8 Fakta ‘Tersembunyi’ di Balik Media Sosial Facebook Saat Ini

Fakta-Tersembunyi-di-Balik-Media-Sosial-Facebook

Sebagai media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, #Facebook ternyata banyak menyimpan beberapa fakta ‘tersembunyi’ yang menarik untuk ditelusuri. Pencapaian Facebook dengan meraih total pengguna aktif mencapai 1,5 miliar di seluruh dunia memang sangat mengagumkan. Bagaimana tidak, jejaring sosial milik Mark Zuckerberg yang didirikan 4 Februari 2004 tersebut telah mampu menghasilkan pendapatan dan laba yang mencapai miliaran dolar.

Namun tahukah Anda, di balik kejayaan Facebook saat ini ada beberapa fakta terselubung dan menarik dari media sosial ini? Berikut beberapa fakta terselubung yang selama ini belum diketahui banyak orang berdasarkan survei yang dilakukan oleh perusahaan pemasaran Amerika, Wishpond.

1. Facebook Masih Digemari Hingga Saat Ini

Meskipun termasuk media sosial yang telah lama muncul, namun ternyata Facebook masih banyak digemari oleh para netizen. Pengguna aktifnya malah tercatat mereka kelompok usia muda yaitu 87% pelajar SMA angkatan 2014. Diantara pengguna dari kalangan muda tersebut, 70% dari mereka juga berteman dengan orang tua mereka di Facebook.

2. Facebook Bukanlah Jejaring Sosial Yang Aman Bagi Para Gadis

Fakta berikutnya cukup mencengangkan terutama bagi mereka para gadis. Facebook yang dikenal sebagai media pertemanan yang paling populer di seluruh dunia, ternyata menjadi tempat yang kurang aman bagi para gadis muda. Dalam sebuah laporan tercatat ada 66% gadis-gadis remaja yang mengaku telah menerima bullying atau tindakan intimidasi di jejaring sosial yang berpusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat.

Artikel lain: 8 Perintis Facebook Serta Keberadaannya Saat ini

3. Banyak Orang Yang Telah Menikah Enggan Mempertontonkan Status Mereka Di Facebook

Tampilan status yang merupakan bagian dari identitas profil di Facebook memang tidak sepenuhnya dimanfaatkan oleh penggunanya, beberapa diantaranya malah berpura-pura dan berbohong. Status hubungan yang dimunculkan dikhawatirkan para penggunanya bisa menimbulkan banyak gosip dan pergunjingan diantara teman-temannya. Untuk status pernikahan sendiri dalam sebuah catatan statistik telah memunculkan fakta bahwa 28% pasangan yang telah menikah, enggan mempertontonkan status pernikahannya mereka di Facebook.




4. Banyak Pekerja Menggunakan Facebook Saat Jam Kerja

Sebagai #media sosial yang menyenangkan bahkan beberapa kasus menimbulkan efek ketagihan dan lupa waktu, Facebook memang banyak dilarang penggunannya saat bekerja. Di Amerika sendiri, banyak perusahaan yang mengeluarkan kebijakan ketat pada akses ke jejaring sosial Facebook selama bekerja. Bahkan, tercatat ada 19,4 persen pekerja di Amerika tidak dapat mengakses Facebook di tempat kerja.

Namun ternyata meski banyak pemilik bisnis yang tak menginginkan pekerjanya kehilangan waktu produktif dengan bermain Facebook, diwaktu yang sama tercatat hampir 30 persen orang Amerika justru menggunakan Facebook selama bekerja.

5. The Simpsons Adalah Program TV Dengan Penggemar Terbanyak Di Facebook

Fakta ‘terselubung’ berikutnya dari keberadaan Facebook sat ini adalah program TV The Simpsons yang menjadi program televisi dengan penggemar terbanyak di Facebook. Sampai saat ini tercatat lebih dari 69,6 juta pengguna Facebook menyukai fans page dari program televisi tersebut.

Angka ini telah mengalahkan beberapa program televisi lainnya seperti Mr. Bean dan Spongebob Squarepants. Program TV memang seringkali menjadi hal yang senang ditulis oleh para pengguna Facebook untuk melengkapi profil dan identitas mereka.

6. Shakira Adalah Musisi Paling Populer Di Facebook

Selain program TV, kolom musisi juga merupakan sesuatu yang sering diiisi oleh pengguna Facebook untuk melengkapi profil. Sampai saat ini musisi Shakira menduduki posisi teratas dalam pencatatan kategori fans musisi Facebook dengan lebih dari 100 juta fans. Angka ini mengalahkan Eminem dengan jumlah penggemar 91 juta dan Rihanna dengan jumlah penggemar mencapai 81 juta.




Baca juga: Kreavi, Media Sosial Untuk Para Pekerja Digital Kreatif Indonesia

7. Kanada Adalah Negara Dengan Pengguna Facebook Teraktif Di Dunia

Meski didirikan di Amerika Serikat, ternyata media sosial Facebook lebihb banyak digunakan dinegara lain. Hingga kini negara yang menduduki peringkat teratas dalam penggunaan Facebook teraktif di dunia adalah Kanada. Tercatat sekitar 157 juta pengguna tampak aktif mengakses Facebook setiap harinya di Kanada.

8. Benua Asia Memiliki Pengguna Aktif Harian Paling Banyak Di Dunia

Dalam kategori benua, maka benua Asia-lah yang menjadi terdepan dalam urusan penggunaan Facebook harian. Ini tentu cukup mengherankan karena beberapa negara di Asia melarang penduduknya menggunakan Facebok. Dengan angka 253 juta pengguna aktif harian di media sosial Facebook, Benua Asia telah mengalahkan benua-benua lainnya di dunia.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Facebook, oh, facebook.

  2. facebook kini tak senyaman dahulu saat masih baru-baru, banyak fakta yang negative dampak para pengguna yang kurang bertanggung jawab, dan kadang membuat terganggu, apalagi di bagian iklan dengan judul agak seronok.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud