Aplikasi Yogrt ~ Raih 1 Juta Pengguna Berkat Konsep “Nol” Teman yang Berbeda

aplikasi yogrt

Image dari PCplus.co.id

Salah satu produk teknologi yang juga ikut menyumbang pengaruh besar terhadap perkembangan teknologi mobile adalah aplikasi mobile. Saat ini sudah begitu banyak aplikasi mobile beragam platform mulai dari Android, iOS, windows, blackBerry serta sistem operasi lain yang bisa diunduh dengan mudah dan tentunya gratis.

Aplikasi-aplikasi tersebut mempunyai beragam kegunaan yang dapat membantu keperluan pengguna perangkat mobile. Dan salah satu fungsi yang paling banyak digunakan yakni dalam hal komunikasi media sosial. Alasannya tentu karena saat ini #media sosial sangatlah dibutuhkan oleh berbagai kalangan untuk mempermudah kegiatan online mereka.

Namun untuk menjadi sebuah #aplikasi media sosial populer, diperlukan kelebihan khusus yang tidak dimiliki aplikasi lain. Faktor inilah yang berhasil diwujudkan oleh aplikasi Yogrt. Memperkenalkan konsep 0-friend yang tidak ditemui di aplikasi media sosial serupa, nyatanya saat ini aplikasi tersebut telah sukses  menyedot minat tak kurang dari 1 juta orang pengguna

Selengkapnya tentang kelebihan dari aplikasi Yogrt, bisa rekan-rekan simak dalam artikel berikut ini.

Sekilas Tentang Aplikasi Yogrt

Aplikasi Yogrt merupakan aplikasi media sosial berbasis lokasi yang menawarkan pengalaman komunikasi online yang lebih bebas dan luas. Mulai diperkenalkan pada bulan Oktober 2014 lalu, saat ini aplikasi Yogrt telah menyebar hampir di seluruh Indonesia dengan jumlah pengguna mencapai 1 juta orang.




Menurut co-founder Yogrt Roby Muhammad, salah satu hal unik yang berhasil dibawa oleh aplikasi besutannya adalah konsep 0-friend (zero friend), yang tidak pernah ditemui di layanan media sosial lain. Dengan konsep ini, nantinya pengguna Yogrt bisa menambahkan teman tidak hanya dari inner circle namun juga dari luar. Itulah yang membuat layanan ini mampu memunculkan kesan kebebasan berkomunikasi yang sangat luas.  Lebih dari itu, Roby menuturkan bahwa konsep ini berhasil dibawa oleh tim pengembang setelah pengamatan terhadap pola interaksi pengguna media sosial di Indonesia.

Artikel lain: Takon ~ Aplikasi Lokal Untuk Kegiatan Tanya Jawab Netizen Indonesia

“Kami mempelajari pola interaksi para pengguna dan kami menemukan bahwa dalam jejaring sosial, para pengguna lebih mencari teman untuk curhat dan berbagi informasi,” jelas Robby.

Kelebihan Konsep 0-Friend

Membicarakan lebih lanjut mengenai konsep zero friend ala Yogrt, terdapat kelebihan dan juga ciri lokal pengguna Indonesia yang coba dibawa masuk ke dalam aplikasi ini. Maksudnya adalah, pengguna media sosial di Indonesia sebenarnya lebih banyak memiliki tujuan untuk menambah teman, curhat serta berbagi informasi. Ditambah lagi konsep ini sangat pas dengan karakter pemuda di Indonesia dengan rentan usia 18 sampai 25 tahun yang menjadi target market aplikasi Yogrt.

Menilik konsep pertemanan yang ditawarkan oleh media sosial lain, menurut Roby bisa diklasifikasikan menjadi dua jenis yakni bersifat lingkaran pertamanan tertutup dan konsep follower. Sebagai contoh untuk media sosial Facebook dan #Path, menggunakan sistem lingkaran pertemanan tertutup dimana komunikasi lebih terpusat pada lingkaran pertemanan yang telah dibuat oleh pengguna. Sedangkan yang kedua, konsep follower bisa kita temukan pada layanan media sosial seperti Twitter dan Snapchat. Kedua aplikasi ini mengharuskan adanya pengikut yang terus menyuplai komentar atau respon pada status yang diunggah.




Di sinilah celah yang coba diambil oleh pengembang Yogrt dengan konsep 0-friend andalannya. Tidak seperti Twitter, bahkan dengan teman berjumlah nol sekalipun kita bisa tetap berbagi dan mendapatkan informasi pada jaringan pertemanan berbasis lokasi. Dari situ akhirnya komunikasi yang lebih terbuka bisa diwujudkan tanpa harus terkungkung batasan pertemanan.

Siapapun Bisa Menjadi Superstar

Inilah yang kemudian bisa dimanfaatkan parah pengguna aplikasi Yogrt yang ingin selalu eksis tanpa harus kesusahan mencari teman. Setiap orang bisa menjadi populer di Yogrt asalkan mampu menyajikan konten yang bermanfaat dan memancing adanya interaksi baru berbasis lokasi.

“Siapa saja bisa menjadi super star di Yogrt, bahkan aplikasi media sosial ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan teman baru dan interaksi baru dari sekitar lokasi penggunanya, sehingga bukan sekadar memindahkan teman dalam kehidupan sehari-hari ke media sosial,” tambah Roby.

Baca juga: Catfiz ~ Aplikasi Media Sosial Karya Orisinil Anak Bangsa Yang Diminati Dunia

Namun meskipun bersifat komunikasi terbuka, pengguna tidak perlu takut ataupun risau tentang faktor keamanan aplikasi yang satu ini. Dengan sistem pengamanan layanan dan juga beberapa fitur keamanan seperti  Hide, Block dan Report, setiap konten yang masuk akan bisa tersaring sesuai dengan keinginan pengguna.

Untuk masalah konten yang berbau sara dan pornografi, pengawasan langsung dari pihak pengembang juga selalu dilakukan untuk memastikan konten tersebut tidak beredar bebas pada platform online yang satu ini.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Patut dicoba nih

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud