Apa Itu Paypal? Bagaimana Cara daftar / Membuat Akun Paypal?

apa-itu-paypal

Di dalam bisnis online ada beberapa macam cara atau sistem pembayaran, mulai dari transfer melalui rekening bank lokal hingga penggunaan uang virtual. Tidak seperti transaksi dengan transfer rekening bank lokal, mekanisme pembayaran secara virtual atau online memiliki sistem yang sangat kompleks dengan berbagai mekanisme dan derivatif-nya. Selain itu, proses transaksi virtual ini juga melibatkan pihak ketiga yaitu Secure Payment Gateway dan Credit Card Authorization Service, diantaranya adalah Paypal, Ipayment, Nochex, dan lain-lain.

Diantara sekian banyak alat pembayaran virtual yang ada, saya baru menggunakan paypal. Jadi, di artikel ini saya akan sedikit membahasa tentang Paypal, dan cara mendaftar dan membuat akun Paypal.




I. Apa itu Paypal?

Kutipan dari Wikipedia:

PayPal Inc. adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Paypal itu adalah salah satu dari sekian banyak alat pembayaran (Payment Processor) virtual. Sampai saat ini, Paypal adalah alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh internet marketer karena memang alat pembayaran ini adalah yang paling aman.

Paypal bisa diibaratkan sebagai rekening virtual, berbeda dengan rekening bank lokal yang diakses via online. Kalau rekening bank lokal biasanya bisa digunakan untuk transaksi di dalam satu negara, berbeda dengan paypal yang bisa digunakan untuk transaksi oleh seluruh pengguna internet dari negara mana saja, tentunya mereka yang sudah punya akun Paypal. Hanya dengan mengetahui email Paypal seseorang, kita bisa mengirimkan uang virtual ke akun Paypal orang tersebut dengan cepat dan aman.

Para pengguna internet yang ingin melakukan transaksi online baik mengirim atau menerima uang, misalnya untuk membeli barang, membeli lisensi software original, membeli ebook, mengirim donasi, dan lain-lain, biasanya menggunakan Paypal sebagai media transaksi karena lebih cepat dan aman. eBay.com (situs lelang online) dan banyak situs eCommerce menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran mereka, ini tentunya mengharuskan para member mereka untuk memiliki akun Paypal agar bisa melakukan transaksi.

Artikel terkait: 3 Jenis transaksi online terpopuler di Indonesia

Apa keuntungan bagi pembeli?

Pihak pembeli yang menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran bisa mengirimkan komplain kepada pihak Paypal dalam waktu 45 hari jika barang yang dibeli belum sampai pada waktu yang ditentukan pihak penjual atau barang yang dikirim ternyata tidak sesuai dengan deskripsi barang yang diberikan oleh si penjual. Jika si pembeli yang tidak puas bisa membuktikan bahwa si penjual melakukan penipuan (fraud) maka si pembeli akan mendapatkan pengembalian uang (charge back) dari perusahaan kartu kreditnya.

Apa keuntungan bagi penjual?

Paypal tentunya tidak hanya melindungi satu pihak saja, tapi semua pihak. Paypal juga melindungi penjual dari permintaan pengembalian uang atau komplain bohong dari si pembeli yang berniat buruk. Kebijakan perlindungan tertulis untuk penjual dirancang untuk melindungi penjual dari klaim atau komplain palsu dari pembeli yang mengaku telah mengirimkan uang yang ternyata tidak ada catatan bukti pembayaran dan catatan transaksi.

Setiap transaksi yang dilakukan dengan mengunakan Paypal selalu ada catatan bukti pembayaran di masing-masing akun Paypal, baik penjual maupun pembeli. Catatan ini bisa digunakan sebagai bukti bahwa telah terjadi pengiriman uang antara pembeli dan penjual.

II. Cara Daftar / Membuat Akun Paypal

Untuk memiliki akun Paypal, Anda harus memenuhi persyaratan, antara lain; memiliki akun email yang aktif dan harus berusia minimal 18 tahun atau lebih. Jika saat ini Anda belum memiliki email, maka sebaiknya Anda membuatnya terlebih dahulu. Silahkan baca artikel saya sebelumnya, yaitu tentang cara membuat akun email.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka halaman website www.Paypal.com. Perhatikan pada bagian atas, tentukan apakah Anda ingin membuat akun Paypal untuk Pribadi atau untuk Bisnis. Dalam contoh ini, saya akan membuat akun Paypal untuk Pribadi. Lalu klik tombol ” Daftar” pada bagian atas kanan, nanti akan diarahkan ke halaman baru. Lihat gambar di bawah:

2. Pilih jenis akun yang Anda inginkan, dalam artikel ini Saya akan memilih akun “Primer” karna Saya ingin akun Paypal yang bisa digunakan untuk berbelanja dan menerima uang secara online. Lihat gambar di bawah:

3. Masukkan data pribadi Anda pada kolom yang disediakan, lalu klik tombol “Setuju dan Buat Rekening”. Lihat gambar di bawah:

5. Nanti akan muncul halaman verifikasi dimana Anda harus memasukkan kode ke dalam kolom yang di sediakan, lalu klik tombol “Lanjutkan”. Lihat gambar di bawah:




6. Langkah selanjutnya adalah klik tombol “Masuk ke Rekening Saya”. Nanti akan muncul halaman akun Paypal Anda. Lihat gambar di bawah:

7. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi melalui email. Cek inbox email Anda dan cari email dari Paypal. Klik link untuk konfirmasi yang ada di dalam email tersebut. Lihat gambar di bawah:

8. Setelah melakukan klik pada link konfirmasi di email, nanti akan muncul halaman baru dimana Anda harus memasukkan password Paypal Anda. Password ini adalah password yang Anda buat saat mendaftar pada langkah 3.

9. Setelah langkah 8, Anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat pertanyaan keamanan. Pertanyaan ini akan ditanyakan pada Anda ketika Anda lupa password, jadi pastikan Anda memilih pertanyaan dan jawaban yang mudah diingat. Setelah memilih pertanyaan dan mengisi jawaban pada kolom yang di sediakan, silahkah klik tombol “Kirimkan. Lihat gambar di bawah:

10. Sampai di sini sebenarnya Anda sudah berhasil memiliki akun Paypal. Selanjutnya Anda bisa masuk ke halaman rekening Paypal Anda atau memasukkan data kartu kredit Anda. Lihat gambar di bawah:

Perlu Anda perhatikan bahwa Akun yang sudah aktif perlu di verifikasi oleh pihak Paypal Agar akun tersebut bisa digunakan untuk melakukan pembelian dan menerima pembayaran. Agar akun Paypal tersebut mendapat status “Verified”, Anda harus memasukkan data kartu kredit atau VCC (virtual credit card) Anda ke dalam akun Paypal Anda tersebut.

Bagi teman-teman yang tidak memiliki kartu kredit untuk verifikasi Paypal, bisa menggunakan VCC. Salah satu jasa yang menjual layanan ini bisa kita temukan di Kaskus, silahkan baca threadnya DI SINI. Bila Anda ingin mengisi BALANCE akun Paypal agar bisa digunakan untuk transaksi pembelian online maka Anda bisa membeli balance tersebut di tempat Jual Saldo Paypal.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Paypal dan cara membuat akun Paypal. Mudah-mudahan artikel ini bisa sedikit membantu.



319 total comments on this postSubmit yours
  1. misi mas nanya?, paypal yang sekarang, pas proses pembuatan akun dan saat isi nomor hp itu kolom nya ga cukup untuk 12 digit bisanya cuma 10 angka, bagi pencerahan nya mas?

  2. Saya tinggal di mesir, dan saya sudah buat paypal tp pake data2 mesir semua.
    Sudah verivikasi email juga, tp blm verivikasi akun. Apakah saya bs beli vcc dr indo ?

    • VCC itu bisa dibeli dari mana saja, termasuk dari Indonesia. Tapi menggunakan vcc punya resiko tersendiri, berbeda dengan pengguna kartu kredit

  3. bermanfaat banget , izin copas gan

  4. Kalo umur nya 15 tahun bisa gak sih bikin akun paypal ?

    • Belum bisa, minimal sudah 17 tahun :)

  5. mas mau tanya , apakah daftar akun paypal untuk bisnis sama dengan daftar akun pribadi ?
    Terimakasih :)

  6. tq Pak infonya, jadi langsung bisa transaksi dgn paypal dalam hitungan menit.
    Saya juga penggemar artikel2 yang bapak tulis.
    Pengen belajar spt bapak supaya bisa dapet duit dari internet.

  7. bagaimana cara withdrawal dari paypal menjadi fisik money

  8. Gan, saya waktu mendaftar tidak menemukan pilihan “primer” yang ada hanya pilhan “Beli dengan Paypal” dan “TerimaBayaran dengan Paypal”

    saya sudah daftar di Beli dengan paypal, tapi saya perlu terima kiriman dana lewat akun paypal. Apakah akun yang beli dengan paypal juga bisa dipakai untuk terima kiriman dana?

    Mohon pencerahannya.

    tks
    Yaumil

  9. mohon infonya bp/ibu berapa biaya yang dikenakan paypal per transaksi…terimakasih

  10. Gan, saya mau tanya.
    Saya baru saja membuat akun paypal. Baru selesai 5menit.
    Langsung ada transaksi dikartu kredit saya sebesar $1.00.
    Apakah itu biaya pembuatan akun?
    Terima kasih

  11. Hallo gan mau tanya
    jika belum punya krtu kredit apakah bisa mengisi verifikasi nya ntar kapan” setelah punya kartu kredit?
    Terima kasih-

  12. pake kartu debit bisa?

  13. apakah bisa diganti kode kartu kredit lain jika sudah daftar dengan kode kartu kredit pertama pada paypal

  14. Help info mas.. Paypal sdh infokan status PayPal saya sdh aktif, sementara 4 digit no verifikasinya blm pernah saya lihat di mutasi rekening saya (melalui debit BCA)
    Apakah metode nya sudah berubah

    Terimakasih

  15. Mas, sy mau tanya yah.
    Saya dapat verifikasi dari PayPal bahwa akun saya sudah jadi & siap transaksi. Padahal saya blm dapat 4 kode dari mutasi rekening saya ( daftar dgn ATM BCA ) seperti tutorial yang mas tulis.
    Mohon pencerahannya ya mas Max.
    Terimakasih

    • Mas mau buat acun paypal masih bingung ne

  16. Numpang tanya Bos. Kalo mau komplain krn barang yg diterima tidak sesuai dgn order (45 hari) klik menu Paypal yang mana ya ?. Kalo boleh minta nopenya biar bisa konsult via Wa (langsung). Thanx so much

  17. Permisi mas mau tanya kalau daftar pakai kartu debit bisa tidak mas? Terima kasih

  18. Klo blm punya kartu kredit bisa tdk hanya menggunakan kartu debit

  19. ternyata tutorialnya ada disini, step by stepnya jelas.
    Ask*
    Apakh paypal hanya untuk belanja Lae,
    apakah bisa untuk tarik tunai, dengan kata lain JIKA saldo kita di payppal mau kita tarik tanpa belanja apakh bisa?
    mauliate lae :)

    • bisa gan, untuk menarik tunai dari paypal ke rekening bank Anda (rupiah)

  20. Mau nanya nih mas..! barusana saya daftar buka Account Paypal,
    Nah berhubung karena saya masih ragu untuk keamana kartu kredit nya, maka saya blom isi nomor kartu kredit saya.

    Apakah kalau saya tidak isi nomor kartu kredit saya, maka akun paypal saya tdk bisa di gunakan untuk menerima pembayaran ?

    kebetulan saya buat account paypal hanya untuk tujuan menerima uang, bukan untuk belanja.

    thanks ya mas

    • Kalau belum terhubung dengan kartu kredit biasanya akun Paypalnya belum verified statusnya. Bisa saja menerima pembayaran tapi biasanya akunnya limited dan tidak terverifikasi.

  21. gan sy mau nanya…
    paypal yg indo sy search di google kok tetap inggris ya?
    sy juga coba yg ingris tapi pilihannya cuma ada dua: buy with paypal dan recaive payment with paypal.
    setelah itu saya coba sign in, tapi kenapa saat sy masukkan kode post, selalu saja diminta untuk mengeceknya lagi? padahal sudah bener…

    mohon dibantu gan…. terima kasih

    • satu lagi gan… temen sy juga nanya…

      ini muncul setelah memasukkan informasi rekening

      This card is not accepted. Please use a different card.

      terima kasih lagi gan…

      • Berarti kartu kredit nya tidak bisa digunakan, bisa jadi kartu kreditnya sudah kadaluarsa atau sudah pernah digunakan untuk akun Paypal lain. Btw itu yang digunakan kartu kredit atau kartu debit?

  22. Membantu sekali. Tapi disini dijelaskan kalau tdk punya kartu kredit bisa pakai vcc. Nah vcc itu apa terus vcc yg di kaskus dilink itu apakah sudah aman? Mohon balasannya pak via email saya yaaa😊
    Tarimakasih

    • Saya balas di sini aja. VCC itu adalah Virtual Credit Card atau kartu kredit virtual. Saya pasang linknya karena sudah banyak review positif kepada penyedia jasanya. Coba mas Hendy telusuri lagi deh kalau kurang meyakinkan.

  23. Terimakasih atas tutorialnya mas maxmanroe.. saya mau buat akun paypal tapi masih agak bingung.. kalau saya sudah punya atm bca bisa iya mas.

  24. Sangat membantu Gan, kebetulan saat ini saya ingin membuat paypal itu..

4 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud