Alva Jonathan ~ Pemuda Indonesia Menangkan Kejuaraan Overclock Komputer Tingkat Dunia

Alva Jonathan ~ Pemuda Indonesia Menangkan Kejuaraan Overclock Komputer Tingkat Dunia

Alva Jonathan
Image dari Detik.com

Di penghujung tahun 2015 ini, ada kabar menggembirakan datang dari pemuda Indonesia yang berhasil mendapatkan prestasi bergengsi di tingkat dunia. Sebuah kejuaraan dunia live overclock Kingston H.O.T yang diselenggarakan oleh Kingston di Fountain Valley, California, Amerika Serikat beberapa hari yang lalu rampung digelar.

Indonesia sendiri, yang diwakili oleh pemuda bernama Alva Jonathan, berhasil memenangkan kejuaraan tersebut dengan berhasil meraih juara pertama.

Alva Jonathan Mampu Mengalahkan Peserta Dari Negara Lain

Memang sedikit agak asing bagi beberapa orang mengenai aktivitas overclocking ini. Overclocking adalah aktivitas memacu kinerja komponen PC sampai batas tertinggi dengan tujuan tentunya muntuk meningkatkan kemampuan sebuah PC. Nah, beberapa hari yang lalu, baru saja digelar kejuaraan overclocking tingkat dunia yang berada di Amerika.

Kejuaraan overclocking di Amerika ini diikuti oleh beberapa negara di dunia. Pada sesi final sendiri diikuti oleh sembilan negara diantaranya, Amerika Serikat, Brazil, Argentina, Polandia, Italia, Afrika Selatan dan tentunya Indonesia.

Kejuaraan Dunia Overclocking HyperX OC Takeover ini diselenggarakan oleh produsen memori Kingstone. Dalam kejuaraan ini, sebelum sampai ke babak final, peserta harus melalui babak penyisihan yang dilakukan secara online. Dari sekian banyak peserta yang ikut serta, hanya overclocker terbaik regional yang bisa lolos dan masuk babak final.

Artikel lain: Arbi Pramana ~ Sang Jawara Kompitisi Hingga Sukses Kembangkan Startup Desain Teknologi

Untuk babak final, diselenggarakan di Fountain Valley, California, Amerika Serikat pada tanggal 16 dan 17 Desember 2015 lalu.Di babak final sendiri, Indonesia mampu mengirimkan 2 peserta yang tentunya sebelumnya berhasil mengalahkan seluruh peserta dari Asia. Dan, sangat membanggakan, ternyata tak cuma peserta dari Asia saja yang mampu dikalahkan oleh Alva Jonathan, bahkan peserta dari beberapa negara di dunia pun juga mampu disisihkan di final.

Sejak SMP Alva Jonathan Hobi Overclocking PC

Alva Jonathan atau dikenal juga dengan nickname Lucky_n00b adalah seorang pemuda asal Jakarta. Kalau pada umumnya pria memiliki hobi sepeti sepakbola, basket, naik gunung, ataupun hobi otomotif, namun sedikit berbeda dengan Alva.

Ia memiliki hobi yang masih jarang digeluti oleh anak muda Indonesia, ia memiliki hobi overclocking atau memacu kemampuan komponen PC sampai batas maksimal. Pemuda kelahiran 2 Januari 1986 ini mengaku memulai debut di dunia overclocking sekitar awal tahun 2000an. Saat itu ia masih pada usia SMP.

Berkat keseriusan dan kegigihan Alva dalam mempelajari seluk beluk overclocking sejak SMP, membuatnya menjadi seorang overclocker profesional terbaik di Indonesia. Bahkan bukan hanya di Indonesia, kini ia pun dianggap sebagai ocerclocker yang disegani di dunia. Tak salah memang, dengan deretan penghargaan tingkat dunia yang berhasil diraihnya, namanya semakin berkibar di kancah pverclocking tingkat dunia. Bagi Alva, aktivitas overclocking lebih dari sekedar hobi, ia menganalogikan aktivitasnya mirip seperti atlet olahraga.

“Seorang overclocker itu mirip dengan atlet e-sports yang sering disponsori vendor. Bedanya, kalau mereka dibayar untuk menggunakan barangnya, saya dibayar untuk menguji barangnya,” begitu terang Alva.

Baca juga: Monica Harjono ~ Arek Suroboyo yang Sukses Berkarir di Markas Microsoft

Alva Jonathan Aktif Mendorong Lahirnya Overclocker Baru Indonesia

Tidak hanya aktif dalam berbagai ajang overclock dunia, namun tak lupa dengan Indonesia, Alva saat ini juga aktif dalam mendorong lahirnya overclocker handal Indonesia. Yang sering Alva lakukan adalah dengan mengadakan berbagai seminar dan mengenalkan overclock kepada masyarakat, terutama para pemuda. Selain itu, Ia juga sering mengadakan berbagai lomba overclock nasional tingkat pemula yang sejauh ini dinilai sudah mampu memperkenalkan overclock kepada para pemuda sejak tahun 2012 lalu.

Alva Jonathan sendiri juga sering menjadi juri dalam sebuah ajang overclock tingkat nasional. Perkembangan overclock di Indonesia sendiri terbilang sangat pesat, meski masih belum begitu besar peminatnya. Dalam rentang empat tahun terakhir, lahir ratusan overclocker baru di Indonesia.

Perkembangan ini nampaknya tidak bisa dipisahkan dengan adanya gelaran rutin tahunan kejuaraan overclock pemula tingkat nasional AOCT (Amateur Overclocking Tournament) di mana Alva aktif juga di dalamnya. Ke depan Alva berharap akan semakin banyak overclocker yang bermunculan dan bisa berbicara banyak di jagat overclock dunia.

1 KOMENTAR

  1. Sebagai warga RI tentu saja bangga dengan adanya kabar gembira ini. Selamat Mas Alva atas keberhasilannya dikejuaraan OC dunia. Mitra Google Blog

Tinggalkan Balasan