Anda Harus Mempertimbangkan 6 Hal Ini Sebelum Menerima Pekerjaan

tips menerima pekerjaan

Image dari Fastcompany.net

Memiliki pekerjaan yang layak dan bisa mengangkat ekonomi keluarga tentunya keinginan semua orang. Terlebih bagi seorang yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan sama sekali, mendapatkan pekerjaan seperti mendapatkan durian runtuh. Jika Anda adalah seorang yang tengah butuh pekerjaan dan saat ini diterima bekerja di suatu tempat, tentu perasaan girang akan menyelimuti Anda. Namun perlu Anda ketahui, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan menerima sebuah pekerjaan.

Anda perlu hati-hati dan jangan terburu-buru atas pekerjaan yang baru saja Anda terima. Jangan gegabah, Anda perlu mempertimbangkan semuanya secara matang dalam mengambil keputusan. Setidaknya perhatikan enam poin di bawah ini sebelum Anda berkata “ya” pada pekerjaan baru Anda.

1. Bidang Pekerjaan yang Akan Anda Kerjakan

Ini menjadi hal yang penting untuk Anda pertimbangkan ketika akan menerima sebuah pekerjaan. Sebaiknya Anda tidak menerima pekerjaan yang tidak Anda sukai, atau Anda tidak mampu mengerjakannya.

Seberapapun besar gaji yang ditawarkan, jika Anda tidak menyukai dan apalagi tidak memiliki kompeten di sana, maka semuanya akan menyulitkan Anda sendiri ke depannya. Jadi, sebaiknya teliti dulu sebelum Anda menerima pekerjaan baru Anda, sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda atau tidak.

Artikel lain: Cara Sederhana Ini Bisa Membuat Pekerjaan Di Kantor Terasa Lebih Menyenangkan




2. Pertimbangkan Gaji, Apakah Gaji Sudah Sesuai Atau Belum

Bagaimanapun juga faktor gaji adalah faktor utama bagi seseorang dalam mempertimbangkan untuk menerima sebuah pekerjaan. Jika gaji yang diberikan tidak sesuai dengan beban kerja yang diberikan, maka tentu saja Anda harus menolaknya.

Umumnya, semakin tinggi gaji yang ditawarkan pasti kan dibarengi dengan beban dan tanggung jawab yang lebih besar pula. Tidak masalah jika Anda merasa mampu melaksanakan tugas tersebut. Namun lebih baik jika Anda menegosiasikan dulu gaji yang akan Anda terima dengan pihak perusahaan sebelum memutuskan menerima sebuah pekerjaan. Setelah kesepakatan antara Anda dan perusahaan tercapai, maka tanda tangan kontrak bisa Anda lakukan.

3. Fasilitas Dan Tunjangan yang Bakal Anda Dapatkan

Anda perlu mengetahui juga fasilitas dan tunjangan yang akan Anda dapatkan ketika bekerja di suatu tempat. Jangan terpaku hanya pada gaji saja, karena tunjangan dan fasilitas juga sangat diperlukan untuk mendukung kerja Anda agar maksimal.

Tunjangan seperti asuransi kesehatan, asuransi keselamatan dalam bekerja, reward, bonus atau #promosi bisa menjadi nilai tambah untuk menerima sebuah pekerjaan. Jika ada perusahaan yang menawari Anda pekerjaan dengan fasilitas yang lebih baik, maka sebaiknya Anda menerimanya.

4. Suasana Kerja di Kantor

Pertimbangan selanjutnya adalah suasana kerja di kantor, apakah suasana kerja di sana sudah nyaman atau justru sebaliknya. Bagaimana hubungan kerja antara sesama karyawan atau karyawan dengan atasan, ini perlu juga Anda pelajari.




Karena kondisi kantor yang nyaman dan bersahabat tentu akan mendukung produktivitas Anda dalam bekerja. Selain itu, kondisi yang tidak kaku dan cair lebih membuat Anda tidak mudah stres dan semakin meningkatkan daya kreasi pikiran Anda. Sehingga tentu saja ini baik untuk perkembangan dan potensi otak Anda untuk berinovasi.

5. Lokasi Calon Tempat Kerja Baru Anda

Ini juga sangat penting untuk Anda pertimbangkan, lokasi calon tempat kerja Anda apakah sudah terjangkau dan dekat dengan tempat tinggal Anda atau justru jauh. Jarak tempuh dari kediaman ke tempat kerja Anda sebaiknya bisa ditempuh dengan waktu yang tidak lama.

Hal tersebut penting karena waktu yang lama pasti akan menguras tenaga Anda sebelum Anda bekerja, selain itu juga akan menguras bensin Anda. Letak tempat kerja yang strategis akan memudahkan mobilisasai Anda, dan sudah barang tentu akan meningkatkan etos kerja Anda.

Baca juga: Ingin Menyeimbangkan Pendidikan dan Pekerjaan? Lakukanlah Hal Ini!

6. Jenjang Ke Depan Juga Harus Menjadi Pertimbangan

Selain memikirkan beberapa poin di atas, Anda juga harus memperhatikan jenjang karir Anda ke depan. Apakah kantor tempat Anda bekerja bisa memberikan karir yang menarik, atau justru hanya akan membuat karir Anda berjalan di tempat.

Jika hanya berhenti di tempat tanpa ada peningkatan dalam karir, tentu ini sangat buruk bagi Anda. Selain akan membuat Anda cepat bosan, tak adanya jenjang karir sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan Anda ke depannya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud