88Spares ~ Ecommerce Lokal Dengan Misi Mengembangkan Industri Tekstil Nasional

Image dari Republika.co.id

Sejak kemunculan beberapa startup digital besar di Indonesia, semakin memacu keinginan generasi kreatif lokal untuk menjajal peruntungan di bidang bisnis. Memanfaatkan teknologi serta fasilitas internet yang sudah semakin berkembang, bidang yang banyak dibidik adalah dengan menjalankan bisnis online atau #e-commerce.

Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh tim yang berisikan kombinasi entrepreneur muda Indonesia dan Jerman yang satu ini. Mereka adalah tim yang berada di balik perusahaan rintisan 88Spares. Mengambil celah di industri tekstil dan garmen nasional, 88Spares mengusung misi untuk memajukan industri tekstil lewat penyediaan produk tekstil dan garmen antar perusahaan.

Tidak hanya mengandalkan kemudahan pembelian, 88Spares juga menawarkan harga bersaing yang dipadukan dengan transparansi yang saling menguntungkan.

Gabungan Founder Indonesia Jerman

88Spares didirikan oleh beberapa entrepreneur yang berasal dari Indonesia dan Jerman yakni diantaranya Rosari Soendjoto, Chief Marketing Officer & Co-Founder; Hartmut Molzahn, CEO & Co-Founder; Uung Bhuwono, CTO & Co-Founder; dan Leo Grunstein, Co-Founder. Keempatnya mempunyai visi yang sama untuk mengembangkan e-commerce di bidang industri tekstil setelah melihat besarnya potensi bisnis tersebut.

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, 88Spares ingin menjadi wadah online bagi para penyedia serta mereka yang mencari peralatan dan bahan industri tekstil agar bisa terhubung lebih mudah. Jika dilihat dari sisi potensinya, industri tekstil memang menjadi salah satu industri yang paling penting di Indonesia.

Artikel lain: BelowCepek.com, Startup Ecommerce Fashion Berkonsep Fixed Price

“Pengguna bisa melakukan penghematan melalui 88Spares untuk menjual dan membeli aneka ragam kebutuhan produksi, seperti misalnya suku cadang mesin pertekstilan dengan mudah,” kata salah satu foundernya, Rosari Soendjoto.

Selain itu, bagi pihak yang menggarap industri ini secara online, pada kenyataannya belum terlalu banyak. Ini tentu mempunyai potensi tersendiri ketika tingkat persaingan belum terlalu tinggi.




Meningkatkan Kualitas Tekstil Nasional

Kembali berbicara tentang potensi industri tekstil di Indonesia, dari data yang dihimpun menunjukkan bawah indonesia sudah mampu menjadi salah satu negara penghasil produk tekstil dengan kualitas yang telah diakui. Hal ini terlihat dari fakta Sekitar 2% dari produk tekstil global berasal dari Indonesia.

Di Indonesia sendiri, industri tekstil & produk tekstil (ITPT) menyumbang kontribusi tak kurang dari 6,65 persen PDB Indonesia di tahun 2016. Angka tersebut diprediksi akan terus berkembang di tahun 2017 yakni sekitar 5,2 persen hingga 5,4 persen.

“Secara tradisional, tulang punggung pertumbuhan industri, industri tekstil, dan garmen lokal kemungkinan akan naik sebesar antara 1,6 persen dan 1,8 persen pada 2017, setelah kontraksi diperkirakan antara 0,4 persen dan 0,9 persen pada 2016,” paparnya.

Inilah potensi yang ini dimanfaatkan oleh 88Spares. #Startup tersebut sangat yakin bahwa adanya fasilitas online untuk penyediaan produk pendukung industri tekstil yang mudah dan murah bisa memberikan kontribusi nyata penggerak sektor strategis.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah, saat ini kualitas produk tekstil asal Indonesia memang sudah diakui. Namun bukan berarti, kualitas tersebut tidak bisa ditingkatkan kembali karena Indonesia belum jadi yang terdepan masih kalah bersaing dengan beberapa negara lain.

Untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut, dalam beberapa waktu ke depan 88Spares akan mengikuti pameran tekstil berskala internasional Indo Intertex-lnatex-lndotexprint 2017. Hal ini tentu ditujukan agar semakin banyak pengusaha serta perusahaan tekstil yang mengenal dan dapat memanfaatkan layanan dari 88Spares.

Baca juga: 7 Ecommerce yang Sukses Kembangkan Konsep Fashion Ramah Lingkungan

Kembali di sampaikan oleh salah satu pendiri 88Spares, perlu adanya pendekatan serta edukasi kepada para pelaku industri tersebut agar bisa memanfaatkan secara maksimal fasilitas seperti yang ditawarkan oleh 88Spares.

“Interaksi langsung dengan pemangku kepentingan industri, seperti semua asosiasi industri yang berkutat dalam bidang tekstil & garmen di Indonesia melalui Indo Intertex memberikan kemudahan untuk menciptakan produk terbaik,” pungkas Molzah.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud