Rekomendasi Aplikasi Desain Arsitektural Gratis Untuk Pelajar Atau Mahasiswa

Aplikasi Desain Arsitektural Gratis

Image via Design-milk.com

Aplikasi Desain Arsitektural Gratis – Bagi Anda yang saat ini sedang menempuh pendidikan dibidang Desain Arsitektural, kebutuhan akan sebuah aplikasi perancangan sangat diperlukan mengingat saat ini perancangan desain tidak lagi menggunakan meja gambar alias sudah komputerisasi.

Banyak aplikasi desain arsitektural yang tersedia saat ini, akan tetapi terkadang sebagai pelajar atau mahasiswa yang belum memiliki penghasilan tetap hal ini dirasa sulit mengingat harga yang cukup tinggi untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Lalu apakah ada aplikasi untuk desain arsitektural yang gratis? Jawabannya adalah “Ada”. Di artikel ini saya ingin merekomendasikan aplikasi desain arsitektural yang bisa Anda dapatkan secara gratis baik itu untuk pelajar/mahasiswa maupun educator/pengajar.

Daftar Aplikasi Desain Arsitektural Gratis

Ada beberapa aplikasi desain arsitektural yang bisa kita gunakan dengan gratis. Walaupun aplikasi ini gratisan, namun fitur yang ditawarkan cukup banyak. Berikut ini adalah aplikasi tersebut:

  1. Aplikasi AutoCAD

Aplikasi AutoCAD merupakan bagian dari produk Autodesk,Inc, sebuah perusahaan raksasa software desain grafis asal Amerika Serika. Sebagai pelajar atau mahasiswa desain arsitektural, aplikasi ini merupakan aplikasi wajib No.1 mengingat kemudahan penggunaannya untuk perancangan desain arsitektural baik itu gambar 2D maupun objek 3D.




Selain itu banyaknya ruang diskusi komunitas pengguna aplikasi AutoCAD baik itu di forum-forum maupun di media sosial sangat membantu pengguna dalam mempelajari penggunaan aplikasi AutoCAD dengan cepat.

Pengalaman penulis sendiri menggunakan aplikasi AutoCAD ini dimulai sejak tahun 2011 dan tidak salah mengapa penulis memilih mempelajari aplikasi ini karena banyak perusahaan baik itu konsultan maupun kontraktor yang menginginkan seseorang yang menguasai AutoCAD untuk bekerja di perusahaan mereka

Untuk mendapatkannya sangat mudah silahkan ikuti panduannya untuk  mendapatkan AutoCAD gratis.

Artikel lain: 5 Peluang Usaha dari Hobi Menggambar

  1. Aplikasi Sketchup

Aplikasi Sketchup ini sebelumnya dimiliki oleh Google tetapi kemudian pada tahun 2012 diakuisisi oleh Trimble.inc, dan merupakan sebuah aplikasi desain 3D arsitektural yang sangat popular baik itu dikalangan mahasiswa maupun dikalangan profesional.

Kemudahan dan kepraktisan penggunaannya sudah diakui sehingga banyak orang yang memilih sketchup sebagai aplikasi untuk desain 3D. untuk mendapatkannya secara gratis sangat mudah. Ikuti panduannya disini :




A. Kunjungi situs resmi sketchup kemudian klik pada bagian Download

B. Anda akan dialihkan ke halaman download sketchup. Pada langkah pertama ini anda harus memilih aplikasi tersebut digunakan untuk apa. Untuk mendapatkannya secara gratis pilih Educational Use

C. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi data-data yang diminta oleh Sketchup sebagai syarat download aplikasi tersebut.

Jangan lupa centang kotak “I agree to Sketchup Make’s License Agreement”, kemudian klik Download Sketchup. Selain itu pastikan juga laptop anda sudah sesuai dengan System Requirments yang dibutuhkan agar aplikasi dapat berjalan dengan baik

  1. Aplikasi 3ds Max

Yang terakhir rekomendasi aplikasi desain arsitektural dari saya adalah 3ds Max. Sama seperti AutoCAD, aplikasi ini merupakan bagian dari produk Autodesk. Aplikasi ini merupakan aplikasi pengolahan grafik 3D dan  animasi dan aplikasi ini sering digunakan oleh kalangan professional yang sudah ahli dibidang desain grafis dan arsitektural

Mungkin bagi pelajar atau mahasiswa, untuk belajar cara penggunaannya dirasa cukup sulit karena perintah-perintah didalamnya lebih kompleks dibandingkan AutoCAD maupun Sketchup akan tetapi begitu anda sudah tahu dan menguasainya dan masuk bidang kerja sebagai arsitek, ini akan sangat baik untuk kedepannya dalam penggambaran proyek-proyek yang anda buat.

Untuk mendapatkan 3ds Max secara gratis, caranya sama dengan cara mendapatkan AutoCAD diatas karena sama-sama bagian dari produk Autodesk, hanya saja ketika memilih produk yang akan didownload, pilih bagian 3ds Max.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di Android Tanpa Rooting

Itulah rekomendasi aplikasi desain arsitektural gratis bisa anda gunakan. Jika anda saat ini tengah mempelajari AutoCAD anda bisa mempelajarinya di halaman Tutorial AutoCAD pada web saya. Disitu saya sajikan banyak tutorial yang sudah digolongkan sesuai peruntukannya agar anda dapat mempelajari AutoCAD dengan cepat.

Artikel ini dikirim oleh Arsicad.id, situs yang berisi artikel tentang tips Arsitektur dan tutorial AutoCad



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud