AJBombers, Restoran Burger Kecil yang Sukses Memanfaatkan Media Sosial

AJBombers, Restoran Burger Kecil yang Sukses Memanfaatkan Media Sosial

AJBombersDi zaman yang serba modern ini, tentu tak lengkap rasanya bila pebisnis tak memanfaatkan #media sosial  sebagai salah satu media promosi dan bisnis berbasis teknologi. Bermacam-macam bisnis, mulai dari yang menjajakan produk atau layanan jasa berlomba-lomba untuk mencapai kesuksesan dengan memanfaatkan tersedianya beragam jenis media sosial.

Celakanya, banyak sekali pebisnis kuliner yang agak “gaptek” (gagap teknologi) dan tak pandai memanfaatkan media sosial untuk mendukung kemajuan bisnisnya. Bila anda adalah salah satu pebisnis kuliner, anda mungkin patut belajar dari salah satu restoran burger kecil yang berbasis di wilayah Milwaukee, Amerika Serikat. Restoran yang bernama AJBombers tersebut didirikan oleh Joe Sorge dengan memanfaatkan berbagai inovasi modern melalui bantuan media sosial.

Inovasi apa saja yang dilakukan AJBombers  dalam memanfaatkan media sosial secara cuma-cuma?

Twittfitti Saat Baru Memasuki Restoran

Saat anda mencoba merasakan sensasi serba media sosial ala AJBombers, anda akan masuk ke restoran dan diminta untuk menuliskan akun #Twitter Anda pada sebuah whiteboard yang diberi nama Twittfitti. Tim AJBombers akan segera mem-follow akun Twitter anda dan akan segera menyuguhkan cemilan kacang melalui tembakan bazooka. Wow, keren ya!

Artikel lain: Waroeng Steak and Shake: Bisnis Steak Murah dan Berkualitas

Twitscreen yang Update

Restoran yang diprakarsai oleh Joe Sorge ini memiliki layar berukuran 40inch yang dikenal dengan sebutan Twitscreen. Twitscreen di desain untuk menampilkan latest tweet dan retweet yang dilakukan oleh akun AJBombers. Inovasi ini tentu membuat para pelanggan AJBombers merasa lebih dekat satu sama lain bahkan bisa langsung mem-follow pelanggan lain yang berada di meja seberang.

Bartender yang Melek Media Sosial

AJBombers ternyata tak sembarangan mempekerjakan para pegawainya. Bahkan bartendernya pun diisi oleh lulusan jurusan Public Relation. Karyawan yang dipekerjakan di AJBombers dapat berinteraksi secara komunikatif dengan orang-orang sekitar secara lisan maupun melalui notifikasi tweetup dari akun twitter AJBombers.

Pesaing Bukan Berarti Musuh

Pebisnis cerdas tak akan menganggap pesiangnya sebagai musuh. AJBombers ternyata sangat menyadari prinsip ini, dan malah mengajak salah satu kompetitornya yakni Sobelman’s Burger untuk bekerjasama mengundang acara Travel Channel ke wilayah Milwaukee.

Acara yang populer tersebut kemudian diminta untuk membandingkan dua menu andalan dari AJBombers dan Sobelman’s Burger dengan cara menyajikannya pada orang-orang yang matanya sudah ditutup. Ternyata pesaing bukanlah musuh, melainkan bentuk lain dari “partner” yang memotivasi bisnis kita untuk tetap maju.

Media sosial Sebagai Wadah Aspirasi Pelanggan

AJBombers sangat menjunjung tinggi kenyamanan pelanggannya, dan lewat media sosial lah AJBombers berusaha untuk melibatkan pelanggan untuk menentukan jam buka resotran yang efektif, berkontribusi dalam memberikan nama bagi menu-menu baru atau menentukan menu spesial apa yang cocok dijadikan primadona di malam-malam tertentu. Tak hanya itu saja, restoran unik yang satu ini juga mengajak para followers nya untuk memberi saran mengenai menu dan desain interior café.

Membuat Event-Event Bermanfaat

Untuk mempererat hubungan dengan para pelanggan, AJBombers juga kerap kali mengadakan event-event yang seru dan bermanfaat. Bahkan pada 3 tahun pertama sejak berdiri, AJBombers tercatat telah lebih dari 50 kali mengadakan event yang berhubungan dengan solidaritas terhadap penderita leukimia, acara animal rescue hingga victory garden inisiatives.

Semua inovasi yang dilakukan oleh Joe Sorge tersebut dapat membawa kesuksesan bagi AJBombers meskipun dilakukan dengan budget pemasaran yang tidak terlalu besar. Joe merasa bahwa investasi waktu serta ide kreatif jauh lebih penting daripada menginvestasikan banyak uang pada restoran burger miliknya tersebut.

Penggunaan media sosial bukan hanya digunakan untuk meningkatkan pendapatan dan mempercepat ROI (Return On Investment). Lebih dari itu, media sosial telah menjadi jiwa tersendiri bagi AJBombers, suatu bentuk kesatuan untuk mewujudkan sebuah restoran canggih yang didasarkan pada konsep media sosial.Media sosial juga telah mempererat hubungan dan komunitas para pelanggan AJBombers.

Baca juga: Belajar Konsep 3C – Sukses Berbisnis via Sosial Media

Jadi, alangkah baiknya bila sebagai pebisnis kita meluangkan waktu untuk mengetahui keinginan dan ekspektasi dari para pelanggan. Sebagai pebisnis pemula, kita mungkin tak punya banyak uang, tapi kita punya banyak waktu untuk mengelola bisnis secara serius.

3 KOMENTAR

  1. MBA Bali Tour & Travel

    Patut dicoba. Kreatif pandai melihat situasi dan perkembangan yang lagi trend.

  2. Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog

    Oiya, banyak juga yang sudah bisa sukses berbisnis melalui media online misalnya twitter. hal ini bisa kita jadikan sebagai motivasi.

  3. Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog

    Sekarang media sosial memang sudah cukup ampuh untuk memasarkan bisnis karena penggunanya yang semakin menjamur.

Tinggalkan Balasan