Afra Kids ~ Bisnis Kaus Anak yang Sukses dengan Membawa Misi Dakwah

Afra Kids ~ Bisnis Kaus Anak yang Sukses dengan Membawa Misi Dakwah

Image dari gantikaos.com
Image dari gantikaos.com

Pernahkah Anda melihat kaus dengan animasi lucu yang disematkan dengan sebuah pesan Islami? Jika Anda pernah melihatnya kemungkinan besar Anda saat itu sedang melihat brand Afra Kids. Afra Kids memang brand kaus yang khusus menyasar anak-anak dengan dengan membawa misi dakwah yaitu memberikan inspirasi dan pesan agamis kepada keluarga muslim di Indonesia.

Kenapa harus dengan kaus? Menurut pendirinya yaitu Muhammad Maula Alhaq bersama lima rekannya dengan kaus, anak belajar dari apa yang mereka kenakan dengan melihat dan mendengar hingga dibawa sampai dewasa. Lalu bagiamana perjalanan bisnis pakaian beragam corak dan warna yang kini telah memiliki 600 agen dan menjual ribuan potong kaus per bulan hingga ke Malaysia dan Singapura ini? Berikut ulasannya.

Latar Belakang Bisnis Afra Kids

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa bisnis kaus Afra Kids ini didirikan oleh Maula bersama lima temannya. Perkongsian keenam anak muda ini ternyata memiliki satu misi yang sama yaitu dakwah. Karena mereka semuanya memiliki latar belakang dari dunia kreatif maka mereka sepakat untuk untuk menerjuni bisnis ritel pakaian. Selain berlatar belakang yang sama dari dunia kreatif, mereka berenam juga berlatar belakang aktivis muslim.

Kelahiran Afra Kids ini sendiri terbilang unik. Dimulai dari pertemuan para foundernya di sebuah kamar hotel di Yogyakarta dalam sebuah acara digital marketing, akhirnya mereka sepakat membesut Afra Kids dengan modal sekitar Rp 30 juta untuk tes pasar setelah 7 bulan sejak pertemuan di hotel tersebut.

Artikel lain: Saqina.com ~ Belanja Online Busana Muslim dan Kebutuhan Ibadah Jadi Lebih Mudah

Akhirnya pada tahun 2013, mereka sepakat untuk memulai bisnis. Awalnya memang label yang diberikan bernama Little Muslim, namun melalui tes pasar dan evaluasi mereka  kemudian mengubah namanya dengan Afra Kids.

Karakter Kaus Afra Kids

Saat ini showroom Afra Kids yang berada di kawasan Jakarta Selatan, menyediakan beberapa varian model kaus anak laki-laki ataupun perempuan dengan ukuran mulai dari paling kecil sampai XL. Tema full colour menjadikan produk Afra Kids cocok dengan karakter anak-anak yang ceria.

Kaus yang dibanderol mulai Rp 55 ribu hingga Rp 95 ribu ini menurut Maula, memiliki proses kreatif yang panjang tetapi dengan harga terjangkau. Afra Kids sendiri mempunyai empat produk yaitu kaus anak, tas anak, tumbler anak dan tempat makan anak.

Kemitraan Bisnis Afra Kids

Setelah beberapa tahun memasarkan produk dan mendapat respon positif, Afra Kids kini telah membuka peluang #bisnis kemitraan. Kemitraan yang dibuka Afra Kids sendiri terdiri dari tiga paket kemitraan yaitu Naima seharga Rp 3,60 juta; Royyan Rp 7,55 juta; dan Firdaus Rp 12,60 juta. Dengan harga itu, mitra sudah mendapatkan paket yang termasuk pelatihan, kartu nama, produk dan katalog.

Untuk yang berminat sebagai mitra, Anda hanya  cukup mendaftar di web agenafrakids.com. jangan lupakan juga bahwa dengan menjadi mitra Afra Kids, Anda bisa berkesempatan mendapatkan hadiah seperti paket umrah dan jalan-jalan ke luar negeri. Kini Afra Kids sendiri telah memiliki 600-an agen di seluruh Indonesia dan beberapa negara seperti Malaysia dan Singapura.

Tantangan dan Pengembangan Bisnis

Menurut Maula tantangan terbesar dalam menjalankan Afra Kids adalah ketika bisnis mau scale up, harus ada perubahan besar di sana-sini. Maka dari itu tim Afra Kids masih belajar untuk memperluas wadah dalam pengembangan dan mengintegrasikan setiap divisi. Untungnya pengalaman dari para founder Afra Kids telah teruji di bisnis sebelumnya. Jadi dari pengalaman inilah yang membuat Afra Kids mampu mengatasi tantangan yang ada.

Dalam mengembangkan Afra Kids Maula dan kelima rekannya melakukan strategi dengan menebar kebaikan di mana pun, termasuk menambah cabang. Dengan strategi menanam kebaikan itulah mereka mengampanyekan nilai dan mengajak bergabung dalam gerakan mereka.

Baca juga: Tati Hartati ~ Perintis Brand Busana Muslim Dannis Collection

Untuk perluasan pasar, mereka akan melakukan riset dan pemetaan terlebih dahulu daerah mana saja yang penjualannya besar, kecil, dan yang belum tersentuh sama sekali. Setelah itu, mereka akan boosting #promosi di daerah-daerah itu dengan skala prioritas bergantung pada sasaran saat itu.

Untuk harapan kedepan, selain hendak mengembangkan produk, Afra Kids juga berharap bisa memperkuat tim internal, menyejahterakan agen dan meluaskan manfaat dengan hal konkret seperti membangun Desa Quran di wilayah Bogor. Target jangka panjangnya sendiri adalah membangun ekosistem di mana sebuah bisnis bisa berdampak pada sisi sosial dan spiritual.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan