8 Aturan Ini Bantu Sukseskan Bisnis Anda, Lakukan Sekarang!

Aturan-Ini-Bantu-Sukseskan-Bisnis

Memutuskan memulai sebuah bisnis adalah keputusan tepat untuk menjadi bos bagi diri sendiri dan tak bergantung pada orang lain. Meski demikian, keberanian ini dibarengi dengan tantangan cukup berat karena Anda harus pintar mencari celah dan kesempatan agar bisnis tetap jalan di tengah-tengah persaingan.

Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis seringkali membuat “pemain” baru stres karena belum memiliki banyak pengalaman menghadapi pasar. Eits, Anda tak perlu khawatir sebab ternyata ada beberapa rahasia yang bisa digunakan agar bisnis tetap dapat bersaing dan meraih kesuksesan.

Apa saja sih aturan bisnis yang bisa mendukung langkah menuju kesuksesan? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini:

1. Perhatikan Kesenangan

Richard Branson sebagai salah satu pebisnis kelas dunia memiliki satu aturan penting jika ingin memulai bisnis, yakni cinta. Jangan pernah memulai sebuah bisnis jika ranah yang diambil tidak disukai karena Anda bisa saja menyerah ketika menghadapi masalah.



Artikel lain: Mindset Yang Harus Dimiliki oleh Seorang Entrepreneur

2. Hire Outside The Box

Kara Goldin selaku pendiri sekaligus CEO Hint punya kiat khusus bagi Anda yang ingin mempekerjakan karyawan pada bisnis yang dirintis. Ia menyarankan pada setiap pebisnis baru agar lebih memilih mempekerjakan orang yang belum memiliki pengalaman ketimbang mereka yang sudah lama bermain dalam dunia tersebut.

“Mereka yang telah memiliki pengalaman biasanya memiliki mindset menumbuhkan brand, meraih pasar, dan menjual produk yang sama dengan pebisnis lain. Anda yang masih baru haruslah memiliki pemikiran dan cara yang berbeda – untuk melihat kesempatan yang belum dilihat pebisnis lain agar dapat bertahan di tengah persaingan”, ungkap Goldin seperti dilansir dari mashable.com.

3. Jangan Sungkan Melakukan Apapun

Anda yang ingin menghemat pengeluaran bisnis sebaiknya tidak pilih-pilih dalam berkerja. Jangan sungkan mengerjakan pekerjaan yang perlu diselesaikan, bahkan jika itu menyangkut urusan bersih-bersih kantor. Anda dapat melakukan estimasi karyawan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis sekaligus menghitung biaya pengeluaran.

4. Tune Out

Anda yang baru mulai sebuah bisnis biasanya akan merangkap beberapa posisi sekaligus – mulai dari CEO, COO, CFO, CMO, hingga kepala bagian HRD – yang pastinya sangat menyita waktu sehingga seringkali tetap bekerja meski di luar jam kantor. Merangkap pekerjaan memang hal yang tidak mudah, namun Anda tetap harus memiliki batas antara bisnis dan kehidupan personal. Luangkanlah waktu untuk mematikan ponsel dan beristirahat sejenak untuk menyegarkan pikiran. Dengan demikian, Anda akan menjadi seorang entrepreneur sekaligus pribadi yang lebih baik.

Tentu saja peraturan ini bisa diaplikasikan kepada seluruh karyawan dalam perusahaan. Buatlah aturan untuk tidak membawa beban kantor ke rumah agar karyawan dapat benar-benar beristirahat dan menenangkan pikiran sebelum kembali bekerja keesokan harinya.

Artikel lain: Saat Akan Memulai Bisnis, Karyawan Akan Dihadapkan Dgn Pilihan Ini

5. Be Transparent

Dane Atkinson selaku CEO SumAll mengatakan bahwa transparansi adalah hal yang sangat diperlukan untuk kesuksesan sebuah bisnis. Perusahaan yang Anda pimpin pasti akan lebih baik dan tidak ada yang merasa dirugikan jika dapat dipertanggungjawabkan dalam segala hal, mulai dari manajemen keuangan hingga sistem perekrutan karyawan.

6. Buatlah Evaluasi Perbulan

Evaluasi sangat diperlukan agar Anda dapat mengetahui kondisi terkini bisnis yang dirintis. Tak hanya itu, evaluasi juga diperlukan untuk mengetahui kekurangan perusahaan sekaligus mencari solusi atas hal itu. Lakukanlah kegiatan ini setiap bulan sehingga segala masalah yang muncul dapat segera ditangani.

7. Jangan Malu Mencari Pendapat Lain

Trina Chiasson selaku CEO dan cofounder dari Infoactive menyarankan agar setiap pebisnis tidak perlu malu bertanya jika memiliki kesulitan. Mintalah masukan kedua dari orang-orang kepercayaan agar Anda tahu kemana harus melangkah dan menenutukan masa depan perusahaan.

Baca juga: Jangan Biarkan Orang ‘Mencuri’ Mimpi Anda, To Be or Not To Be

8. Perhatikan Karyawan

Karyawan merupakan aset berharga bagi kelangsungan perusahaan karena tanpa kehadiran mereka bisnis Anda akan sedikit susah bertahan. Pastikan seluruh kebutuhan karyawan terpenuhi dan mereka merasa nyaman dalam lingkungan kerja sehingga dapat menunjukkan kinerja terbaik.

Menjalankan sebuah bisnis memang tidak mudah, namun beberapa tips tersebut bisa sedikit memuluskan jalan Anda meraih kesuksesan. Selain itu, kemauan yang kuat dan semangat pantang menyerah perlu dimiliki agar Anda bisa tetap bertahan di tengah gempuran persaingan. Selamat mencoba.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud