9 Keuntungan Memaksimalkan Manajemen Keluhan Pelanggan

manajemen keluhan pelanggan

Dalam sebuah bisnis tak jarang para pebisnis akan berhadapan dengan pembeli atau pelanggan yang mengeluh, komplain hingga murka pada layanan atau produk yang diterima. Sebagai pebisnis tentu Anda memang diharuskan memiliki sikap yang professional dalam menghadapi keluhan-keluhan pembeli atau pelanggan.

Dan sebenarnya, jika Anda mau menghadapinya dengan bijak, maka jelas keluhan-keluhan ini akan menjadi keuntungan bagi perkembangan bisnis Anda. Ya, jika Anda sadari dan pahami, keluhan dari pembeli dan pelanggan ini sejatinya adalah “Buying signal” dari para pelanggan Anda.

Buying signal adalah kondisi dimana pelanggan sebenarnya sudah mulai tertarik atau suka pada produk atau layanan bisnis Anda. Hanya saja karena ada sedikit kekurangan yang ada, maka pelanggan ini kecewa dan akhirnya mengeluh.

Jika Anda sebagai pebisnis mampu menangkap peluang ini dengan sedikit bersabar dan melakukan perbaikan pada kekurangan produk atau layanan bisnis Anda, maka Anda akan segera mendapatkan dampak dan hasil yang positif pada pertumbuhan penjualan bisnis Anda. Lalu apa saja dampak positif dari manajemen keluhan yang baik dari keluhan pembeli atau pelanggan Anda? Berikut ulasannya.

1. Build Relationship

Dampak postif pertama yang akan muncul dari manajemen keluhan pelanggan yang baik adalah terciptanya hubungan yang semakin baik dengan para pelanggan Anda. Dan prospek atau peluang untuk mendapatkan pelanggan baru yang potensial akan semakin terbuka.




Artikel lain: Hindari 6 Kalimat Ini Demi Mempertahankan Kepuasan Pelanggan

2. Improve Corporate Image And Reputation

Jika Anda berhasil memanajemen keluhan pelanggan dengan baik maka perusahaan Anda akan dipandang baik oleh publik. Citra, nama baik dan reputasi perusahaan Anda pun akan semakin meningkat karena Anda mampu mempertahankan pelanggan atau membuat win-win solution bagi permasalahan pelanggan Anda.

3. Customer Experience 

Pengalaman adalah guru yang paling berharga, kata pepatah mengatakan. Kepuasan pelanggan sudah pasti harus mendapatkan prioritas utama bagi para pebisnis. Ya, dengan muncul keluhan dari pelanggan, seharusnya pebisnis menjadikan hal ini sebagai kesempatan besar untuk bisa memuaskan konsumen.

Dengan Anda mampu mencarikan solusi yang memuaskan konsumen, itu artinya Anda telah menciptakan  costomer ecxperience yang baik dan positif.

4. Reduce Customer Complaint

Secara rasional semakin banyak pelanggan yang puas dan memiliki pengalaman yang baik, maka otomatis menurunkan jumlah pelanggan yang menyampaikan keluhan. Hal ini praktis merupakan keuntungan bagi bisnis yang kita kembangkan.




5. Customer Works For You

Apa yang Anda bayangkan jika para pelanggan Anda bekerja untuk Anda untuk meningkatkan penjualan? tentu ini bukan lagi kabar baik, tapi kabar istimewa dan luar biasa. Dalam tingkatan loyalitas pelanggan Anda telah mendapatkan seorang Advocate, yaitu pelanggan yang tidak hanya membeli secara rutin produk atau layanan Anda, namun ia juga ikut menjual dan merekomendasikan produk dan layanan Anda pada orang lain.

Tentu untuk mendapatkan seorang Advocate ini tidaklah mudah, namun jika Anda mampu memanajemen keluhan pelanggan dengan baik, bukan tidak mungkin pelanggan tersebut akan menjadi seorang advocate bagi perusahaan Anda.

6. Increase Revenue And Increase The Profit

Dengan semakin banyaknya pelanggan yang terpuaskan atas keluhan-keluhannya, maka kemungkinan Anda mendapatkan seorang advocate akan semakin terbuka lebar. Dengan semakin banyak advocate yang Anda miliki, maka akan semakin maka tinggi pula pendapatan dan keuntungan yang bisa Anda peroleh dari penjualan dari produk atau layanan bisnis Anda.

7. Growing Company

Penjualan yang semakin meningkat dari hasil keterlibatan para pelanggan Advocate ini tentu akan semakin menumbuhkan perusahaan Anda. Apalagi jika Anda mampu membuat jalinan (retensi) yang baik dengan para advocate ini secara berkelanjutan, maka bukan tidak mungkin perusahaan Anda akan semakin berkembang dengan signifikan. Semua hal ini bisa Anda peroleh jika Anda mau memanjemen dengan baik keluhan-keluhan yang datang dari konsumen dan para pelanggan Anda.

Baca juga: 5 Tips Untuk Menggaet Pelanggan Besar Pertama Anda

8. Winning The Competition 

Persaingan seketat apapun, jika Anda telah mampu membuat pelanggan yang mengeluh tadi menjadi advocate Anda, maka secara otomatis persaingan pun akan dengan mudah Anda menangkan.

9. Best Choice Employeer

Sebagai perusahaan yang memiliki citra baik di mata masyarakat, tentu akan sangat mudah buat Anda untuk kemudian mendapatkan para staff atau karyawan yang bertalenta dan berbakat untuk perusahaan Anda. Hal ini bisa Anda peroleh jika Anda mampu melakukan manajemen keluhan konsumen dan pelanggan dengan baik dan benar.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud