7 Tips Sukses Jalani Status Sebagai Karyawan Magang

Image dari Digitalistmag.com

Image dari Digitalistmag.com

Menjalani masa magang atau pelatihan kerja menjadi salah satu bagian yang mendebarkan bagi pelakunya. Hal ini disebabkan karena pada masa ini, mereka (para pelaku magang) menjalani hari-hari pertama kerja yang akan berkesan bagi dirinya.

Saya sendiri mengalami dan merasakan masa ini dengan perasaan yang demikian adanya. Menjalani masa magang memang merupakan hal yang penting, karena selain untuk mendapatkan nilai dari lembaga yang menaunginya, masa magang juga bisa menjadi langkah awal mereka untuk bisa bergabung dengan perusahaan tempat mereka magang.

Maka dari itu dibutuhkan beberapa tips untuk mewujudkan masa magang menjadi sukses. Untuk Anda yang sedang menjalankan masa magang, berikut beberapa tips untuk Anda agar sukses menjalani status sebagai karyawan magang.

1. Memberikan Kesan Pertama yang Baik

Tips pertama sukses magang adalah membuat kesan pertama yang baik pada perusahaan dan orang-orang yang ada di lingkungannya. Kesan pertama memang selalu menggoda, seperti promo sebuah iklan mengatakan.

Maka dari itu, hari pertama magang usahakan minimal jangan sampai membuat kesan yang buruk, dan jika mampu ciptakanlah kesan yang baik. Dengan kesan yang baik, Anda akan selalu dikenang dan bukan tidak mungkin akan dipanggil untuk menjadi karyawan tetap pasca masa magang.

Artikel lain: 7 Perusahaan IT yang Berikan Gaji Tinggi untuk Pegawai Magang

2. Berpenampilanlah Dengan Pantas

Meskipun Anda magang di tempat yang mayoritas memiliki tradisi penampilan yang tidak rapi, bukan menjadi alasan Anda ikut mengikutinya. Anda harus tetap menjaga diri Anda untuk tetap berpakaian rapi dan pantas. Dengan berpakaian yang pantas dan rapi, Anda akan menciptakan kesan yang baik kepada atasan dan perusahaan, bahwa Anda serius dan tidak main-main untuk berkerja.

3. Jangan Takut untuk Bertanya dan Mengutarakan Pendapat

Karyawan magang yang merupakan karyawan baru yang mencari pengalaman kerja memang seringkali terbentur oleh hal-hal di luar kebiasaannya. Hal ini kemudian menyebabkan banyak karyawan magang menjadi ragu untuk melakukan sesuatu atau bahkan sekedar bertanya atau mengutarakan pendapat.

Jika Anda saat ini sedang menjalankan magang, maka seharusnya Anda harus bisa sedikit lebih luwes meski perusahaan magang Anda adalah merupakan tempat baru bagi Anda. Jangan ragu untuk bertanya dan berpendapat jika memang dirasa itu cukup penting. Dengan bertanya hal-hal yang penting, Anda akan terhindar dari kesalahan yang tidak perlu dan dengan mengutarakan pendapat, Anda bisa saja dipandang sebagai orang yang

4. Senantiasa Jaga Etika Diri

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Anda sebagai karyawan baru di sebuah tempat baru tentu harus tunduk dan menghormati segala macam peraturan yang ada dalam perusahaan tersebut. Maka dari itu beretikalah dengan baik dengan menghormati aturan perusahaan dan juga  tidak membocorkan rahasia perusahaan serta menghargai rekan kerja yang lain.




Jika perusahaan memiliki budaya tertentu yang sudah dibangun sejak lama, Anda juga harus mematuhi budaya tersebut. Dengan beretika dengan baik, Anda akan dipandang sebagai karyawan yang baik pula oleh perusahaan.

5. Datang On time dan Maksimal dalam Penugasan

Salah satu wujud keseriusan Anda menjadi seorang karyawan adalah dari ketepatan waktu Anda datang ke kantor, pulang kantor dan penugasan. Dengan ketepatan waktu dan pengerjaan tugas yang maksimal, Anda akan dianggap orang yang menghargai waktu dan perusahaan pun akan tak ragu untuk terus mengandalkan Anda. Maka jika Anda melakukan dua hal ini dengan baik pada masa magang, bukan tidak mungkin perusahaan akan memanggil Anda untuk menjadikan Anda sebagai karyawan tetap.

6. Jangan Suka Komplain dan Ngegosip

Hal yang seringkali melanda dan menjangkiti para karyawan perusahaan adalah gosip dan komplain. Dua hal yang negatif ini memang hampir bisa dipastikan akan ada di setiap perusahaan. Namun Anda yang ingin menciptakan image dan kesan yang baik pada perusahaan, Anda harus bisa menjaga dan menjauhi diri dari gosip dan komplain yang bisa berdampak buruk tersebut. Jika Anda mampu mengatasi dua hal ini, maka perusahaan akan suka dengan sikap Anda, dan promosi pun akan segera mendatangi Anda.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Magang di Sebuah Startup

7. Bangun Network Antar Karyawan Magang

Terakhir, untuk bisa sukses menjalani status sebagai karyawan magang adalah dengan membangun network atau jaringan di lingkungan kantor. Bangunlah jaringan pertemanan sebaik dan seluas mungkin di lingkungan perusahaan. Dengan network yang baik dan luas, Anda akan dimudahkan untuk mencari informasi pekerjaan yang sesuai dan yang Anda inginkan dari teman-teman relasi Anda tersebut pasca magang.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud