Beranda Bisnis Apa Itu Internet Marketing: Pengertian, Manfaat dan Kelebihan Pemasaran Online

Apa Itu Internet Marketing: Pengertian, Manfaat dan Kelebihan Pemasaran Online

Pengertian Internet Marketing

Pengertian Internet Marketing

Sebenarnya, apa itu internet marketing (pemasaran online)? Secara umum, pengertian internet marketing adalah bentuk pemasaran yang dilakukan melalui atau menggunakan media internet atau secara online.

Mungkin selama ini pemahaman kita tentang internet marketing itu adalah hanya jualan lewat internet. Sebenarnya itu tidak salah juga karena kalau dilihat dari definisinya, internet marketing itu adalah pemasaran secara online melalui internet. Namun, kalau kita sudah bicara pemasaran, berarti itu bukan hanya penjualan tapi juga termasuk promosi, beriklan, branding, dan pelayanan pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online.

Lalu, apa gunanya kita melakukan internet marketing? Tentunya setiap pebisnis ingin meningkatkan hasil penjualan mereka atau ingin membuat brand mereka lebih terkenal. Nah, internet adalah salah satu media yang sangat baik untuk memberikan informasi kepada pengguna internet tentang bisnis mereka, dan juga sebagai media untuk menjual produk yang mereka miliki.

Agar memudahkan kita memahami apa itu internet marketing, saya akan coba menjelaskan dengan cara lebih sederhana dan memberikan beberapa contoh bentuk internet marketing yang biasa dilakukan oleh para internet marketer (pemasar online).

Bentuk internet marketing itu bisa kita bagi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai Sumber Penghasilan, dan Cara Promosi. Pada dasarnya yang dilakukan dalam pemasaran online sebenarnya hanya dua itu, namun type bisnisnya sangat banyak. Berikut ini adalah penjelasan lebih sederhana tentang internet marketing:

Baca juga: Pengertian Pemasaran

A. Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)

Saat ini, internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat urban. Coba perhatikan sekitar Anda, hampir semua orang sudah punya smartphone, bahkan tukang siomay pun sudah punya Aplikasi WhatsApp di smartphone miliknya agar bisa langsung promosi siomay dagangannya ke pelanggan.

Pemasaran online sebagai sumber penghasilan bisa dilakukan dengan beberapa type bisnis, diantaranya adalah PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), menjual produk sendiri (barang dan jasa), dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya:

1. PPC (Pay Per Click)

Program PPC (Pay Per Click) banyak diikuti oleh pemiliki website/ blog untuk mendapatkan penghasilan dari properti online mereka, misalnya Artikel Blog, channel YouTube, Forum Online, Portal Berita, dan lain-lain. Penghasilan yang didapatkan dari program PPC ini adalah berasal dari kunjungan dan juga klik yang dilakukan oleh pengunjung pada sebuah iklan yang ada di sebuah situs.

Publisher atau pemilik situs tersebut akan dibayar per klik yang dilakukan oleh pengunjung situsnya, dimana harga per kliknya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser/ pengiklan. Besar penghasilan tergantung pada banyaknya klik iklan dan juga harga klik yang di bid oleh Advertiser.

Program PPC ini merupakan salah satu model bisnis online yang sangat menjanjikan. Beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC diantaranya:

  • Google Adsense
  • Bidvertiser
  • Chitika
  • Infolinks
  • Kumpul Blogger
  • Sitti
  • ID Blog Network
  • AdsenseCamp
  • KlikSaya
  • Dan lain-lain

2. PPS (Pay Per Sale)

Dari namanya saja kita mungkin bisa mengerti tentang program ini. Kita akan dibayar setiap kali terjadi pembelian produk yang berasal dari link affiliasi milik kita. Besarnya penghasilan sangat tergantung pada banyaknya barang yang dijual, dan juga rate persentase komisi dari pemilik barang tersebut.

Perusahaan yang menawarkan program PPS diantaranya:

3. PPL (Pay Per Lead)

Ini adalah program affiliasi dimana penjual/ vendor akan memberikan komisi setiap kali kita berhasil mengirimkan leads pada penjual/ vendor. Misalnya kita mengarahkan pengguna internet untuk mendaftar pada email newsletter, free trial, atau mengisi formulir, melalui link affiliasi milik kita. Salah satu perusahaan yang menawarkan program PPL adalah MaxBounty.com.

4. Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain

Sekarang ini, menjual sesuatu lewat internet bukanlah sesuatu yang luar biasa. Kita bisa menjual apapun lewat internet baik itu barang maupun jasa. Selain itu, bisnis offline kita bisa juga dipasarkan melalui internet lho. Misalnya kita punya usaha jualan bawang goreng, jual saja lewat internet, pasti ada yang beli :)

Selain menjual produk sendiri, kita juga bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menjual produk orang lain, baik itu produk fisik ataupun produk digital. Salah satu proses internet marketing dengan cara menjual produk orang lain adalah dengan cara menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain. Begitu juga dengan pada produk digital, kita bisa menjadi affiliate marketer untuk sebuah produk yang dijual orang lain.

5. Pelelangan (Online Auction)

Di internet juga ada tempat untuk menjual sesuatu milik kita atau milik orang lain yang kita bantu jualkan, dengan cara lelang. Tentunya ini bisa menguntungkan karena kita bisa menjual barang kita tersebut pada orang yang menawar dengan harga tertinggi.

Perusahaan terkenal yang menyediakan fasilitas pelelangan online:

B. Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, promosi online adalah salah satu bentuk dari pemasaran online. Tidak perduli produk atau bisnis apa yang mau dipromosikan, internet adalah salah satu media yang sangat efektif untuk membangun brand dan membuat website bisnis kita dikenal banyak orang.

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, diantaranya adalah melalui SEO (Search Engine Optimization), melalui iklan PPC (PPC Ads), Email Marketing, Mobile Advertising, dan Social Media Marketing.

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah bentuk promosi online yang sangat saya sukai karena gratis. Namun, SEO membutuhkan keahlian khusus, membutuhkan proses dengan waktu yang tidak sebentar. Bahkan seringkali SEO justru membutuhkan biaya untuk melakukan optimasi.

Itulah sebabnya ada banyak pemilik website yang rela mengeluarkan uang untuk menyewa jasa SEO untuk membuat situs bisnis mereka masuk dalam halaman utama hasil pencarian search engine.

Baca juga: Apa Itu SEO?

3. SEM (Search Engine Marketing)

Berbeda dengan SEO, search engine marketing ini adalah iklan PPC (pay per click) yang tayang di halaman hasil pencarian situs mesin pencari. Di Indonesia, Google adalah search engine yang paling sering digunakan di internet.

Untuk kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet, kita akan melihat iklan di bagian atas, samping kanan, dan bawah hasil pencarian sebuah kata kunci. Banyak pakar internet marketing mengatakan bahwa Google Ads adalah metode pemasaran yang sangat tinggi konversinya karena halaman website kita berpeluang besar mendapatkan calon konsumen dari mesin pencari.

Dalam hal ini kita sebagai pengiklan harus mengeluarkan uang agar iklan kita tampil di mesin pencari. Tentu saja kita bisa mengatur harga iklan yang sesuai dengan budget yang ada.

4. Email Marketing

Sesuai dengan namanya, email marketing adalah proses pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan email sebagai alat bantu. Email marketing ini juga bermacam-macam jenisnya, ada direct email, retention email, dan beriklan di email orang lain. Marketing melalui email biasanya sangat efektif karena promosi atau sales letter bisa langsung dikirimkan kepada pemilik akun email tersebut.

Catatan penting yang harus diingat adalah kita tidak boleh melakukan SPAM karena akan mengganggu orang lain, dan tentunya akan merugikan kita sendiri karena si pemilik email bisa melakukan unscribe atau memasukkan email kita ke dalam daftar SPAMMER.

Baca juga: Apa Itu Email Marketing

5. Mobile Advertising

Mobile advertising adalah, layanan pengiklanan melalui aplikasi mobile. Seperti kita ketahui, pengguna smartphone saat ini sudah sangat jamak, dan biasanya ponsel mereka dibawa kemanapun pergi. Inilah yang membuat mobile advertising sangat efektif untuk media promosi bisnis. Beberapa model mobile ads adalah melalui SMS, Banner Ads, Games, dan lain-lain.

6. Social Media Marketing

Sama halnya dengan SEO, promosi online dengan menggunakan social media dapat dilakukan dengan gratis. Tapi ini tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang karena melibatkan banyak faktor, baik dari pengguna sosmed maupun dari sosmed nya sendiri.

Seperti yang kita ketahui, pengguna situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, dan YouTube, jumlahnya sudah sangat banyak. Dan ini adalah media promosi yang sangat efektif untuk memasarkan produk apa saja melalui internet.

Media sosial juga memiliki fitur periklanan yang sangat banyak digunakan oleh internet marketer untuk mendulang trafik dan penjualan. Beberapa diantaranya yang populer saat ini adalah:

  • Facebook Ads
  • Twitter Ads
  • Instagram Ads
  • YouTube Ads
  • Dan lain sebagainya

Kelebihan Internet Marketing

Pemasaran online memiliki beberapa manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Mengacu pada pengertian internet marketing di atas, berikut ini adalah beberapa kelebihan pemasaran online:

  • Pemasaran online dapat dilakukan selama 24 jam non-stop.
  • Jangkauan pasar sangat luas karena kita dapat menjangkau berbagai kota, provinsi, bahkan negara lain (global) ketika memasarkan suatu produk melalui internet.
  • Biaya pemasaran online cenderung lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran konvensional.
  • Dengan internet marketing maka risiko kerugian cenderung lebih kecil dibandingkan pemasaran konvensional.
  • Kita dapat melacak dan mengukur data respon konsumen dalam kegiatan pemasaran.
  • Dapat memasarkan produk kepada banyak orang sekaligus secara personal tanpa menyita waktu.
  • Dan masih banyak kelebihan lainnya.

Baca juga: Apa Itu Startup

Demikianlah sedikit penjelasan singkat mengenai apa itu internet marketing, dan media-media yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran online. Memang ada banyak cara untuk melakukan internet marketing, namun kita tidak perlu melakukan semuanya karena tidak semua metode pemasaran bisa berhasil kita kerjakan. Pilihlah beberapa yang paling efektif dan cocok untuk make money online atau memasarkan produk/ jasa yang ingin dipromosikan.

76 KOMENTAR

  1. Untuk pemula sebagai pebisnis online, tentu sebaiknya dimulai dari berbagai Reseller/ Affiliate , Langkah selanjutnya Pasarkan Produk Anda sendiri ( hasil Kreasi Anda, Kreativitas Anda, dan Produk yang bener bener hasil karya Anda )

  2. makasih om sharingnya…alhamdulilah saya lagi belajar IM ni om dah pensiun dini jadi kayawan..banyak wawasan yang saya dapat dai blognya si om..maturnuwun sanget :D

  3. gan, websitenya keren gan,, daftarin aja ke hub.id gan..
    komunitas buat startup seluruh indonesia :D

  4. Om mau tanya, kalo Google Adsense kan katanya PPC, tapi punya saya kog PPS ya?? Itu sudah di set darisana atau bisa dirubah?
    Thanks..

  5. Secara ga langsung sih, semua yang ada disini melakukan internet marketing dengan cara-caranya sendiri. istilah iM lebih cocok di gunakan untuk corporate atau toko online, tp orang kaya kita-kita juga bisa walau dengan budget rendah. tergantung pemilihan aja bener kan bos?

    • Ya bener mas, internet marketing itu banyak caranya. Dengan menuliskan artikel review produk di blog juga termasuk salah satu bentuk internet marketing :)

  6. saya udah sejak juni 2013 lalu belajar internet marketing mas.. puji tuhan udah mulai menghasilkan sejak bulan septembernya. namun sayang sekali blog saya kena hukum pasca algoritma huming bird google muncul… dan sampai skrng sya merasa kesulitan skli menghasilkan uang lagi.. apa keberuntungan saya memang bukan di internet marketing ya? hm…..

  7. saya kebetulan baru mengenal dunia internet marketing khususnya tahun 2013 lalu
    artikel ini sunguh membantu bagi yang baru terjun ke dunia imers

  8. trik mengedit tulisan di photoshop

    wah keren penjelasannya kumplit banget nih. sangat berguna buat saya yang baru kenal ama bisnis di internet
    makasih mas

  9. Terima kasih mas penjelasannya tentang apa itu internet merketing. Sebenarnya saya tertarik dengan bisnis ini krn potensinya yang besar

  10. mantap master sangat membantu ane

  11. Maturnuwun ilmu nya…. mohon kunjungi web saya mas… mau minta saran…

  12. Surya Chandra Gobel

    owh begitu ya mas, saya jadi ngerti sekarang, jadi intinya seperti pasar, tapi dilakukan secara online ya ?
    makasih nih penjelasannya ! :)

  13. Internet marketing atau pemasaran produk maupun jasa lewat internet. Sekarang ini sepertinya banyak sekali para internet marketer indonesia yang sudah berhasil mendapatkan penghasilan yang melimpah. Semoga saya bisa ikutan jadi internet marketer handal :-)

  14. Thanks kang, ilmunya banyak membantu

  15. Muhammad Zaki Al-Aziz

    Mas kalau strategi2 yang bisa dilakukan dalam marketing online apa aja yah? :)

  16. thx mas infonya.
    ada kawan saya yang punya bisnis internet marketing. agak mahal juga ya bayarannya. untuk social media marketing saja, sekitar 4juta biayanya per bulan. woooww… :D

  17. Komentar di atas ini adalah contoh komentar SPAM… jangan ditiru ya :)

  18. dapat uang dari blog

    sementara coba GA, dulu

  19. Apa yang penting adalah diri kita. Andainya hala tuju kita jelas pastinya kita mempunyai azam untuk menjadi atau bergelar seorang yg berjaya…

  20. Ada banyak juga mas seperti yang mas sebutkan diatas tapi itu dia susahnya menjaga akun tetap aman dan jauh dari banner masih trauma pada saya.Tapi bagaimanapun itu harus tetap berusaha dan mencoba kalau sudah bergelut di dunia internet marketing ini.

    • Maaf bro, menurut saya blog sampean kebanyakan banner. Udah gitu bannernya iklan situs jud! hehehe

  21. masa untuk berubah ke dunia lebih luas

  22. Sepertinya definisi internet marketing bagi saya adalah “sumber pendapatan online”. Jika artinya “berpromosi”, belum begitu maksimal dimanfaatkan karena tidak ada produknya :D
    Baru memasarkan produk orang lain saja (affiliasi). Sehingga “kadar” berpromosinya masih sedikit ;)

    • Ya ga masalah sih mas, saya juga lebih sering jualan produk orang lain. Produk sendiri jarang dipasarkan hahaha

    • jadi inti dari internet marketing itu sebenarnya seperti ini toh mas,selama ini sih maenya cuma ppc’an karena cuman tahu hal tersebut . pingin di hati rasanya bisa juga maen afilasi seperti amazon dan lainya , tapi nggak tau caranya..

      • Fokus saja pada yang kita bisa dan kita sukai, ga perlu melakukan semuanya agar bisa berhasil di internet marketing.

  23. Banyak peluang yang ada diiternet sperti ulasan yang ada diatas, mari kita tekuni untuk kesejahteraan keluarga kita. Sukses.

  24. sangat jelas ya mas. memang benar di jaman sekarang ini tukang siomai pun tidak mau kalah di bidang internet.

Tinggalkan Balasan