Antonius Bong ~ Dirikan Beragam Bisnis Hingga Garap Ecommerce Lewat Cantik.com

Antonius Bong

Image dari Swa.co.id

Jiwa bisnis sejati mungkin bisa dialamatkan pada sosok entrepreneur bernama Antonius Bong (Antonius) yang satu ini. Bagaimana tidak, beragam usaha dari bisnis kemasan, kafe, hingga studio game telah ia lakukan. Menariknya beragam usaha itu dilakukan Antonius ini hanya dalam waktu 10 tahun saja. Berhenti sampai disini? Tentu saja tidak, setelah terbilang sukses dengan bisnis-bisnis tadi namun Antonius tetap terus bergerak dan merambah bisnis lain.

Ya, saat bisnis rintisan digital (startup) ini sedang marak, Antonius pun tertarik juga untuk ikut mencoba peruntungan dengan mendirikan #toko online khusus fashion wanita Cantik.com. Lalu seperti apakah kiprah Antonius Bong untuk dalam mengembangkan Cantik.com ini? Berikut ulasannya.

Fokus Kembangkan Cantik.com

Saat mendirikan ecommerce Cantik.com tahun 2014, Antonius Bong menggandeng teman-temannya seperti Sam Tanuwidjaja, Indra Gunawan dan Wenas. Pria lulusan universitas di Melbourne, Australia ini memang sangat tertarik dengan dunia bisnis. Meski telah memiliki beberapa bisnis namun ia bisa menyiasatinya dengan menyerahkan usahanya pada para profesional.

Saat ia telah menyerahkan bisnis lainnya pada profesional maka ia bisa fokus menggarap Cantik.com. Dipilihnya bidang #ecommerce fashion, terutama fashion wanita ini menurutnya memiliki peluang yang sangat besar karena pertumbuhannya yang tinggi. Dalam menyasar target pasarnya, Antonius menyasar mass market dengan sebuah slogan ‘Semua Bisa Cantik’.

Artikel lain: Reynold Wijaya ~ Mandiri Jalankan Bisnis Fintech Tanpa Tergantung Bantuan Keluarga

Produk Cantik.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya Cantik.com menjual berbagai produk fashion aparrel untuk wanita. Produk-produk di Cantik.com sendiri  adalah produk lokal yang memiliki harga bersaing dengan kisaran harga antara Rp 70 ribuan hingga Rp 180 ribuan. Meski produk lokal, namun kualitas produk yang dihadirkan tetap yang terbaik karena hanya dipilih yang sudah ekspor.

Selain berkualitas ekspor, model dari produk-produk Cantik.com ini diusahakan selalu up-to-date. Dengan kontrol mutu yang ketat, maka return rate di Cantik.com nyaris menyentuh angka nol. Dan dengan fokus pada target pasar mass market maka ia telah mampu menciptakan pasarnya tersendiri, sebab kebanyakan ecommerce fashion menyasar pasar kelas atas.

Trik Antonius Bong Me-manage Bisnis

Dalam menjalankan Cantik.com sendiri, selain dibantu tiga rekannya tadi, Antonius Bong juga didukung oleh 7 orang berpengalaman di bidang merchandising. Dari sini maka di Cantik.com ada total karyawan mencapai 60 orang. Untuk operasional sehari-harinya, setiap hari, timnya menjalankan evaluasi untuk menentukan mana produk yang paling diminati dan mana yang kurang diminati. Supaya bisa menarik banyak pelanggan, Antonius kemudian tidak membebankan atau menggratiskan ongkos kirim produknya ke seluruh Indonesia.

Strategi pembebasan ongkos kirim ini sendiri bukan tanpa alasan. Pasalnya Antonius meyakini strategi ini akan mampu menarik banyak pembeli. Ketika pembeli telah senang dan puas karena tidak dibebani ongkos kirim, maka pelanggan akan menceritakan hal ini kepada teman dan kerabatnya untuk merekomendasikan produknya.

Meskipun shipping cost di Indonesia tergolong tinggi tapi karena pelanggan Cantik.com didominasi dari Jawa maka Antonius bisa menghemat biayanya. Pembebasan ongkos kirim sendiri bisa jadi akan berlangsung lama atau sebentar, tergantung perkembangan usahanya nanti.




Promosi dan Pemasaran Cantik.com

Untuk memperkenalkan Cantik.com lebih luas ke publik, tim Cantik.com kemudian menjalankan digital marketing dan offline marketing. Offline marketing yang dijalankan Antonius sendiri berwujud community building. Selain itu pemasaran offline dilakukan Antonius dengan cara ikut pameran di gedung perkantoran besar. Dalam acara pameran sendiri Antonius akan memperkenalkan Cantik.com dan juga teknis pembelian produk di web.

Kekuatan marketing Cantik.com pun makin kuat saat Antonius juga meng-endorse figur selebritas untuk produknya. Sedangkan #pemasaran online (online marketing) Cantik.com dilakukan Antonius dengan menggunakan fasilitas media sosial. Pemasaran Cantik.com sendiri juga disesuaikan dengan kualitas produk, jika produk sudan punya nama bagus maka ia tak perlu mengeluarkan biaya pemasaran yang besar.

Baca juga: Tyovan Ari Widagdo ~ Pahit Manis Perjuangan Membangun Karir Bisnis Teknologi

Utamakan Pula Faktor Produksi

Agar produknya banyak disenangi masyarakat, Antonius menyatakan bahwa dirinya sangat mengutamakan juga urusan R&D ini. Untuk mendapatkan produk yang terbaik, pria kelahiran 20 Januari 1984 ini kemudian mengaku sangat selektif dalam memilih pemasok dan penjahit. Dalam perkembangannya Cantik.com sendiri kini Antonius Bong telah memiliki lima pabrik garmen yang bekerja sama dengan pihaknya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud