Apa Sih Untungnya Menyisihkan Dana Darurat?

Image dari Idxmom.com

Image dari Idxmom.com

Bagi sebagian orang dengan kekayaan yang berlebih barangkali tidak begitu berpikir jika sewaktu-waktu mendapatkan musibah. Karena mungkin dengan kekayaan yang mereka punyai, masih bisa setidaknya untuk menolong sementara saat musibah datang secara tiba-tiba.

Namun bagi beberapa orang dengan penghasilan yang pas-pasan atau bahkan kurang, mengatur #keuangan dengan membagi dalam beberapa pos adalah sesuatu yang sangat disarankan. Ini sebenarnya berlaku juga pada orang dengan penghasilan yang besar agar keuangan bisa tertata dengan baik sehingga memudahkan pengelolaannya.

Salah satu yang harus diperhatikan dalam mengelola keuangan adalah keberadaan pos dana darurat untuk keperluan yang tak terduga. Baik keperluan secara personal maupun untuk usaha dan bisnis Anda, uang darurat ini sangat penting disediakan sejak dini untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang tidak kita inginkan.

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menyediakan pos keuangan darurat dalam pengelolaan keuangan kita. Perhatikan penjelasannya di bawah ini.

1. Lebih Antisipatif Terhadap Musibah

Musibah tidak bisa kita ketahui kapan datangnya, bahkan seringkali datang tiba-tiba tanpa pemberitahuan sebelumnya. Musibah bisa berupa apa saja, kecelakaan, sakit atau musibah yang terjadi pada bisnis yang Anda kelola, misalnya Anda tertipu atau yang lainnya.

Nah, jika musibah tiba-tiba datang pada Anda, dengan adanya keuangan dana darurat yang sudah teman-teman siapkan, maka paling tidak Anda memiliki persiapan untuk melakukan pertolongan pertama.

Artikel lain: Tips Menjaga Keuangan Tetap Sehat Saat Dollar Menguat

2. Menghindarkan Diri Dari Hutang

Bagi kebanyakan pebisnis mungkin hutang adalah hal biasa, namun jangan juga dijadikan kebiasaan. Ada banyak keadaan yang seringkali menuntut kita untuk berhutang kepada orang lain. Keadaan yang mendesak seperti terkena musibah, sakit, kecelakaan atau bisnis bangkrut bisa jadi salah satu penyebab kita terpaksa untuk berhutang.

Namun jika kita mempunyai dana darurat yang sudah dipersiapkan sejak jauh hari, kemungkinan berhutang itu bisa dihindari. Kita bisa menggunakan dana yang sudah ada dulu untuk mengatasi masalah yang mendesak. Tentu ini lebih ringan dari pada harus berhutang sana-sini.

3. Bisa Mempertahankan Bisnis

Namanya resiko dalam berbisnis pasti akan ada selamanya. Resiko kerugian atau penurunan bisnis pasti suatu saat akan Anda alami. Nah, jika bisnis sedang lesu, atau mengalami penurunan penjualan yang akut, maka uang darurat bisa digunakan untuk sementara waktu. Anda bisa menggunakannya sebagai stimulus bisnis Anda agar tidak sampai gulung tikar. Dana darurat bisa dimanfaatkan dengan benar, agar bisa menolong bisnis yang sedang sakit.




4. Untuk Biaya Hidup Saat Kepepet

Hidup juga tidak selalu longgar, ada kalanya kita mengalami keadaan yang mendesak. Apalagi seperti saat ini yang keadaan ekonomi tidak menentu, harga serba mahal, banyak PHK dari pabrik dan perusahaan. Jika Anda seorang karyawan atau buruh pabrik, tentu kemungkinan PHK juga ada meski itu tidak diharapkan.

Jika benar terjadi, dengan adanya dana darurat, Anda masih bisa bertahan hidup sampai Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang baru. Meskipun harus mengirit, namun itu sudah cukup menolong keadaan yang sangat mendesak.

Baca juga: Belajar Mengatur Keuangan Keluarga Baru Agar Lebih Stabil 

5. Untuk Biaya Kredit yang Mendesak

Untuk mendapatkan suatu barang yang diinginkan, misalnya seperti mobil, motor atau rumah, kadang untuk membelinya secara kontan sangat berat bagi kita. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan barang-barang tersebut adalah dengan mengkreditnya. Kredit ini sering kali terasa sangat memberatkan pada saat-saat tertentu.

Tentunya dalam hal kredit, Anda tidak bisa menundanya lagi ketika sudah saatnya jatuh tempo. Bisa jadi barang yang Anda kredit bisa ditarik jika Anda tidak mampu menutupinya. Nah, ketika keadaan finansial sulit dan biaya kredit sudah saatnya menutup, maka dana darurat bisa Anda andalkan untuk menutupi biaya tersebut sementara.

Nah teman-teman, itulah pentingnya memiliki dana darurat. Karena begitu pentingnya keberadaan pos dana seperti ini, sebaiknya teman-teman persiapkan sedini mungkin dana ini untuk berjaga-jaga. Jangan sampai semuanya hancur karena mendapatkan musibah secara tiba-tiba. Sayang kan, semua yang sudah dibangun sejak lama lalu hancur begitu saja. Apa salahnya sedia payung sebelum hujan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud