Beranda Bisnis Apa Itu Internet Marketing: Pengertian, Manfaat dan Kelebihan Pemasaran Online

Apa Itu Internet Marketing: Pengertian, Manfaat dan Kelebihan Pemasaran Online

Pengertian Internet Marketing

Pengertian Internet Marketing

Sebenarnya, apa itu internet marketing (pemasaran online)? Secara umum, pengertian internet marketing adalah bentuk pemasaran yang dilakukan melalui atau menggunakan media internet atau secara online.

Mungkin selama ini pemahaman kita tentang internet marketing itu adalah hanya jualan lewat internet. Sebenarnya itu tidak salah juga karena kalau dilihat dari definisinya, internet marketing itu adalah pemasaran secara online melalui internet. Namun, kalau kita sudah bicara pemasaran, berarti itu bukan hanya penjualan tapi juga termasuk promosi, beriklan, branding, dan pelayanan pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online.

Lalu, apa gunanya kita melakukan internet marketing? Tentunya setiap pebisnis ingin meningkatkan hasil penjualan mereka atau ingin membuat brand mereka lebih terkenal. Nah, internet adalah salah satu media yang sangat baik untuk memberikan informasi kepada pengguna internet tentang bisnis mereka, dan juga sebagai media untuk menjual produk yang mereka miliki.

Agar memudahkan kita memahami apa itu internet marketing, saya akan coba menjelaskan dengan cara lebih sederhana dan memberikan beberapa contoh bentuk internet marketing yang biasa dilakukan oleh para internet marketer (pemasar online).

Bentuk internet marketing itu bisa kita bagi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai Sumber Penghasilan, dan Cara Promosi. Pada dasarnya yang dilakukan dalam pemasaran online sebenarnya hanya dua itu, namun type bisnisnya sangat banyak. Berikut ini adalah penjelasan lebih sederhana tentang internet marketing:

Baca juga: Pengertian Pemasaran

A. Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)

Saat ini, internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat urban. Coba perhatikan sekitar Anda, hampir semua orang sudah punya smartphone, bahkan tukang siomay pun sudah punya Aplikasi WhatsApp di smartphone miliknya agar bisa langsung promosi siomay dagangannya ke pelanggan.

Pemasaran online sebagai sumber penghasilan bisa dilakukan dengan beberapa type bisnis, diantaranya adalah PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), menjual produk sendiri (barang dan jasa), dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya:

1. PPC (Pay Per Click)

Program PPC (Pay Per Click) banyak diikuti oleh pemiliki website/ blog untuk mendapatkan penghasilan dari properti online mereka, misalnya Artikel Blog, channel YouTube, Forum Online, Portal Berita, dan lain-lain. Penghasilan yang didapatkan dari program PPC ini adalah berasal dari kunjungan dan juga klik yang dilakukan oleh pengunjung pada sebuah iklan yang ada di sebuah situs.

Publisher atau pemilik situs tersebut akan dibayar per klik yang dilakukan oleh pengunjung situsnya, dimana harga per kliknya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser/ pengiklan. Besar penghasilan tergantung pada banyaknya klik iklan dan juga harga klik yang di bid oleh Advertiser.

Beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC diantaranya:

2. PPS (Pay Per Sale)

Dari namanya saja kita mungkin bisa mengerti tentang program ini. Kita akan dibayar setiap kali terjadi pembelian produk yang berasal dari link affiliasi milik kita. Besarnya penghasilan sangat tergantung pada banyaknya barang yang dijual, dan juga rate persentase komisi dari pemilik barang tersebut.

Perusahaan yang menawarkan program PPS diantaranya:

3. PPL (Pay Per Lead)

Ini adalah program affiliasi dimana penjual/ vendor akan memberikan komisi setiap kali kita berhasil mengirimkan leads pada penjual/ vendor. Misalnya kita mengarahkan pengguna internet untuk mendaftar pada email newsletter, free trial, atau mengisi formulir, melalui link affiliasi milik kita. Salah satu perusahaan yang menawarkan program PPL adalah MaxBounty.com.

4. Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain

Sekarang ini, menjual sesuatu lewat internet bukanlah sesuatu yang luar biasa. Kita bisa menjual apapun lewat internet baik itu barang maupun jasa. Selain itu, bisnis offline kita bisa juga dipasarkan melalui internet lho. Misalnya kita punya usaha jualan bawang goreng, jual saja lewat internet, pasti ada yang beli :)

Selain menjual produk sendiri, kita juga bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menjual produk orang lain, baik itu produk fisik ataupun produk digital. Salah satu proses internet marketing dengan cara menjual produk orang lain adalah dengan cara menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain. Begitu juga dengan pada produk digital, kita bisa menjadi affiliate marketer untuk sebuah produk yang dijual orang lain.

5. Pelelangan (Online Auction)

Di internet juga ada tempat untuk menjual sesuatu milik kita atau milik orang lain yang kita bantu jualkan, dengan cara lelang. Tentunya ini bisa menguntungkan karena kita bisa menjual barang kita tersebut pada orang yang menawar dengan harga tertinggi.

Perusahaan terkenal yang menyediakan fasilitas pelelangan online:

B. Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, promosi online adalah salah satu bentuk dari pemasaran online. Tidak perduli produk atau bisnis apa yang mau dipromosikan, internet adalah salah satu media yang sangat efektif untuk membangun brand dan membuat website bisnis kita dikenal banyak orang.

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, diantaranya adalah melalui SEO (Search Engine Optimization), melalui iklan PPC (PPC Ads), Email Marketing, Mobile Advertising, dan Social Media Marketing.

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah bentuk promosi online yang sangat saya sukai karena gratis. Namun, SEO membutuhkan keahlian khusus, membutuhkan proses dengan waktu yang tidak sebentar. Bahkan seringkali SEO justru membutuhkan biaya untuk melakukan optimasi.

Itulah sebabnya ada banyak pemilik website yang rela mengeluarkan uang untuk menyewa jasa SEO untuk membuat situs bisnis mereka masuk dalam halaman utama hasil pencarian search engine.

Baca juga: Apa Itu SEO?

3. SEM (Search Engine Marketing)

Berbeda dengan SEO, search engine marketing ini adalah iklan PPC (pay per click) yang tayang di halaman hasil pencarian situs mesin pencari. Di Indonesia, Google adalah search engine yang paling sering digunakan di internet.

Untuk kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet, kita akan melihat iklan di bagian atas, samping kanan, dan bawah hasil pencarian sebuah kata kunci. Banyak pakar internet marketing mengatakan bahwa Google Ads adalah metode pemasaran yang sangat tinggi konversinya karena halaman website kita berpeluang besar mendapatkan calon konsumen dari mesin pencari.

Dalam hal ini kita sebagai pengiklan harus mengeluarkan uang agar iklan kita tampil di mesin pencari. Tentu saja kita bisa mengatur harga iklan yang sesuai dengan budget yang ada.

4. Email Marketing

Sesuai dengan namanya, email marketing adalah proses pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan email sebagai alat bantu. Email marketing ini juga bermacam-macam jenisnya, ada direct email, retention email, dan beriklan di email orang lain. Marketing melalui email biasanya sangat efektif karena promosi atau sales letter bisa langsung dikirimkan kepada pemilik akun email tersebut.

Catatan penting yang harus diingat adalah kita tidak boleh melakukan SPAM karena akan mengganggu orang lain, dan tentunya akan merugikan kita sendiri karena si pemilik email bisa melakukan unscribe atau memasukkan email kita ke dalam daftar SPAMMER.

Baca juga: Apa Itu Email Marketing

5. Mobile Advertising

Mobile advertising adalah, layanan pengiklanan melalui aplikasi mobile. Seperti kita ketahui, pengguna smartphone saat ini sudah sangat jamak, dan biasanya ponsel mereka dibawa kemanapun pergi. Inilah yang membuat mobile advertising sangat efektif untuk media promosi bisnis. Beberapa model mobile ads adalah melalui SMS, Banner Ads, Games, dan lain-lain.

6. Social Media Marketing

Sama halnya dengan SEO, promosi online dengan menggunakan social media dapat dilakukan dengan gratis. Tapi ini tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang karena melibatkan banyak faktor, baik dari pengguna sosmed maupun dari sosmed nya sendiri.

Seperti yang kita ketahui, pengguna situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, dan YouTube, jumlahnya sudah sangat banyak. Dan ini adalah media promosi yang sangat efektif untuk memasarkan produk apa saja melalui internet.

Media sosial juga memiliki fitur periklanan yang sangat banyak digunakan oleh internet marketer untuk mendulang trafik dan penjualan. Beberapa diantaranya yang populer saat ini adalah:

  • Facebook Ads
  • Twitter Ads
  • Instagram Ads
  • YouTube Ads
  • Dan lain sebagainya

Kelebihan Internet Marketing

Pemasaran online memiliki beberapa manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Mengacu pada pengertian internet marketing di atas, berikut ini adalah beberapa kelebihan pemasaran online:

  • Pemasaran online dapat dilakukan selama 24 jam non-stop.
  • Jangkauan pasar sangat luas karena kita dapat menjangkau berbagai kota, provinsi, bahkan negara lain (global) ketika memasarkan suatu produk melalui internet.
  • Biaya pemasaran online cenderung lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran konvensional.
  • Dengan internet marketing maka risiko kerugian cenderung lebih kecil dibandingkan pemasaran konvensional.
  • Kita dapat melacak dan mengukur data respon konsumen dalam kegiatan pemasaran.
  • Dapat memasarkan produk kepada banyak orang sekaligus secara personal tanpa menyita waktu.
  • Dan masih banyak kelebihan lainnya.

Baca juga: Apa Itu Startup

Demikianlah sedikit penjelasan singkat mengenai apa itu internet marketing, dan media-media yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran online. Memang ada banyak cara untuk melakukan internet marketing, namun kita tidak perlu melakukan semuanya karena tidak semua metode pemasaran bisa berhasil kita kerjakan. Pilihlah beberapa yang paling efektif dan cocok untuk make money online atau memasarkan produk/ jasa yang ingin dipromosikan.

76 KOMENTAR

  1. Terimakasih gan infonya !

    Ane sih lebih suka menggunakan SEO dan Email marketing, karena gratis dan tertarget

  2. cara menurunkan berat badan

    wah banyak juga ya sumber pendapatan dari internet. tapi rasanya sulit banget ya harus menguasi semuanya…

  3. website maxmanroe ini selalu berada di posisi paling atas, saya suka dengan website ini infonya sangat bagus. Teknis SEO nya juga keren. Saya yakin Adminnya orang – orang yang sangat berpengalaman dan memiliki konsistensi yang tinggi.

    Selain murah bahkan gratis, teknik SEO ini memang sangat efektif untuk seorang internet marketing.

    Mohon di cek suhu blog saya apakah sudah bagus?
    peluangusahakemitraan.blogspot.com

  4. Salam Mas Bro

    Sebenernya kalo internet marketing itu, termasuk ga sih didalamnya digital marketing, sosial media marketing, dan email marketing?

    Mauliate
    Makasih

      • Salam Mas Bro

        Loh, gitu ya.
        Sebenernya pengertian internet marketing luas dong.
        Nah kalo SEO masuk juga dalam internet marketing berarti?

        Mauliate
        Makasih

        • Loh di atas kan sudah dijelaskan, SEO itu salah satu strategi internet marketing :)

  5. terima kasih atas infonya sangat membantu saya yang baru mulai belajar bisnis secara online

  6. Lengkap penjelasannya mas. di Indonesia lebih populer PPC. Manurut mas Marikxon sendiri untuk metode Pay per Lead ? apakah potensinya besar

    • Sebenarnya untuk saat ini metode Pay Per Lead sudah cukup populer di Indonesia, tapi PPC memang promadona :)

  7. Om, kalau di blog kita nulis tentang product dari sebuah brand (Product Review) secara gratis gimana? Kira- kira bisa dilirik sama brand nya ga ya yang terus mau jadi sponsor blog kita? Itu termasuk internet marketing juga bukan? Mohon inspirasinya ya… Terima Kasih

    • Saya melihat dari sisi pemilik Brand, kalau ada blogger yang menulis produk saya di blog mereka dengan gratis kenapa saya harus bayar? Kalau blog mu belum terkenal biasanya perusahaan tidak tertarik untuk menjadi sponsor, tapi ini akan berbeda bila blog mu sudah terkenal, tentu si pemilik produk tersebut akan mau menjadi sponsor.

      Blogging adalah salah satu strategi internet marketing, prosesnya tidak cepat seperti iklan di Google Adwords atau Facebook Ads tapi pemasaran via blog terbukti sangat efektif bagi perusahaan-perusahaan ecommerce. Lihat aja Tokopedia, Lazada, Bukalapak, mereka semua punya blog dan memanfaatkan blogger untuk proses pemasaran produk mereka.

  8. Masih belajar gimana cara naikin trafik toko online. mohon bimbingannya

  9. radityo pramono

    Artikel yang bagus sekali, membantu pemula seperti saya untuk memahami seluk beluk online marketing. Sukses terus buat maxmanroe.com!

  10. Bali Web Projects

    Menurut saya hal tersulit dalam bisnis itu adalah hal marketing, banyak orang memiliki produk atau konten yang bagus, namun gagal dalam hal marketing, semoga blog maxmanroe ini bisa menjadi refrensi saya kedepannya :)

  11. keren mas … saya jadi mau ber guru sama mas max

    terima kasih inspirasi nya

  12. Coba Tebak, Aku Siapa

    saya juga pernah membahas seputar internet marketing. pada intinya tidak ada yang namanya “BISNIS ONLINE” yang ada hanya BISNIS SECARA ONLINE. hanya saja untk menyingkat penyebutan sehingga menggunakan “bisnis online”.Memang, lahir era online memunculkan peluang bisnis yang berbeda dari sebelumnya dan banyak bermunculan bisnis yang tidak bisa secara offline. cuma tetap, prinsip bisnis memanag sama sedangkan INTERNET hanya sekedar pelampiasan marketing atau penjualan

  13. Nur Asriyanti B.

    Bagaimana dgn promosi sekolah? apakah juga bisa dilakukan dengan teknik seperti yang sdh dipaparkan? terimakasih

  14. sewa elf surabaya

    saya ingin tanya, untuk berpromosi menggunakan email marketing, batasan seperti apa dan bagaimana yang termasuk SPAM itu ??

    • Sebenarnya itu tergantung bentuk email marketingnya seperti apa? Apakah emailnya berisi informasi bermanfaat atau berisi promosi bisnis/ produk. Yang pasti jangan terlalu sering mengirimkan email ke list Anda, 1 minggu 1 email menurut saya masih ideal. Tapi pastikan di emailnya terdapat link unscribe, jadi si penerima email bisa berhenti berlangganan email jika dia sudah tidak ingin menerima email dari kita, etika nya seperti itu.

  15. Choirul Anas Hidayat

    makasih mas atas infonya, aku lagi menggeluti bidang ini soalnya, ya walapun hanya lingkup dareah aja untuk marketingnya yang penting lewat internet kan. namanya juga internet marketing haha

  16. Makasih sharingnya om, izin share

  17. Ronaldi Tumanggor

    Lae? Apakah ppc adsense bisa digabung dengan yang lain?

    • Digabung dengan PPC lain? JANGAN! Tapi kalau digabung dengan iklan mandiri atau affiliate lokal, misalnya Ratakan dan Lazada, SILAHKAN.

  18. gan apakah website general bisa sukses ?

  19. makasih pencerahannya bwt yg bikin artikel.hehe
    tapi saya masih binggung gimana awal dasar untuk memulainnya.

  20. maksih bnyak om tentang informasinya..

  21. Dionisius Legionis Nanda Angelus

    maxmanroe : BLOG TERBAIK 2015

  22. Dulu sempat enggan menjalankan internet marketing karena belum begitu paham. Namun setelah belajar sana sini ternyata memang potensi dari model usaha ini begitu menggiurkan. Walau demikian tetap saja belajar tuk lebih mengerti soal strategi pemasaran online tetap gencar dilakukan. Semoga internet marketing Indonesia semakin baik kedepan. Thanks buat Maxmanreo atas pencerahannya

  23. Tatas Patrio Sembodo

    Dulu awal2 jualan online maennya SEO, tp SEO standard newbie. Jadi banyak2in nulis/posting aja, terus pasang tag kata kunci yang mau dikejar. Gak langsung keliatan hasilnya, butuh proses. Kurang lebih 3 tahun baru keliatan hasilnya (lama yah…he he…maklum newbie). Intinya konsisten aja…

  24. Tatas Patrol Sembodo

    Dulu awal2 jualan online maennya SEO, to SEO standard newbie. Jadi banyak2in nulis/posting aja, terus pasang tag kata kunci yang mau dikejar. Gak langsung keliatan hasilnya, butuh prizes. Kurang lebih 3 tahun baru keliatan hasilnya (lama yah…he he…maklum newbie). Intinya konsisten aja…

Tinggalkan Balasan