Anda Seorang Pebisnis Online? Kenali Dulu 4 Tipe Konsumen Online Berikut Ini

tipe konsumen online

Image dari Volusion.com

Kecepatan akses menggunakan #internet disertai dengan biaya yang relatif terjangkau menjadikan bisnis online menjadi primadona pada saat sekarang ini. Dan persaingan yang terjadi pun bisa dibilang sangat sengit, tidak jarang antara satu toko online bersaing dengan yang lainnya dalam hal menyediakan produk terbaiknya untuk dijual.

Selaku pebisnis online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis tersebut. Salah satu hal yang paling mendasar adalah strategi promosi untuk memasarkan produk yang akan dijual. Dalam hal ini biasanya memanfaatkan media sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram. Selain mudah dalam penggunanya juga tidak harus mengeluarkan biaya apapun alias gratis. Hanya bermodalkan sebuah #smartphone yang terkoneksi dengan internet maka hal itu bisa langsung anda lakukan.

Artikel lain: 6 Kiat Agar Bisnis Online Anda Kredibel di Mata Konsumen



Perlunya memahami konsumen bisnis online karena, disisi anda sedang memikirkan strategi #promosi Anda juga harus mengenal dan memahami betul karakter dan tipe konsumen yang akan dijumpai setiap harinya. Maka dari itu jika Anda seorang pelaku bisnis online wajib mengenali 4 karakter konsumen yang akan ditemui pada bisnis tersebut. Untuk lebih jauhnya lagi maka simak pemaparannya berikut ini.

1. Discount Mania

Konsumen dalam hal ini bisa dikatakan sebagai pemburu diskon. Tidak jarang jika ada salah satu #toko online yang mengadakan program diskon besar-besaran pasti akan ada banyak orang yang berdatangan. Strategi ini memang sangat ampuh jika diterapkan terhadap bisnis yang berbasis online untuk menarik perhatian para konsumennya.

Dan cara yang bisa dilakukan ialah memberikan treatment yang menarik pada beberapa produk, misalnya saja dengan memberikan gratis ongkos kirim untuk jumlah pembelian tertentu. Jenis konsumen seperti ini biasanya paling mudah untuk menarik perhatiannya. Mekipun dengan begitu tidak memberikan peningkatan yang signifikan dari hal pemasukan.

2. Window Shopper

Seperti pada umumnya pada shopping yang dilakukan di tempat perbelanjaan biasa, jenis konsumen ini hanya sekedar melihat-lihat produk yang dijajakan sebuah toko online saja tanpa adanya niatan untuk membelinya. Biasanya tujuan mereka hanya untuk melakukan browsing-browsing saja.

Trik ampuh yang bisa anda terapkan pada konsumen jenis sepeti ini adalah, dengan membuat tampilan toko online anda semeriah mungkin. Karena tempat itu berfungsi untuk anda melakukan kegiatan penjualan maka dari itu tidak ada salahnya jika membuatnya dengan menarik karena dengan begitu pengunjung toko online anda tidak akan merasa jenuh dan bosan jika mengunjunginya.

Walaupun pada akhirnya tidak banyak orang yang melakukan pembelian pada produk anda. Namun di sisi lain pengunjung yang mengalami peningkatan akan membuat toko online anda semakin populer di kalangan netizen.

3. The Seeker

Tipe konsumen macam ini biasanya sebelum memutuskan ingin membeli sesuatu, biasanya melakukan survey terlebih dahulu. Baik itu dari produk yang ditawarkan, harga bahkan sampai pada manfaat apa saja yang bisa diperoleh jika pihak konsumen tersebut jadi membelinya. Jika disinggung mengenai harga tipe konsumen seperti ini biasanya lebih cenderung membandingakannya dari toko online yang satu dengan yang lainnya.

Untuk menarik perhatian dari karakter konsumen seperti ini biasanya pelaku bisnis memastikan bahwa toko online yang dimilikinya berada di posisi teratas mesin pencarian #Google. Dengan begitu toko online anda akan mudah untuk dijumpai oleh para calon pembeli. Biasanya tipe yang seperti ini telah mengetahui seluk beluk dari produk yang dibutuhkannya, mulai dari harga, kemasannya dan hal lainnya. Maka dari itu buatlah harga sebuah produk yang realistis dengan pasaran yang ada.

Baca juga: Tingkatkan Kepercayaan Konsumen Toko Online Dengan Memaksimalkan Testimoni

4. The Research

Tipe konsumen ini hampir mirip dengan the seeker. Pembeli jenis ini seringkali melakukan survei terlebih dahulu dengan produk yang dicarinya dan membandingkannya dari beberapa toko online. Namun tipe macam ini biasanya belum memahami betul spesifikasi produk yang dicari. Sebagai pelaku bisnis yang baik ini menjadi tugas Anda untuk memberikan informasi mengenai produk yang Anda jual.

Karena jika calon konsumen anda mencari informasinya di online shop yang lain akan memberikan pengetahuan baru bagi si pembeli ini. Untuk bisa merebut perhatian konsumen jenis seperti ini, tidak lain dengan memberikan informasi secara detil dan jelas. Dengan begitu konsumen yang tadinya ragu untuk berbelanja di toko online anda akan menjadi pelanggan yang loyal terhadap anda.

Ada ungkapan bahwa pembeli adalah raja memang benar adanya. Itu tidak hanya berlaku di bisnis offline saja, tapi usaha berbasis online pun hendaknya juga menerapkan hal tersebut. Dan paling penting jangan lupa untuk menjaga reputasi bisnis di hadapan calon konsumen Anda.    





1 comment on this postSubmit yours
  1. terimakasih om, sudah mengenali tipe konsumennya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud