Anda Pengguna Periscope? Ketahui 4 Fitur Periscope Terbaru Berikut Ini

fitur Periscope

Image dari Thecountrycaller.com

Sebagai salah satu bagian dari aplikasi milik Twitter, kini Periscope telah menjadi populer tidak hanya dikalangan netizen, tapi juga di golongan jurnalis, musisi, atlet serta masyarakat pada umumnya. Nah karena pengguannya setiap tahun makin bertambah, maka #Twitter sebagai pemilik aplikasi live broadcast memutuskan untuk terus berbenah.

Sejak diakusisi Twitter tanggal 12 Mei 2015 dengan nilai US$ 86,6 juta (sekitar Rp 1,2 triliun), Periscope memang menunjukkan tren pertumbuhan yang signifikan. Maka dari itu untuk melayani dan memuaskan penggunanya maka Periscope pada hari Rabu (11 Mei 2016) kemarin meluncurkan beberapa fitur terbaru.

Fitur-fitur terbaru yang terdiri dari tagar #save, penyimpanan siaran otomatis, search baru, dan integrasi dengan DJI drone ini sendiri ditujukan untuk para pengguna perangkat iOS dan Android. Lalu seperti apakah fitur-fitur terbaru dari Periscope ini? Berikut ulasannya.

1. #Save (iOS dan Android)

Fitur terbaru pertama dari Periscope adalah #Save. Apa itu #Save? #Save adaah fitur yang akan membuat sebuah siaran mampu disaksikan oleh pengguna lain di Periscope dan Twitter, bahkan setelah 24 jam berlalu. Bagaimana cara menggunakannya? Sangat mudah, cukup dengan mengetikkan tagar #save di judul video maka fitur ini pun akan langsung bekerja. Untuk ketersediaannya sendiri fitur ini akan hadir secara bertahap diperangkat iOS dan Android.

Artikel lain: Inilah 5 Aplikasi Media Sosial Terfavorit Sepanjang Tahun 2015




2. Penyimpanan Siaran Otomatis (iOS dan Android)

Berikutnya, fitur terbaru dari Periscope adalah penyimpanan siaran otomatis. Dalam beberapa minggu ke depan, baik itu di Twitter maupun Periscope nantinya setiap siaran Periscope akan tersimpan permanen secara otomatis.

Inilah fungsi fitur terbaru tersebut. Meski tersimpan otomatis, jika memang diinginkan, pada akhrinya pengguna juga masih diberikan pilihan untuk menghapus siaran tersebut secara otomatis setelah 24 jam. Untuk mengubah opsi atau pilihan ini sendiri pengguna Periscope bisa melakukan pengaturan di Account Settings.

3. Fitur “Search” Baru (iOS dan Android)

Selanjutnya, fitur terbaru dari aplikasi Periscope adalah fitur “search” yang baru. Ketika fitur “search” digunakan dengan menyentuh tombolnya maka nantinya akan muncul daftar topik yang sedang tren dan populer seperti #Food, #Travel, #Music dan #FirstScope sebagai topik yang diciptakan untuk menyambut para broadcaster baru.

Tombol “search” yang terbaru ini sendiri dapat diakses pengguna melalui Global List dan memungkinkan pengguna mencari siaran yang sedang berlangsung atau siaran ulang berdasarkan topik maupun judul siaran. untuk menambahkan tagar yang relevan, atau menambahkan tagar untuk judul siaran secara langsung sendiri dalam pencarian topik pengguna cukup menekan tombol Broadcast.

4. Integrasi Dengan DJI Drone (iOS)

Terakhir, fitur terbaru dari Periscope adalah integrasi dengan DJI drone. Dengan fitur ini sendiri nantinya pengguna bisa dengan lebih mudah mencari siaran (baik itu live atau replay) yang dilakukan melalui GoPro dan #Drone. Hal ini memang bisa dilakukan karena fitur ini meneruskan integrasi yang sudah dilakukan dengan GoPro HERO yang sejalan dengan aktifnya fungsi siaran di DJI Drone. Dengan fitur ini juga pengguna dimungkinkan untuk melakukan siaran langsung melalui DJI drone.




Drone yang memiliki bird’s eye view ini maka seseorang akan bisa melakukan narasi dan menggunakan fitur Sketch baru. Kegiatan ini sendiri kemudian bisa dilanjutkan untuk menyorot pemandangan yang berbeda selama durasi siaran. Untuk melakukan hal ini seseorang hanya perlu menghubungkan iPhone yang dimilikinya dengan remote control dari drone tersebut.

Baca juga: Twitter Telurkan Fitur Monetisasi Periklanan Video Serupa Youtube

Inilah beberapa fungsi dan fitur terbaru dari Periscope. Dari fitur ini tentu saja Periscope akan makin ciamik dan mumpuni. Dengan inilah maka Periscope akan menjadi salah satu bagian dari dunia tekno dan jaringan online yang makin seru.

Aplikasi Periscope yang dikembangkan oleh dua orang, yaitu Kayvon Beykpour dan Joe Bernstein ini sendiri akan diprediksi akan makin bersinar dengan kehadiran 4 fitur terbaru tersebut. Aplikasi live streaming ini sendiri telah memulai debutnya di toko aplikasi App Store pada bulan Maret 2015 dan diteruskan sebulan kemudian pada bulan April 2015 ke platform Android.




3 total comments on this postSubmit yours
  1. Kemampuan untuk menayangkan langsung yang dimiliki Periscope membuat aplikasi ini dikritik karena bisa digunakan untuk menyiarkan tayangan bajakan. Misalnya saat aplikasi ini dirilis, beberapa pengguna menyiarkan episode perdana serial televisi HBO, Game of Thrones secara langsung lewat aplikasi itu. Periscope juga pernah dipakai untuk menyiarkan pertandingan tinju Flyod Mayweather-Manny Pacquiao. Padahal pertandingan ini disiarkan dengan model pay-per-view di mana para penonton harus membayar $90 untuk menontonnya.

  2. ternyata periscope sudah bisa menggunakan drone untuk pengambilan gambar atau saat live? Kalau dulu apakah periscope hanya bsa dinikmati paada saat LIVE saja? Saya msh bingung

  3. Nilai akuisisi $86 juta menurut saya cukup “murah” terhadap potensi perkembangan kedepannya. Bisakah nantinya Periscope paling tdk mengikuti YouTube nya Google bagi Twitter?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud