7 Tips Menjalankan Presentasi Bisnis yang Mengesankan

7 Tips Menjalankan Presentasi Bisnis yang Mengesankan

presentasi bisnis

Dalam menjalankan bisnis tak jarang kita akan dihadapkanĀ  untuk melakukan presentasi di hadapan orang lain, entah itu ia adalah calon investor atau calon klien kita. Untuk mendapatkan investor yang akan membantu permodalan bisnis kita, seorang pebisnis memang acapkali diharuskan melakukan presentasi mengenai bisnis plan mereka.

Hal ini seringkali juga berlaku pada saat para pebisnis ingin mendapatkan klien atau konsumen. Klien atau konsumen ini umumnya meminta pihak pemilik pebisnis untuk melakukan presentasi mengenai bisnisnya. Dari sini bisa disimpulkan bahwa presentasi bisnis adalah sesuatu yang sangat penting bagi para pebinis untuk bisa pengembangan usahanya.

Namun sayang dalam praktiknya, ternyata tidak sedikit pebisnis yang meremehkan kegiatan presentasi ini. Mereka tak fokus dan tidak serius dalam mengerjakan hingga membuat hasilnya jadi ala kadarnya dan seadanya serta berujung kegagalan negosiasi.

Maka dari itu presentasi bisnis ini memiliki peran yang sangat penting untuk bisa memikat calon investor atau calon klien Anda. Lalu seperti apakah caranya untuk bisa membuat dan menghasilkan presentasi bisnis yang baik dan menarik? Berikut ulasannya.

1. Buatlah Coret-Coretan atau Draft

Tips pertama adalah dengan membuat catatan kecil atau draft yang berisi coretan-coretan tentang apa-apa yang akan sajikan dihadapan klien atau investor. Dengan catatan dan coretan-coretan yang berisi rancangan terbaik bisnis Anda, tentu akan membuat Anda akan mengalir dan lancar serta tidak kebingungan saat akan mengembangkannya dalam slide presentasi.

Slide terbaik pun nantinya akan tercipta dari semua pemikiran terbaik dari bisnis Anda, tanpa ada satu pun yang terlewat. Buatlah alur setiap slide Anda, mulai dari pembukaan, inti sampai penutup. Kalau Anda mempunyai sticky note itu lebih baik, karena Anda bisa membagi setiap sticky note satu slide.

Artikel lain: Pentingnya Public Speaking Untuk Pebisnis, Komunikasi Dalam Berbisnis

2. Gunakan Tulisan dan Warna yang Baik

Saat mengeksekusi atau mengembangkan pemikiran bisnis dari catatan dan coretan tadi, Anda juga mulai harus memperhatikan beberapa hal. Pertama adalah tulisan, usahakan tulisan yang akan Anda terapkan adalah tulisan dengan font yang mudah dibaca, bukan font yang heboh tapi tak terbaca.

Untuk bisa terbaca maka, size (ukuran) tulisan juga tidak boleh terlalu kecil dan tidak terlalu besar juga. Untuk hal-hal yang menurut Anda penting maka berilah highlight atau memberi ukuran yang lebih besar agar pesan yang Anda inginkan bisa tersampaikan.

Selain tulisan, warna juga perlu Anda perhatikan. Dengan warna yang baik dan sesuai tentu akan membuat slide presentasi Anda jauh lebih menarik dan lebih hidup.

3. Gunakan Media Audio Visual yang Sesuai

Jangan sajikan slide presentasi Anda hanya dengan tampilan tulisan saja. Ini bisa akan membuat pendengar Anda jenuh dan bosan dengan Anda. Maka cobalah untuk menyajikan slide presentasi yang lebih berwarna dan lebih hidup dengan menambahkan beberapa komponen seperti gambar, audio, video atau tampilan statistika seperti tabel, diagram atau grafik tertentu yang berkaitan dengan materi presentasi Anda.

4. Menjadikan Slide Hanya Sebagai Poin-Poin Terpenting Saja

Slide buruk yang bisa membuat kegagalan dalam presentasi adalah slide yang terlalu banyak penjelasan atau pembahasan. Slide presentasi yang umumnya dibuat dari program Microsoft Powerpoint, tentu memberi makna bahwa yang seharusnya dibuat adalah poin-poin, bukan pembahasan yang panjang.

Karena pembahasan dan penjelasan itu ada pada orang yang memberikan presentasi. Dengan hal ini Anda akan menjadi pusat perhatian audiens, bukan malah slide powerpoint Anda yang fungsinya hanya sebagai alat pembantu.

5. Buatlah Cerita Dalam Presentasi Anda

Untuk membuat presentasi yang menarik, Anda bisa memasukkan kisah atau cerita. Dengan cerita atau kisah, audiens bisa menjadi lebih tertarik dan tidak bosan pada materi presentasi Anda. Anda bisa menceritakan kisah-kisah menarik dalam perintisan bisnis Anda, atau Anda bisa mengkisahkan bagaimana Anda membuat produk terbaru Anda, dan kisah-kisah lain yang menarik dan inspiratif.

6. Berikan Audience Sesuatu yang Berkesan

Setiap akan mengakhiri setiap sesi atau akhir presentasi, cobalah untuk memberikan sesuatu yang bisa membuat audiens Anda selalu teringat dengan presentasi Anda. Anda bisa melakukan yel-yel, kuis, memberikan tebakan atau apapun yang bisa membuat audiens Anda memiliki ingatan dan kesan baik terhadap presentasi yang telah Anda berikan.

Baca juga: 6 Tips Menjadi Pebisnis Yang Pandai ‘Bercerita’ (Storytelling)

7. Terus Berlatih

Tips terakhir untuk membuat presentasi bisnis yang menarik adalah disiplin berlatih. Ini adalah resep paling jitu untuk siapapun, bahkan yang sudah ahli sekalipun untuk bisa menjadikan presentasinya lebih memikat audiens. Dengan berlatih Anda mungkin saja menemukan sesuatu yang kurang atau janggal dalam slide dan materi Anda, untuk bisa diperbaiki lagi. Maka dari itu lathan adalah hal yang sangat penting untuk menunjang presentasi yang sukses.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan