Akibat Update Algoritma App Store, Rating Aplikasi iOS Sempat Semrawut

Image dari Idownloadblog.com

Image dari Idownloadblog.com

Kata apa yang terbesit di benak kita ketika mendengar kata “perusahaan Apple”?

Tentu saja kita langsung mengingat ragam produk #Apple yang eksklusif dan selalu dikembangkan dengan teknologi tinggi. Rasanya hampir tidak ada kekeliruan yang dilakukan oleh Apple ketika mengembangkan produk, baik perangkat keras maupun perangkat lunak seperti sistem operasi dan aplikasi.

Tetapi ternyata sepandai-pandainya Apple mengelola produk di bidang teknologi, ada saja kendala yang dihadapi Apple selama menjalankan proses bisnis tersebut. Termasuk kendala teknis saat melakukan perbaikan algoritma App Store yang berdampak pada sejumlah #aplikasi di dalamnya.

Berawal dari Upaya Perbaikan Algoritma

Selama ini ada anggapan bahwa algoritma di App Store terkesan kurang adil. Aplikasi favorit yang banyak diunduh biasanya selalu berada di urutan teratas sehingga popularitasnya semakin meningkat. Sedangkan aplikasi pendatang baru atau aplikasi yang jarang diunduh malah makin terabaikan karena posisinya berada di bagian bawah aplikasi favorit.

Hal ini membuat Apple jadi tergugah untuk memperbaiki sistem algoritma App Store agar setiap aplikasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dilihat dan diunggah oleh para pengguna App Store. Visibilitas yang sama rata pada aplikasi di App Store membuat para developer aplikasi jadi memiliki peluang untuk menambah pendapatan dari karya aplikasi mereka.




Artikel lain: Proactive Assistant ~ Asisten Virtual Terbaru Milik Apple

Meskipun tidak ada yang tahu pasti bagaimana Apple menetapkan sistem algoritma untuk App Store, namun Apple tetap berfokus pada tujuan untuk memperbaiki pelayanannya kepada semua developer aplikasi yang terlibat di App Store.

Kekeliruan Mulai Terjadi Sejak 17 Juli

Sejak melakukan perbaikan pada sistem algoritma App Store, sedikit kekacauan mulai terjadi di App Store pada tanggal 17 Juli. Aplikasi #Facebook for iPad yang sebelumnya menempati urutan ke-2 untuk kategori media sosial dan urutan ke-7 untuk keseluruhan aplikasi malah mengalami turun peringkat ke angka 4 dan 24. Penurunan ini juga terus terjadi hingga tanggal 20 Juli sampai di angka 38 dan 858. Untungnya keadaan ini tidak berlangsung lama sejak pada pertengahan minggu peringkat Facebook kembali naik ke posisi 2 dan 9.

Tidak semua developer aplikasi menganggap hal tersebut sebagai sebuah perbaikan yang pesat dari pihak Apple. Melihat sejumlah rating aplikasi yang turun drastis kemudian kembali meningkat beberapa hari sesudahnya menjad indikasi kalau hal tersebut hanya terjadi karena kekeliruan Apple.

Sebab untuk melihat popularitas suatu aplikasi, kita juga harus melakukan penelitian mengenai popularitas aplikasi untuk penggunaan kata kunci tertentu. Sehingga saat ini pihak Apple pun masih memastikan sistem algoritma terbaik demi mewujudkan App Store yang lebih adil bagi para developer.




Rating App Store iPad Terkena Dampak Besar

Menurut pengamatan yang dilakukan oleh sejumlah developer aplikasi, rating App Store pada iPad mendapatkan dampak paling besar daripada rating di perangkat Apple lainnya. Beberapa developer juga sempat melihat bahwa aplikasi mereka naik hingga ke posisi lebih tinggi 200 kali dari posisi sebelumnya sebelum akhirnya stabil di posisi lebih tinggi 50 kali dari posisi sebelum algoritma App Store dibenahi.

Salah satu developer aplikasi menyatakan bahwa ia sudah sukses meraih perhatian pengguna App Store sejak melakukan promosi. Namun hal tersebut tidak bertahan lama setelah perbaikan algoritma App Store. Karena perbaikan tersebut malah membuat posisi aplikasinya terlempar jauh dari posisi awal.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa iPhone Masih Menjadi Pilihan Dari Smartphone Lain

Kesenjangan yang terjadi antar para pengembang aplikasi ini diperkirakan terjadi karena sistem algoritma App Store hanya berfokus pada aplikasi yang menggunakan sistem promosi tertentu. Hal ini diduga menyebabkan aplikasi yang menggunakan sistem promosi lain malah dengan mudah terlempar ke posisi terbawah.

Harus ada langkah signifikan yang digunakan oleh Apple untuk melakukan perbaikan App Store. Jangan sampai sistem algoritma App Store hanya menguntungkan salah satu pihak dan membuat pihak developer lainnya jadi merugi.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud