Antisipasi Dampak Banjir Jakarta Dengan Mengakses 3 Website Berikut Ini

Antisipasi-Dampak-Banjir-Jakarta

Ilustrasi dari Telegraph.co.uk

Banjir adalah sebuah fenomena yang kini sudah menjadi hal yang sudah biasa bagi warga Jakarta. Bagaimana tidak, hampir setiap tahun banjir sudah menjadi siklus rutinan yang bisa dipastikan akan melanda ibu kota Indonesia ini. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya banjir di Jakarta ini.

Disamping intensitas hujan yang tinggi pada musim penghujan, daya dukung lingkungan yang buruk serta masih kurangnya kesadaran warga akan kebersihan, diduga pula menjadi biang keladi munculnya banjir di Jakarta. Karena banjir yang sudah jadi tradisi, maka tak ayal kemudian muncul stigma dan persepsi bahwa jakarta adalah kota banjir.

Beragam cara sudah dilakukan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk menanggulangi banjir. Namun sayang banjir masih saja terjadi. Banjir yang memiliki dampak negatif secara langsung hampir pada seluruh aspek kehidupan masyarakat ini  membuat beberapa orang kemudian melakukan terobosan guna membantu warga DKI Jakarta untuk bisa sedini mungkin mengantisipasi dampak banjir yang ada.

Maka saat musim penghujan seperti sekarang ini, warga DKI Jakarta bisa memanfaatkan beberapa #website berikut sebagai upaya antisipasi dampak banjir yang bisa datang sewaktu-waktu ini. Berikut tiga website tersebut.

SiagaBanjir.Org

Website SiagaBanjir.org merupakan website pertama yang bisa Anda gunakan untuk memantau kondisi banjir di Jakarta. Website lokal yang didiirikan oleh mahasiswa Fisikom UI yang tergabung dalam tim Kawung Labs ini menyediakan layanan informasi terkait situasi banjir dan kondisi terkini dari 14 pintu air yang ada di ibu kota.

Data tentang kondisi pintu air ini sendiri bisa dipertanggungjawabkan karena data tersebut didapat langsung dari Pusat kendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta.

Informasi banjir dan kondisi pintu air pada website siaga banjir ini sendiri disimbolkan dengan warna-warna tertentu berdasarkan tingkatan kebahayaannya. Secara berurutan dari warna tersebut adalah hijau yang berarti kondisinya masih dalam tingkat aman, warna kuning, jingga hingga merah yang berarti situasinya makin berbahaya.

Dan informasi yang diberikan siaga banjir ini cukup up to date dan kini siaga banjir juga sudah terhubung dengan media sosial dan juga sudah dapat gunakan pada perangkat #smartphone Android dengan mengunduhnya di play store.

Artikel terkait: Siaga Banjir, Aplikasi Pantau Banjir di Jakarta

PetaJakarta.Org

Informasi tentang laporan dan kondisi banjir serta analisanya juga bisa Anda peroleh dari website Petajakarta.org. Website yang diluncurkan bulan Mei 2014 silam ini merupakan proyek kerjasama antara Universitas Wollongong dengan fasilitas infrastruktur SMART-nya dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, dan Twitter.




Website ini sendiri akan memberikan informasi tingkatan kewaspadaan banjir dari banyaknya laporan yang ada dengan simbol warna. Semakin banyak laporan yang datang pada wilayah tertentu, maka warna merah akan terpampang di website PetaJakart.org pada wilayah tersebut.

Karena juga bekerjasama dengan #Twitter, maka PetaJakarta juga mengumpulkan informasi banjir dari kicauan para pengguna Twitter. Dengan mencantumkan hastag #banjir dan me-mention-nya ke @petajkt, para pengguna twitter bisa berpartisipasi dalam memberikan info banjir.

LewatMana.Com

Banjir yang acapkali membawa dampak kemacetan disana-sini tentu sangat membuat jengkel. Maka website LewatMana.com bisa memberikan solusi bagi Anda yang hendak bepergian atau terjebak saat banjir melanda. Website yang didirikan pada tahun 2009 oleh Hendy Soelistyo ini akan memberikan informasi tentang kondisi jalanan dan lalu lintas terkini secara real time melalui kamera CCTV.

Dengan sebaran 120 CCTV dikawasan jabodetabek tentu saja akan membuat para pengakses website LewatMana.com bisa dengan cepat mencari jalur alternatif jika jalan yang akan dilaluinya terkena dampak banjir yang tidak bisa dilalui kendaraan. Dengan begitu Anda tak akan lagi terkena kemacetan atau stuck dari dampak banjir yang ada.

Dengan informasi berbentuk tampilan video tentu saja untuk mengakses LewatMana.com Anda perlu memiliki koneksi yang lancar. Namun jika Anda kesulitan dalam mengakses halaman LewatMana.com, Anda juga bisa memantau informasi kondisi jalanan dan lalu lintas dari time line @LewatMana yang merupakan wadah para jurnalis warga dalam melakukan pantauan lalu lintas jalan.

Baca juga: LewatMana, Pantau Lalu Lintas Secara Real Time Dengan CCTV

LewatMana kini juga sudah bisa diakses dari smartphone Android, iOs, BlackBerry dan Windows Phone dengan cara mendownload aplikasinya pada store masing-masing platform.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud