Anda Sering Pindah Kerja, Hati-hati Ini Kerugiannya

efek buruk sering pindah kerja

Image dari Thestreet.com

Menjadi seorang pegawai atau karyawan sering kali kita tidak bisa menghindari perpindahan kerja. Beragam alasan yang mendasari seseorang untuk pindah dari pekerjaan satu ke pekerjaan yang lain. Alasan yang sering dilontarkan ketika seseorang berpindah kerja ke tempat lain adalah untuk lebih mengembangkan karir. Tawaran promosi posisi yang lebih tinggi di tempat kerja baru memang sangat menggiurkan bagi seorang pegawai.

Namun, sebenarnya terlalu sering berpindah kerja tidak baik untuk karier Anda ke depan. Anda perlu mengetahui juga beberapa kerugian yang bakal Anda alami ketika Anda sering melakukan perpindahan kerja. Perhatikan beberapa kerugian di bawah ini.

1. Anda Akan Sulit Mendapatkan Promosi

Karena Anda sering pindah pekerjaan, maka otomatis pula Anda akan sulit mendapatkan promosi untuk karir Anda. Bagaimana tidak, ketika perusahaan mulai memandang positif kinerja Anda, Anda sudah hengkang dari perusahaan tersebut. Padahal seharusnya Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan promosi dari perusahaan untuk posisi yang lebih tinggi.

Sayang sekali, karena perusahaan sendiri butuh waktu juga dalam memberikan penilaian positif pada Anda untuk memberikan promosi. Jadi ada baiknya jika Anda ingin pindah dari suatu pekerjaan, sebaiknya pikir-pikir terlebih dahulu.

Artikel lain: Situs Lowongan Kerja Terbaru dan Terpercaya di Indonesia

2. Anda Akan Sulit Mendapatkan Kepercayaan

Seringnya Anda melakukan perpindahan dalam pekerjaan, akan membuat Anda sendiri sulit mendapatkan kepercayaan. Riwayat Anda yang sering berpindah-pindah kerja akan menimbulkan citra buruk diri Anda sendiri di kantor. Karena bagaimanapun juga, sering pindah pekerjaan bukanlah sesuatu yang wajar.

Pasti ada yang salah atau tidak berjalan secara normal ketika hal itu terjadi. Jadi wajar jika rekan kerja Anda atau atasan Anda yang baru tidak segera mempercayai Anda baik dalam pekerjaan maupun dalam hubungan personal.

3. Kesulitan Dalam Menyesuaikan Budaya Di Tempat Kerja Baru

Budaya atau kultur kerja tentu tidak sama antara tempat kerja satu dengan yang lain. Perbedaan budaya ini bukanlah perkara ringan, Anda pasti butuh waktu untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan dan budaya baru. Dan ini akan menyulitkan Anda karena Anda sering pindah kerja, imbasnya tentu saja pada kinerja Anda sendiri.

Kesulitan dalam beradaptasi pasti akan berpengaruh terhadap kinerja Anda. Dalam hal ini Anda harus menyediakan waktu khusus untuk mendukung proses adaptasi Anda pada kultur dan lingkungan kerja yang baru.

4. Masa Percobaan Berulang Kali

Dalam menerima seorang pegawai dan pekerja baru, tentu saja sebuah perusahaan tidak mau begitu saja menerimanya tanpa adanya tes atau masa percobaan terlebih dahulu. Perusahaan tidak ingin mendapatkan pegawai dengan kualitas yang biasa saja.




Salah satu cara untuk mengetahui kinerja seseorang adalah dengan memberlakukan masa percobaan padanya, nah, jika Anda sering berpindah tempat kerja, maka waktu Anda akan habis dengan masa percobaan itu. Tentu saja karir Anda tidak akan maju-maju jika terus begini, Anda akan mengalami stagnasi pada karir kerja Anda.

5. Pengalaman Kerja Anda Tidak Bisa Maksimal

Pengalaman kerja seseorang sangat penting dalam proses untuk meniti karir ke depan. Jika Anda sering berpindah-pindah pekerjaan, maka otomatis pengalaman kerja Anda akan macet dan tidak bisa berkembang. Mungkin Anda akan mendapat banyak pengalaman kerja karena mencoba berbagai macam pekerjaan, namun kedalaman pengalaman pasti tidak bisa Anda dapatkan.

Karena Anda tidak memiliki konsistensi pada sebuah pekerjaan, tentu pengetahuan Anda tidak maksimal dalam hal ini. Maka dari itu, seberapapun banyak pengalaman kerja Anda tapi jika hanya sebentar menjalaninya, sama saja Anda belum memiliki pengalaman kerja yang mumpuni pada suatu bidang kerja tertentu.

Baca juga:

6. Membuat Anda Menjadi Terbiasa

Terlalu sering pindah kerja jika tidak segera Anda hentikan, akan membuat Anda menjadi terbiasa. Maksudnya adalah, Anda akan menjadi seperti kecanduan dengan hal ini. Sehingga akan membuat Anda menjadi sulit konsisten pada satu pekerjaan tertentu.

Perpindahan kerja yang sering Anda lakukan akan semakin membuat Anda mudah melakukan ini kembali. Ada masalah sedikit saja sangat mudah memicu Anda untuk pindah pekerjaan, atau mungkin tanpa ada masalah sebelumnya pun juga bisa membuat Anda pindah kerja.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud