Aplikasi Untuk Membidik Hashtag yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Sebagai pebisnis di era modern kita dapat dengan mudah melakukan strategi pemasaran dan promosi melalui sejumlah #media sosial. Ya, kehadiran berbagai media sosial dengan bermacam-macam target pengguna dan tujuan secara tak langsung memang mempermudah kita dalam mengidentifikasi target bisnis dengan mengamati kebiasaan dan tren di kalangan para pengguna media sosial.

Apa saja sih yang harus diperhatikan ketika menggunakan media sosial sebagai sarana pengembangan bisnis?

Selain gaya bahasa yang sopan dan komunikatif serta penawaran produk secara kreatif, kita juga harus memperhatikan penggunaan hashtag yang tepat dan relevan dengan bisnis anda. Hashtag adalah lambang tanda pagar (#) agar pengguna media sosial dapat mencari kata kunci tertentu dengan mudah dan cepat. Kata kunci yang memakai hashtag terbanyak biasanya akan menjadi trending topic di suatu negara atau bahkan di dunia. Penggunaan hashtag kini tak terbatas pada #Twitter saja, namun juga sering digunakan di #Instagram dan #Facebook.

Jadi, untuk mempelajari penggunaan hashtag yang tepat untuk memperkenalkan bisnis anda melalui media sosial, pelajari dulu beberapa poin pentingnya berikut ini:



Artikel lain: Peran Fitur Hashtag / Tagar Untuk Maksimalkan Marketing Online

Mengidentifikasi Para Pengguna yang Menjadi Target Hashtag

Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencari tahu mengenai konten apa saja yang biasanya akan mendapat respon dan share yang positif dari para pengguna media sosial. Anda juga dapat menggunakan aplikasi yang dapat mengkalkulasi tren penggunaan hashtag di media sosial. Aplikasi seperti Twitonomy (www.twitonomy.com) dan aplikasi lainnya dapat membantu kita untuk memperkirakan tren hashtag yang akan diciptakan berdasarkan tren yang sudah ada dan sedang hits di media sosial.

Buatlah Daftar Hashtag yang Berhubungan Dengan Konten

Bila Anda berencana untuk membuat suatu hashtag untuk mempopulerkan bisnis, cobalah untuk menggunakan aplikasi yang dapat membantu Anda mencari hashtag lainnya yang terkati dengan niche atau keyword yang akan anda gunakan. Kita bisa menggunakan Hashtagify (hashtagify.me)  untuk mencari tahu mengenai daftar hashtag yang erat kaitannya dengan hashtag yang dibuat.

Besarnya lingkaran pada hashtag buatan Anda menunjukkan tingkat kepopuleran hashtag tersebut, sedangkan jarak antar satu hashtag dengan hashtag lainnya menunjukkan besar kecilnya tingkat korelasi. Tak perlu kawatir dengan korelasi antar hashtag, karena Anda tetap dapat memasukkan hashtag yang berkaitan dengan bisnis anda selama hashtag tersebut masih berkorelasi dan terasa “nyambung”.

Artikel lain: Belajar Konsep 3C – Sukses Berbisnis via Sosial Media

Ujilah Relevansi dari Hashtag yang Dibuat

Aplikasi lainnya yang dapat kita gunakan untuk menguji hashtag yang akan dibuat adalah aplikasi Rite Tag. Aplikasi Rite Tag (ritetag.com) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Saul Fleischman. Anda dapat memasukkan hashtag yang telah diteliti dan Anda kumpulkan ke dalam associated hashtags yang terdapat pada aplikasi Rite Tag.

Ketika memasukkan hashtag yang Anda maksud, maka Rite Tag akan mengeluarkan output berupa sejumlah hashtag yang memiliki kaitan dengan hashtag anda dengan sejumlah warna kolom yang berbeda. Hashtag dengan kolom berwarna biru menunjukkan bahwa hashtag tersebut jarang digunakan dan direspon oleh para pengguna media sosial.

Warna hijau menunjukkan bahwa hashtag tersebut optimal untuk digunakan dan warna merah adalah tanda bahwa suatu hashtag sangat sering digunakan sehingga cakupan bahasannya sangat luas. Selain dapat menguji keterkaitan hashtag anda dengan hashtag lainnya, Rite Tag juga dapat membantu anda untuk membandingkan keefektivitasan hashtag yang satu dengan hashtag lainnya.

Jadi, melalui penggunaan berbagai aplikasi untuk menguji keefektifan suatu hashtag, selaku pebisnis modern anda dapat memperhatikan perkembangan tren yang sedang booming di media sosial untuk mulai menghubungkannya dengan strategi bisnis Anda. Misalnya saja, di musim hujan yang kerap kali menyebabkan banjir, anda dapat memasarkan objek properti berupa rumah di kawasan bebas banjir.

Baca juga: Daftar Istilah Penting Dalam Twitter dan Artinya

Beberapa hashtag yang bisa anda gunakan misalnya adalah #hujan, #banjir, #ngungsi, #mengungsi, # kebanjiran dan beberapa hashtag lainnya. Sebelum terlanjur menggunakan hashtag, jangan lupa uji dulu ya keefektivitasan hashtag tersebut.

Tetap semangat dan cermat dalam berbisnis!





3 total comments on this postSubmit yours
  1. Bagi pengguna instagram pemula, artikel ini sangat membantu ternyata betapa pentingnya setiap postingan harus menggunakan hashtag.

  2. sebelumnya saya sangat trim kasih karena artikel ini memberikan ulasan terhadap hastag di twitter. tapi dsini kok gak dijelaskan bagaimana cara memilih hastag yang baik untuk pengguna twitter

  3. artikel di atas sangat bagus dan sangat membantu, tapi saya masih kesulitan menerapkan info tersebut di atas. bagaimana caranya agar saya lebih mudah lagi melangkah kedepan?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud