Anisa P. Simatupang ~ Raup Puluhan Juta Dari Bisnis Karikatur Online

Image dari Careernews.id

Image dari Careernews.id

Bagi seorang yang kreatif, pasti akan ada banyak hal yang bisa dikerjakan untuk dijadikan sebuah produk yang menghasilkan uang. Meski tidak memiliki basis pendidikan atau bahkan pengalaman bisnis, namun dengan modal kecintaan dan passion pada bidang tertentu, sangat mungkin seseorang bisa meraih sukses. Bahkan dengan sesuatu yang mungkin hanya dianggap sekedar hobipun pasti bisa dijadikan sebagai mesin untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

Contoh nyata yang bisa kita jadikan sebagai pelajaran adalah seperti apa yang dilakukan oleh Anisa P. Simatupang. Ia adalah seorang wanita yang menggeluti bidang yang dicintainya yang kemudian menjadi bisnis yang bahkan bisa menghasilkan jutaan rupiah dari situ.

Basis pendidikan seni rupa yang ia peroleh, ia jadikan sebagai motivasi dalam meniti sebuah bisnis. Ninis, begitu ia akrab dipanggil, menekuni dunia usaha dengan mengembangkan bisnis karikatur secara online. Bagaimana kisah selengkapnya, simak di bawah ini.



Awal Mula Terjun Dalam Bisnis Karikatur Online

Awal mula Anisa P. Simatupang mulai menekuni bisnis karikatur online adalah ketika pada mulanya ia sangat mencintai dunia seni rupa. Ketika itu ia masih dalam masa kuliah, ia melihat #peluang bisnis yang ada pada bidang ini. Ninis melihat peluang usaha karikatur ketika ia memberikan hadiah kepada sahabatnya yang berulang tahun.

Nah, pada saat ia masih menjadi mahasiswa pendidikan seni rupa itulah, ia memulai bisnis karikaturnya. Pada awalnya hanya satu dua orang teman saja yang mengerti apa yang dikerjakan oleh Ninis. Namun kemudian lama kelamaan ada banyak teman yang mengetahui dan kemudian dari mulut ke mulut kabar mulai menyebar.

Dan bisnis Ninis semakin berkembang ketika Ninis menggunakan #media sosial sebagai sarana pemasarannya. Ninis menggunakan Facebook, Twitter dan juga Instagram untuk mempublikasikan setiap karyanya sekaligus untuk promosi. Menurutnya, media sosial memiliki peran sangat penting untuk membuat bisnis yang ia geluti ini semakin dikenal di masyarakat.

Artikel lain: Ferry Yuliana ~ Sukses Menjalankan Bisnis Tas Gendhis Berkat Mimpi dan Idealisme

Sehingga dengan sendirinya akan membuat omzet bisnis karikatur online ini semakin meningkat. Untuk media sosial, ia lebih mengkhususkan menggunakan #Instagram sebagai sarana karena dirasa Instagram lebih mengakomodasi file berupa gambar atau foto.

Latar Belakang Anisa P. Simatupang Terjun Ke Dunia Bisnis

Anisa sendiri sebenarnya bukanlah wanita yang dilahirkan dari keluarga pebisnis. Kedua orang tua Anisa juga bukan seorang pelaku usaha. Anisa menjelaskan ketertarikannya menekuni dunia bisnis karena ia merasa ada jiwa di situ. Lebih dari itu, alasannya terjun ke dunia bisnis karena ia melihat ada peluang bisnis yang cukup bagus dan unik di bidang yang ia geluti saat ini. Kedua hal tersebut yang lantas membuat Anisa meyakinkan diri bahwa ia memang sangat nyaman dalam menjalankan usahanya.

“Merasa punya jiwa wirausaha, kedua unik dan pernah kuliah di bidang seni melihat usaha ini. Meskipun sudah ada,tetapi masih jarang juga,” demikian ujar Anisa.

Untuk produk yang ia jual meliputi karikatur, Wedha’s Pop Art (WPAP), siluet, dan ilustrasi yang bisa diaplikasikan pada media kertas, kanvas, dan bahkan bantal dan  baju pun juga dijual.

Tantangan Dalam Menjalankan Bisnis Karikatur Online

Tentu banyak tantangan dalam setiap bisnis yang dikerjakan. Untuk karikatur online, menurut Ninis tantangan yang paling besar adalah pada bagaimana menghadapi para pelanggan yang sangat beragam. Selain itu juga pada permintaan yang kadang-kadang di luar dugaan kita. Karena kekurangtahuan konsumen mengenai teknik pada pembuatan karikatur ini biasanya sering menimbulkan miss komunikasi. Namun, Ninis tetap berusaha untuk memberikan pengetahuan dan gambaran bagaimana karikatur itu dibuat dengan penuh kesabaran.

Baca juga: Retno Hastuti ~ Raup 30 Juta Tiap Bulan Dari Bisnis Kerajinan Limbah Pinus

Untuk omzet, Anisa mengaku bahwa rata-rata pendapatan yang bisa ia dapatkan bisa mencapai 2 sampai 10 juta rupiah dalam satu bulan. Biasanya juga tergantung musim yang sedang trend. Musim-musim seperti pernikahan, valentine atau hari-hari tertentu yang spesial biasanya akan mengalami peningkatan omzet pada bisnis karikatur yang Anisa tekuni ini.

Lebih jauh Ninis juga berharap bahwa apa yang telah ia kerjakan bisa membuat banyak orang senang. Sehingga ia pun juga akan merasa bahagia karena bisa membuat mereka bahagia.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud