Add a Link ~ Fitur Mesin Pencarian Berkonsep Unik Dari Facebook

add a link

Persaingan digital antara dua perusahaan raksasa Facebook dan Google sepertinya bakal semakin sengit. Pasalnya, Facebook dan Google sendiri terus berupaya dengan berbagai cara untuk mengejar ketertinggalannya disisi yang masih menjadi kekurangannya. Setelah kemarin Google Plus merilis berbagai fitur untuk meningkatkan jumlah penggunanya, kini giliran Facebook yang tengah menggodok mesin pencari atau #search engine internal yang hanya bisa diakses pemilik akun Facebook yang diberi nama Add a Link.

Tentu langkah yang ditempuh #Facebook ini tidak serta merta tanpa sebab, dalam dunia bisnis, upaya tersebut jelas merupakan sebuah strategi untuk bisa menyaingi kompetitor agar mampu merajai pangsa pasar yang ada. Lalu seperti apakah fitur yang masih hanya bisa diakses oleh penggunaya di Amerika ini? Berikut ulasannya.

Upaya Menjauhkan Pengguna Dari Google

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa perintisan mesin pencarian Add a Link milik Facebook ini merupakan sebagian rencana Facebook untuk bisa menyaingi #Google. Dengan mesin pencarian Facebook ini pengguna di ekosistem mereka bisa melakukan penulusuran tanpa harus melakukan ‘copy’ dan ‘paste’ tautan dari Google.



Mesin pencarian Add a Link Facebook ini juga menghadirkan cara baru dalam sistem dan teknik penelusuran yaitu pengguna bisa mencari sesuatu tanpa mengunjungi laman yang bersangkutan. Dengan hal ini, Facebook memang benar-benar ingin bahwa penggunanya bisa menjauhi Google.

Untuk mengupayakan penggunanya jauh dari Google, Facebook diketahui telah membuat index untuk lebih dari 1 juta post dalam ekosistem Facebook. Postingan tersebut sendiri kabarnya merupakan data yang tidak dapat diakses oleh Google.

Ini tentu merupakan hal yang serius dan tidak main-main yang dilakukan Facebook untuk bisa menjauhkan penggunanya dari Google. Bahkan dalam halaman TIME, dikatakan bahwa “Facebook punya cara baru untuk menjauhkan Anda dari Google.

Artikel lain: Facebook Luncurkan Fitur Pengepul Berita “Instant Article”, Apa Sasarannya?

Bukan Fitur Pencarian Murni

Mesin pencarian Add a Link yang sedang diuji coba ini diketahui ternyata adalah sebuah fitur aplikasi. Ini artinya search engine ini bukanlah murni fitur pencarian tapi lebih merupakan fitur untuk menambahkan tautan kestatus. Sejumlah penggunanya sendiri telah membuktikan teknik fitur aplikasi Add a Link dengan cara menyalin dan tempel tautan ke status atau menginput kata kuncinya.

Nantinya kata kunci yang diketik pengguna akan menghasilkan sejumlah tautan sesuai dengan keyword yang telah dimasukkan. Jika memang telah sesuai dengan kata kunci yang dicari pengguna, maka tautan tersebut bisa langsung ditampilkan pada status untuk kemudian di-publish.

Sebelum Facebook mengujicoba fitur mesin pencarinya, #Apple sendiri diketahui telah terlebih dahulu merancang mesin pencarinya yang dinamakan Applebot. Dari mesin pencari Apple yang diklaim mirip layaknya Google Search inilah kemudian Facebook ikut menjalankan proyek uji coba search engine-nya meski hanya masih berjalan pada aplikasi mobile.

Ada juga yang menyatakan bahwa uji coba fitur pencarian Facebook ini adalah rentetan kisah dibalik akuisisi Facebook terhadap mesin pencari The Find.

Sistem Kerja Fitur Add a Link

Fitur mesin pencari Facebook Add a Link ini akan terlihat di dekat tombol tambah foto, lokasi dan feelings pada aplikasi Facebook. Untuk memaksimalkan pencarian pengguna, Facebook dikabarkan telah melakukan indeks pada satu tiliun lebih postingan untuk me-match-kan kata kunci dengan tautan yang diinginkan.

Link postingan yang diindeks Facebook ini sendiri berasal dari tautan yang di-publish pengguna sebelumnya. Ini artinya, jika ada pengguna yang sebelumnya pernah share link ke Facebook dan kebetulan cocok dengan kata kunci pencarian, maka fitur pencari Facebook bisa dengan otomatis menemukannya. Konon katanya raksasa jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg itu memprioritaskan artikel-artikel segar yang mudah ditemukan pengguna pada fitur mesin pencarinya.

Baca juga: People You May Know, Fitur Terbaru Facebook Untuk Tambahkan Teman Dari Instagram

Keuntungan Fitur Pencarian Add a Link

Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh pengguna dari fitur pencarian Add a Link ini adalah pengguna bisa menambahkan link terpilih yang kemudian dapat dicantumkan pada kolom status atau komentar dengan mudahnya. Keuntungannya lain yang didapatkan dari fitur aplikasi search engine Facebook adalah perusahaan bisa mendapat lebih banyak pendapatan dari iklan. Pasalnya, Facebook sendiri akan mendapat 100% dari iklan yang mereka jual di situs Facebook hosting.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud