7 Tips Sederhana Meningkatkan Performa Situs Ecommerce Anda

performa ecommerce

Semakin hari, nampaknya #bisnis online akan semakin meningkat perannya dalam mendominasi kegiatan usaha masyarakat. Banyak pebisnis yang semakin sadar peluang besar dalam menggeluti bisnis online seperti ecommerce. Seakan semua produk yang pada awalnya hanya bergerak dengan memaksimalkan kegiatan offline, sekarang banyak yang berbondong – bondong meng-onlinekan usaha nya.

Apapun bentuk usaha yang dijalani dan apapun produk bisnisnya, dengan kemajuan teknologi serta semakin banyaknya pengguna #internet di Indonesia, maka peluang bisnis online pun semakin terbuka. Namun jangan lupa juga dalam setiap peluang yang ada, pasti akan dibarengi dengan persaingan yang ketat dan akan lebih ketat ke depan.

Jika performa ecommerce Anda tidak maksimal, jangan harap bisnis online Anda bisa bertahan. Untuk meningkatkan performa ecommerce Anda, simak tips – tips di bawah ini.

1. Program Analitik Yang Kuat

Melakukan analisa terhadap performa #ecommerce Anda akan memudahkan dalam mencari dan mendapatkan sebuah  masalah untuk dicarikan solusi nya. Mengetahui sumber trafik dari situs ecommerce Anda sangat penting untuk meningkatkan performa situs Anda. Selain itu Anda juga bisa mengetahui kata kunci apa yang masuk dalam situs Anda. Setelah mendapatkan data dari analitik, Anda bisa melakukan analisa untuk memaksimalkan sumber daya yang ada.

Artikel lain: Melihat Layanan Pembayaran COD eCommerce Di Indonesia




2. Buat Deskripsi Produk yang Baik dan Detail

Anda harus mampu membuat deskripsi yang baik dan sejelas – jelasnya. Karena bagaimanapun juga dalam menjalankan bisnis online, konsumen hanya bisa melihat produk Anda secara online. Untuk itu deskripsi yang detail sangat dibutuhkan oleh konsumen.

Sebaiknya buatlah deskripsi yang singkat, padat namun tetap bisa menjelaskan semuanya. Informasi mengenai pengiriman, berat produk, atau informasi yang bersifat dasar harus Anda tampilkan dalam situs Anda.

3. Tombol Ajakan yang Jelas

Untuk mengajak konsumen melakukan transaksi pada ecommerce Anda, idealnya sediakan tombol yang jelas dan muncul pada setiap halaman. Tombol ajakan seperti, “ beli sekarang, belanja sekarang” harus Anda tampilkan secara jelas dan gamblang untuk lebih menarik minat calon konsumen Anda. Setiap halaman harus ada ajakan pada setiap pelanggan untuk melakukan transaksi yang menguntungkan utamanya sehubungan dengan ecommerce Anda.

4. Informasi yang Jelas Tentang Kontak

Informasi kontak yang jelas mutlak diperlukan dalam sebuah membangun ecommerce yang mantab. Nomor telepon, nomor fax, dan alamat #email harus jelas tercantum untuk memastikan integritas ecommerce Anda. atau juga jika memiliki dan aktif dalam sosmed akan sangat mendukung performa situs Anda. Jika ada alamat fisik maka akan lebih baik dan terpercaya jika Anda mencantumkan juga. Selain semakin terpercaya, pencantuman kontak yang jelas akan  membuat komunikasi dan pembelian yang lebih efisien dan efektif.

5. Gambar dan Foto Dengan Kualitas yang Baik

Foto dan gambar dengan kualitas yang baik juga sangat berpengaruh signifikan terhadap performa ecommerce Anda. Pelanggan tentu akan mencari situs dengan penampilan yang lebih profesional untuk melakukan sebuah transaksi. Bagaimana bisa pelanggan menilai situs Anda profesional jika penampilan gambar yang ada dalam situs Anda tidak jelas. Kesan profesional dari konsumen bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan memasang gambar dengan kualitas bagus.




6. Fungsi Fitur Search yang Bagus

Fitur ini sangat dibutuhkan oleh pelanggan, maka jika fitur search pada ecommerce Anda tidak maksimal, sudah bisa dipastikan pelanggan akan segera meninggalkan Anda. Konsumen sangat membutuhkan fitur ini untuk mendapatkan informasi mengenai produk yang Anda tawarkan. Mulai dari kemudahan informasi mengenai ketersediaan, sampai spesifikasi produk akan sangat menentukan keloyalan pelanggan ecommerce Anda.

Baca juga: Mengenal 5 Bentuk Bisnis Ecommerce  Yang Ada Di Indonesia

7. Live Chat yang Prima

Dengan kurangnya interaksi tatap muka, bisnis online beresiko tampak impersonal dan di luar jangkauan. Tapi live chat yang prima dan hangat di website Anda akan menawarkan sambungan langsung ke orang yang nyata yang membuat konsumen merasa lebih personal dan nyaman. Tampilkan fitur live chat dengan jelas, dan manfaatkan dengan baik.

Dapatkan informasi sebanyak – banyakanya mengenai apa saja yang diinginkan oleh konsumen. Jangan buat konsumen online Anda kecewa. Layani dengan hangat dan berkomunikasilah dengan ramah dan elegan.

Demikian tips dari kami, semoga bisa membantu ecommerce Anda semakin berkembang dan mendapatkan kepercayaan dari para konsumen.



12 total comments on this postSubmit yours
  1. Meningkatkan Trafik
    Hal pertama yang akan dilihat oleh advertiser adalah traffic sebuah blog. Sebab, mereka tidak mau rugi jika memasang iklan ternyata kurang mendapat feedback karena blog Anda jarang dilirik. Untuk mengatasinya, maka Anda bisa meningkatkan jumlah traffic terlebih dahulu baik melalui SEO atau dengan publikasi blog di berbagai tempat media sosial.

  2. Jelas banget tipsnya.. Semoga berjalan lancar meningkatkan web e-commerce saya..

  3. terima kasih atas ilmunya.

    • sama – sama, semoga bermanfaat

  4. Mantab!

    • terimakasih

  5. Informasi yang bermanfaat, thanks sudah berbagi.

    • sama – sama, salam sukses selalu

  6. nomor 2 itu penting banget buat saya. Saya termasuk malas kalau harus konta CS. apalagi kalau sering. Makanya sebaiknya info tentang produk dibuat detil. Jadi, saya bisa memutuskan mau beli atau tidak

    • malas ya??, jangan dong he…he….kan mau sukses, meskipun info sudah detail, CS juga sangat bermanfaat untuk berinteraksi dengan konsumen loh, jadi biar konsumen merasa nyaman, kan kalau nyaman konsumen akan balik lagi

  7. trim bgt ilmunya…,nice post

    • sama – sama

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud