah untuk mengakuisisi salah satu media sosial yang tengah populer, yaitu Path.

Berita seputar akuisisi Path tersebut diperoleh dari salah seorang insinyur tim internal Apple dan beritanya mulai dirilis oleh Pando Daily pada tanggal 10 September 2014. Narasumber berita yang tak ingin menyebutkan namanya tersebut menyatakan bahwa akuisisi sudah hampir dilakukan, namun kesepakatannya belum ditandatangani secara resmi.

Artikel lain: Mengenal Sosial Media Path, Apa Bedanya Dengan Sosmed Lain?




Lebih detail lagi, berita yang dirilis oleh Pando Daily menulis kata acquire dengan sebutan acquihire. Kata tersebut merupakaan hasil penggabungan kosakata aqcuire dan hire, yang artinya akuisisi dilakukan tanpa melakukan campur tangan dan intervensi terhadap kegiatan dan layanan yang sudah disediakan di waktu terkini. Bila Path memang diakuisisi oleh Apple, mungkin saja Path akan digabungkan dengan aplikasi message dari Apple secara sebagian atau secara keseluruhan.

Nilai akuisisi Path mungkin tidak sebesar nilai akuisisi #Facebook atau Whatsapp yang mencapai US$ 19 milyar, namun mengakusisi Path bukanlah sebuah keputusan yang buruk mengingat Path dikenal dengan desain serta inovasi interface yang sangat futuristik.

Peringkat Path pada deretan aplikasi media sosial di Apple Store mungkin memang tak secemerlang aplikasi lainnya, yakni hanya bertengger di urutan ke 177. Namun ternyata prestasi Path meningkat drastis di tahun ini, dengan valuasi yang mencapai angka US$ 400 juta pada laporan periode Januari 2014. Hal tersebut tentu menjadi sebuah sinyal positif bagi Apple yang akan mengakuisisi Path, mengingat popularitas media sosial yang satu ini semakin meningkat di tahun 2014.

Kehadiran CEO Path dalam Event Apple?

Apakah kehadiran Dave Morin, sang CEO Path di event yang digelar Apple menjadi suatu pertanda bahwa Path memang akan diakuisisi oleh Apple?

Entahlah, mungkin benar atau mungkin tidak. Pada event tersebut, Dave Morin duduk berdampingan dengan Dr. Dre yang perusahaannya sudah sukses diakuisisi Apple. Tak hanya indikasi dari kehadiran Dave Morin, pada event tersebut Apple juga turut mengikutsertakanPath dalam presentasi dan kampanye iklannya.




Keputusan Apple untuk mengakuisisi Path mungkin didasari fakta bahwa hingga tahun 2014 Apple belum bisa melebarkan sayap ke ranah media sosial. Meskipun sempat mengembangkan media sosial yang diberi nama Ping dan mengakuisisi media sosial berbasis konten visual bernama Color, hal tersebut belum membuka kesuksesan Apple di bidang media sosial.

Baca juga: Social Media Baru yang Sedang Trend di 2014

Jika Apple memang mengakuisisi Path, semoga Path tetap dapat menyajikan fitur dan kontan terbaiknya kepada para pengguna setia yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Tugas Apple adalah meningkatkan produktivitas dan kreativitas yang sudah dijalankan oleh Path selama ini.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud