Beranda Startup Apa Itu Startup: Pengertian, dan Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Apa Itu Startup: Pengertian, dan Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Pengertian Startup Adalah
Ilustrasi bisnis startup

Pengertian Startup Adalah

Sebenarnya, apa itu Startup? Mungkin masih banyak orang yang belum memahami istilah ini. Kata Startup sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis.

Menurut Wikipedia, arti startup adalah merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Pengertian startup di atas mungkin lebih pada terminologinya, namun menurut saya akan lebih mudah jika istilah Startup diartikan sebagai perusahaan baru yang sedang dikembangkan. Mulai berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak ‘dikawinkan’ dengan segala yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

Kenapa itu bisa terjadi?

Sejarah Singkat Bisnis Startup

Kembali melihat ke belakang, ternyata penggunaan istilah startup pada hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, website, internet, dan lainnya, terjadi dikarenakan istilah Startup sendiri mulai popular secara internasional pada masa buble dot-com.

Lalu apa lagi buble dot-com  itu? Fenomena buble dot-com adalah ketika pada periode tersebut (1998-2000) banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan. Pada masa itu sedang gencar-gencarnya perusahaan membuka website pribadinya.

Semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dan waktu itu pula lah, Startup lahir dan berkembang.

Namun menurut Ronald Widha dari TemanMacet.com, Startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi bisa juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat akar rumput yang bisa mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Setelah berputar-putar mencari informasi tentang Startup lewat bantuan mbah Google, ada informasi mengenai karakteristik dari sebuah perusahaan yang dapat di golongkan sebuah stratup. Beberapa karakteristik perusahaan Startup tersebut diantaranya:

  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  • Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  • Masih dalam tahap berkembang
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  • Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  • Biasanya beroperasi melalui website

Dari karakteristik tersebut mungkin nampak bahwa stratup lebih condong ke perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan web. Namun faktanya memang seperti itu, kini perkembangan perusahaan yang lazim dilabeli nama Stratup adalah perusahaan yang berkenaan dengan bidang teknologi dan online.

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Perkembangan bisnis Startup di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat dan menggembirakan. Setiap tahun bahkan setiap bulan banyak founder (pemilik) Startup baru bermunculan. Menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.

Berdasarkan beberapa riset, pada tahun 2013 saja diperkirakan pengguna internet di Indonesia mencapai 70 juta orang, bisa dibayangkan berapa jumlah user internet Indonesia beberapa tahun kedepan. Selain itu daya beli masyarakat yang meningkat seiring dengan naiknya pendapatan perkapita masyarakat negeri ini ikut mempengaruhi perkembangan industri digital.

Menurut Rama Mamuaya, CEO dailysocial.net, Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga kelompok yaitu;

  1. Startup pencipta game
  2. Startup aplikasi edukasi
  3. Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi.

Menurutnya Startup game dan aplikasi edukasi punya pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah.

Dengan berkembangnya media sosial dan smartphone, pasar untuk mobile game dan social game semakin besar. Sementara itu untuk aplikasi atau website yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, Rama menilai tantangan e-commerce di Indonesia masih cukup besar dikarenakan masih minimnya penggunaan kartu kredit. Namun untuk yang berbau informasi atau berita berbagai tema, perkembangannya justru jauh lebih pesat lagi.

Di Indonesia sekarang ini telah banyak berdiri komunitas founder-founder Startup, diantaranya adalah;

  1. Bandung Digital Valley (bandungdigitalvalley.com)
  2. Jogja Digital Valley (jogjadigitalvalley.com)
  3. Ikitas (www.ikitas.com) Inkubator Bisnis di Semarang
  4. Stasion (stasion.org) wadah bagi Startup lokal kota Malang
  5. Dan masih banyak lagi yang lainnya

Dengan adanya komunitas ini tentunya akan memudahkan para founder untuk saling sharing, membimbing bahkan untuk menjaring investor. Para founder dapat pula mengikuti kompetisi yang diadakan oleh beberapa perusahaan seperti Telkom untuk menjadi investor mereka.

Hal yang paling utama untuk mendirikan Startup adalah tim yang solid, karena dengan adanya tim yang solid bisa memunculkan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif. Dengan ide dan eksekusi yang tepat, tentunya para founder tidak akan kesulitan menarik minat masyarakat maupun mencari investor.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh wartawan Warta Ekonomi kepada Molly Nagler (Startup Mentor di Silicon Valley), Molly mengatakan bahwa hampir semua Startup gagal, namun kegagalan itu tidak harus dipandang sebagai sesuatu yang negatif karena masih banyak sisi positif didalamnya. Maksudnya adalah jika founder Startup gagal saat melakukan eksekusi maka ia berkesempatan untuk belajar sesuatu yang baru dan ilmu baru, seperti konsep trial and error pada umumnya.

Startup-Startup lokal yang kini sudah mencetak sukses di dunia maya diantaranya Kaskus dan Urbanesia. Semoga Startup lokal Indonesia bisa terus bertambah dan berkembang sehingga bisa merambah pengguna internet internasional seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain. Semoga :)

Baca juga: Startup Sukses Dimulai dari Kerjasama 3 Pihak Utama Ini

Sebagai penutup, berikut ini sebuah video wawancara singkat dengan CEO Urbanesia mengenai perkembangan Startupnya di Indonesia.

56 KOMENTAR

  1. membangun startup itu juga harus punya tim yang solit sejalan visi misi nya

  2. menarik gan tulisan nya. betul sekali untuk membangun startup kita harus punya tim yg solit sejalan visi dan misi nya

  3. wih.. jadi terinspirasi buat usaha startup

  4. ternyata startup itu hanya di khususkan utk bisnis yang baru berkembang dan berkaitan dg teknologi ya.. baru tau nih :D

  5. gan please ijin nyontoh buat tugas yak makasih banyak ^^

  6. tq gan info nya, jadi g ambigu lagi apa itu startup. lagi nyari2 info mau mencoba startup sendiri. mohon doanya aja..

  7. Darmudi Susanto

    Trimakasih infonya gan juga temen temen blogger semua saya jadi lebih tahu apa itu Startup salam sukses

  8. tanzilal Akhmad

    karena saya pelajar smp, sangat tertarik dengan bisnis starup , adakah level – level khusus yang harus saya pelajari tentang startup. apakah sulit melakukan bisnis startup.
    karena saya “cukup” menguasai bidang teknologi, adakah yang harus saya tingkatkan untuk melakukan bisnis startup

    mohon dijawab, terima kasih

  9. wah tambahan ilmu yang bermanfaat untuk saya mas.. thanks

  10. tulus kurniawan

    tambahan ilmu banget buat saya gan,, jadi tau dan ngerti tentang apa itu start up. thanks sharing informasinya gan.

  11. Wah keren juga ya kalau bisa bangun startup… tapi kita harus bisa cari partner yang solid dan terpercaya.. Nice inpo mr. Max

  12. artikel menarik, sy juga baru mau buka startup.
    perlukah juga ijin2an status hukumnya

  13. Info yang sudah lama saya cari, disampaikan dengan lengkap dan rinci, bahkan dijelaskan juga secara historis. Terima kasih

  14. Oh begitu toh start-up , terima kasih atas ajarannya tapi tampilan template nya kurang bagus ini bang…

  15. Pembahasan tentang startup memang sangat menyenangkan sekali. Perkembangan startup dibidang teknologi memang benar-benar pesat

  16. Ow, trnyata startup itu artinya luas. Tak pikir satu perusahaan ada yg namanya startup. Hahaha

  17. Apakah ada kemungkinan untuk membangun startup seorang diri tanpa tim? Sy berada di pulau kecil di lombok dan sy merasa sdm masyarakat msh kurang..

    • Mungkin saja, banyak startup Founder yang memulai bisnis mereka sendirian… setelah agak besar baru merekrut tim. Tim tidak harus selalu satu daerah, saya membangun startup bersama beberapa teman yang tinggalnya berjauhan, kita komunikasi via email dan chat mas/ mba :)

      • Fikri JuLiandani

        selain hub.id kira kira ada lagi gak mas

  18. aneka tenda murah

    apalagi sekarang teknologi perkembangannya sangat cepat kurang lebih 200% pertahun dan kebutuhan bisnis ditunjang dengan banyaknya web enggine yang open source seperti wordpress, blogspot, opencart dan masih banyak lagi.

  19. Harga Ayam Karkas

    Star up makin berkembang maju aja

  20. trend rumah minimalis

    wah baru tau saya hubungan startup dengan website,
    thanks info nya

    • Temen-temen kalau ada yang lagi ngerintis startup-nya sendiri, bisa tuh coba gabung di hub.id. Hub.id itu bisa diartikan sebag media yang memperantarai antara kalian para pemilik startup dengan para investor yang mungkin bisa membantu mendanai startup kalian agar bisa lebih berkembang lagi. Coba aja main-main ke sana. Siapa tau beruntung dapet investor. #justsharing

  21. Sedot Wc Bekasi

    dengan perkembangan teknologi jaman sekarang, memang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya ya gan ?
    contohnya dalam memulai bisnis online, sudah banyak yang sukses melalui bisnis online,
    mantap gan, thanks

  22. memang perkembangan teknologi jaman sekarang sangat pesat sekali yah gan ?
    namun sayang banyak yang salah dalam memanfaatkannya :(
    thanks yah gan infonya
    sukses terus

  23. informasi yang bagus..wawasan saya bertambah karena sebelumnya memang belum tahu apa itu start up

Tinggalkan Balasan