Imbangkan Bisnis dan Kuliah, Andrie Wurdianto Sukses Bidik Usaha Clothing Line

Andrie Wurdianto

Andrie Wurdianto via Detik.net

Mengingat beberapa artikel inspiratif yang pernah dimuat Maxmanroe sebelumnya, tidak jarang banyak juga sosok sukses yang saat ini berhasil mengembangkan bisnis berawal ketika mereka masih berada di bangku kuliah.

Alasan mengapa bangku kuliah menjadi batu pijakan yang sangat empuk untuk menjalankan bisnis adalah, pada usia tersebut kematangan pemikiran serta semangat terasa sudah cukup mumpuni. Selain itu, pergaulan luas antara teman perkuliahan juga bisa menjadi kelebihan lain yang bermanfaat untuk urusan bisnis.

Hal tersebut nampaknya benar-benar dimanfaatkan oleh seorang entrepreneur muda bernama Andrie Wurdianto. Telah memiliki pandangan bisnis sejak berada di bangku sekolah menengah atas, ide tersebut akhirnya bisa diwujudkan lewat Bisnis clothing Line dengan nama brand Soundshusky.

Andrie Wurdianto Seimbangkan Pendidikan dan Bisnis

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Andrie Wurdianto sebenarnya sudah memiliki ide untuk mengembangkan usaha sejak berada di bangku SMA. Namun baru ketika menjadi mahasiswa di Institut Teknologi Surabaya, ia bisa mewujudkan ide tersebut.

“Namun saya justru masuk di jurusan Teknik Kelautan yang notabene tidak ada hubungannya sama sekali dengan entrepreneur, itu membuat cita-cita saya terhambat. Tapi ternyata saya dan dua orang teman saya dari SMA mempunyai visi yang sama dan juga terbentur oleh permasalahan yang sama. Atas dasar itulah lalu akhirnya kami membuat sebuah usaha clothing line,” tutur Andrie.




Artikel lain: Evrawood ~ Bisnis Tas Casual Urban Yang Telah Menembus Pasar Mancanegara

Ia mengaku bahwa, untuk menjalankan usaha berbarengan dengan kuliah bukanlah hal yang mudah. Ada waktu tersendiri yang harus dikorbankan ketika banyak mahasiswa lain hanya harus fokus pada suatu hal. Bahkan tidak jarang, ia harus memberikan usaha yang lebih keras untuk bisa membuat bisnisnya terus berputar.

Konsep Usaha Clothing Line

Jika kebanyakan anak muda berpikir untuk mengembangkan usaha penjualan produk fashion dengan konsep casual, namun jalur anti mainstream justru ditempuh oleh Andrie Wurdianto. Ia mengembangkan clothing line dengan produk utama pakaian formal untuk kaum adam.

“Nama dari usaha kami adalah Soundshusky. Maknanya sendiri yaitu suara serak-serak basah khas seorang pria yang maskulin, dimana kami ingin menunjukan bahwa usaha kami ini berfokus di bidang pakaian pria.”

Mengambil lini yang juga khusus, tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk dikembangkan. Namun Andrie yakin bahwa produk pakaian formal pria, memiliki potensi yang cukup besar. Selain itu, sasaran penjualan dari produk Soundshusky juga cukup potensial yakni diantara kisaran umur 25 hingga 40 tahun.




Kelebihan Produk Soundshusky

Untuk bisa mengenang persaingan bisnis, tentunya sebuah produk memerlukan kelebihan. Dan untuk usaha yang dikembangkan Andrie Wurdianto, yang menyatakan bahwa kelebihan nya ada di penggabungan antara pakaian formal dengan konsep modern.

“Kelebihan produk kami adalah keunikan bahan yang kita gunakan dan desain yang memang terkesan lebih kekinian. Kalau sebuah pakaian formal pria identik dengan pakaian yang hanya dikenakan oleh orang-orang yang memiliki umur tidak muda lagi, disini kami ingin menunjukkan bahwa jika pakaian formal itu juga sangat cocok dipakai oleh kalangan anak muda,” ungkapnya.

Cara yang diterapkan antara lain dengan memilih bahan yang dirasa sesuai dengan karakter anak muda. Selain itu dalam hal desain dan bentuk potongan juga disesuaikan dan diberikan beberapa modifikasi sehingga terkesan lebih up to date.

Tantangan Dan Harapan Kedepan

Salah satu hal yang masih menjadi ganjalan bagi Andrie untuk membawa Soundhusky ke tahap yang lebih tinggi adalah, yang pertama proses pengerjaan yang cukup lama membuat usaha tersebut belum bisa melakukan produksi massal.  Terutama untuk produk seperti jas yang menjadi produk andalan,  proses pembuatan nya terkadang menyita waktu yang cukup panjang.

Baca juga: Damn I Love Indonesia ~ Kesuksesan Brand Fashion Populer Dengan Jargon Cinta Tanah Air

Namun hal ini telah bisa diatasi dengan cara koordinasi yang baik antara ia dan tim.

“Semua tantangan dan kendaa diatas kami atasi dengan rajin berkomunikasi satu sama lain dan terus mencari refrensi dan inovasi agar dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kendala-kendala tersebut.”

Ke depan, harapan yang ingin diraih oleh Andrie adalah bisa mempunyai workshop dan showroom di beberapa kota besar di Indonesia. Dari situ, ia berharap Soundshusky  bisa menjadi rujukan bagi masyarakat yang ingin mencari pakaian formal pria.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud