Aplikasi Kashmi, Bayar Patungan Bersama Teman Jadi Lebih Mudah

Aplikasi-Kashmi-Bayar-Patungan-Bersama-Teman

Hemat pangkal kaya. Ungkapan tersebut agaknya memang berlaku di zaman sekarang. Biaya untuk segala macam kebutuhan hidup terus meningkat. Tidak heran bila banyak orang yang menjelma menjadi pelit untuk diri sendiri maupun orang lain. Meski demikian, pelit sebenarnya bukan solusi yang tepat untuk menghadapi peningkatan kebutuhan hidup lho. Masih ada cara yang lebih keren untuk mulai berhemat dari sekarang, salah satunya yakni dengan patungan.

Berkegiatan bersama keluarga dan teman dekat memang sangat menyenangkan. Apalagi jika kita menjalankan kegiatan dan membayarnya dengan cara patungan. Patungan atau membayar bersama-sama memang sudah menjadi salah satu gaya hidup hemat. Sekarang kita bahkan tidak perlu lagi repot-repot mengeluarkan banyak uang ketika akan membayar. Karena ada Kashmi, #aplikasi khusus untuk membayar sesuatu secara patungan.

Ide Awal Pengembangan Kashmi

Kashmi dibentuk oleh seorang pemuda bernama Rakhil Fernando. Berawal dari pengalaman sang founder ketika tinggal di New York, situasi patungan memang seringkali menimbulkan rasa canggung ketika ia hendak membayar. Akhirnya ia dan teman-teman memanfaatkan suatu aplikasi khusus untuk membayar secara patungan. Aplikasi tersebut bernama Venmo.

Venmo kala itu terkenal di Amerika Serikat dan banyak digunakan untuk membayar restoran atau biaya sewa apartemen. Venmo memberikan kepraktisan tersendiri karena para penggunanya tidak perlu repot berurusan dengan uang tunai atau mesin ATM. Dari pengalaman tersebut akhirnya Rakhil berinisiatif untuk membangun aplikasi Kashmi dengan konsep yang serupa dengan Venmo namun lebih berfokus kepada para pengguna di kawasan Asia.

Artikel lain: Ngutang, Startup Pengingat Hutang-Piutang Perekat Pertemanan

Konsep Yang Diusung Kashmi

Kashmi (Kashmi.com) sebenarnya mengusung konsep yang serupa dengan #PayPal. Sebagai alat pembayaran virtual, akun Kashmi yang kita miliki berfungsi sebagai e-wallet untuk menyimpan uang dan melakukan proses pembayaran jika diperlukan.




Untuk kasus patungan yang sering kita alami, maka teman-teman atau kerabat kita yang sudah memiliki akun Kashmi bisa segera mentransfer nominal uang ke akun Kashmi kita. Akses yang praktis ini akan meminimalkan kejadian “lupa bayar” saat kita patungan dengan teman-teman atau kerabat. Sungguh praktis dan modern kan!

Setelah transaksi berhasil, akan ada deskripsi mengenai transaksi pembayaran yang sudah kita lakukan. Deskripsi tersebut akan masuk ke feed dan menjadi histori transaksi di akun Kashmi kita. Hingga awal tahun 2015, Kashmi memfasilitasi jumlah transaksi maksimal SGD 1.000 atau sekitar 9.6 juta rupiah.

Transaksi yang difasilitasi oleh Kashmi terbilang sangat aman karena tim Kashmi bekerjasama dengan bank UOB untuk store value facility (SVF) dan Payment Gateaway untuk memfasilitasi transaksi kartu kredit. Untuk biaya administrasi, para pengguna Kashmi akan dikenakan biaya sebesar 4% setiap kali melakukan proses top up untuk akun Kashmi yang digunakan.

Hingga bulan Desember 2014, Kashmi masih menjadi pengujian berformat beta yang terus mengalami penyempurnaan fitur. Sementara itu, di tahun 2015 rencananya Kashmi akan mulai diluncurkan di Singapura dengan sistem invitation. Selanjutnya, Kashmi juga akan dikembangkan di beberapa negara Asia lainnya seperti Malaysia, Hongkong, Indonesia, Thailand dan India.

Baca juga: Gesek, Aplikasi Mobile Bagi Para Pengguna Kartu Kredit




Masih Perlu Banyak Perbaikan dan Pengembangan

Meski masih berbentuk pengujian beta, Kashmi sudah menghadapi berbagai tantangan dari para pesaingnya, misalnya Line Pay. Hampir sama seperti Kashmi, Line Pay juga bisa di top up melalui rekening bank, minimarket dan berbagai fasilitas pembayaran lainnya. Kashmi juga berupaya untuk memperluas jaringan merchant untuk memudahkan para pengguna nantinya.

Era perkembangan teknologi yang makin modern akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai transaksi bisnis. Kini tidak ada alasan lagi bagi teman atau kerabat Anda untuk berhutang saat janjian patungan. Karena beberapa saat lagi, kita bisa menggunakan fasilitas aplikasi Kashmi yang praktis, keren dan bermanfaat.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud