7 Teknik Sederhana Untuk Pebisnis Taklukkan Hati Pelanggan

pelanggan

Setiap pebisnis atau #entrepreneur tentu selalu menginginkan bisnisnya memperoleh pelanggan yang banyak. Namun sayangnya untuk mendapatkan seorang pelanggan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Meski pada akhirnya mereka telah menjadi pelanggan Anda, bukan berarti tugas Anda selesai.

Anda harus tetap menjalin hubungan yang baik dan terus berusaha menaklukkan hatinya agar mereka mau tetap setia dengan produk bisnis Anda. Apalagi jika pelanggan Anda memiliki tipe atau karakteristik yang selalu melakukan komplain. Maka mau tidak mau harus bisa menaklukkan hati pelanggan Anda.

Lalu bagaimana caranya supaya bisa menaklukkan hati para pelanggan kita? Berikut beberapa teknik sederhana yang bisa Anda terapkan.

1. Mendengarkan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri menyatakan bahwa sebagian besar manusia menghabiskan waktunya sekitar 70%-80% setiap harinya untuk berkomunikasi. Yang menariknya adalah bahwa 45% dari bentuk komunikasi itu adalah mendengarkan.

Namun sayang banyak dari kita yang kurang memanfaatkan dengan baik bagian dari proses komunikasi ini. Padahal hanya dengan mendengarkan keluhan-keluhan para pelanggan, terutama para pelanggan yang selalu komplain, maka kita akan mendapatkan simpati dari mereka. Dengan demikian Anda akan bisa menaklukkan hatinya yang selama ini tak bersahabat.

Artikel lain: 9 Keuntungan Memaksimalkan Manajemen Keluhan Pelanggan

2. Strategi

Kemenangan dalam perang atau dalam apapun umumnya selalu diawali dari sebuah strategi. Dengan strategi, kita akan bisa tau kelebihan dan kelemahan dari lawan kita. Begitu pula dengan cara menangangi pelanggan.

Sebelum Anda benar-benar berhadapan dengan mereka, Anda harus melalukan strateginya terlebih dahulu. Pelajari siapa mereka, apa karakteristik mereka dan apa yang bisa anda tawarkan untuk mereka. Sebuah strategi yang baik dan matang akan mendukung dan membantu Anda untuk bisa menaklukkan hati para pelanggan.

3. Interpretasi

Sebuah pebisnis yang handal juga harus memiliki daya interpretasi yang mumpuni agar bisa menaklukkan hati pelanggan. Sebuah interpretasi atau penafsiran memang diperlukan saat Anda berhadapan dengan orang terutama pelanggan atau klien.

Manusia yang juga memiliki bahasa tubuh yang bersifat non verbal juga penting untuk dipelajari oleh para pebisnis. Dengan demikian Anda bisa memahami dan menginterpretasikan seluruh bahasa tubuh dan isyarat yang disampaikan oleh klien atau pelanggan.




4. Negosiasi

Dalam bisnis, sebuah proses yang tidak bisa dilewatkan begitu saja adalah negosiasi. Dalam sebuah negosiasi atau tawar menawar dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang baik. Kenapa? Karena dengan bernegosiasi Anda, melakukan sebuah deal-deal tertentu yang pastinya membutuhkan beberapa skenario yang baik untuk dijalankan dan ditawarkan.

Saat kesepakatan telah Anda raih dengan skenario Anda, maka bisnis Anda akan menjadi salah satu yang patut diperhitungkan dalam sebuah persaingan. Dengan demikian, saat Anda mampu dan handal dalam bernegosiasi, Anda akan dapat menaklukkan hati setiap pelanggan yang ada.

5. Manajemen

Untuk mencapai deal dengan klien atau pelanggan, seringkali pebisnis membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Nah, saat ada waktu lengang inilah momen Anda melakukan manajeman pelanggan. Waktu yang ada harus Anda manajemen dan manfaatkan sebaik mungkin dengan merancang sebuah rencana tindakan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan pelanggan Anda.

Bersabarlah dan jangan terlalu memaksakan kehendak Anda untuk segera menanyakan bagaimana deal akan berlangsung. Namun sebaliknya jadikan waktu ini sebagai momentum Anda untuk menjalin dan berkenalan lebih jauh dengan klien dan pelanggan Anda. Dengan demikian, saat kesepakatan terjadi, Anda akan mendapatkan juga hatinya juga sekaligus.

6. Presentasi

Teknik sederhana berikutnya untuk dapat menaklukkan hati klien atau pelanggan adalah melakukan presentasi yang baik. Presentasi memang menjadi suatu hal yang penting bagi seorang pebisnis untuk dapat menjadikan produknya diminati orang lain.

Maka saat presentasi, cobalah untuk membuat sebuah presentasi yang penuh gairah dan antusiasme. Dengan presentasi yang penuh gairah dan antusiasme ini, para pelanggan umumnya akan tertarik dan jatuh hati. Ini artinya Anda telah menaklukkan hati pelanggan Anda dengan sukses.

Baca juga: Hindari 6 Kalimat Ini Demi Mempertahankan Kepuasan Pelanggan

7. Aksesibilitas

Teknik terakhir yang bisa Anda terapkan untuk menaklukkan hati pelanggan adalah membuat aksesibiltas atau kemudahan bagi pelanggan Anda. Semua orang tentu menginginkan semua kemudahan dan menghindari kerumitan, termasuk para pelanggan Anda.

Maka dari itu Anda harus bisa memberikan kemudahan apapun untuk klien atau pelanggan Anda dari awal perkenalan, presentasi, negosiasi hingga kesepakatan. Dengan Anda memberikan kemudahan atau aksesibilitas yang nyaman maka Anda akan dengan mudah menaklukkan hati pelanggan Anda.



1 comment on this postSubmit yours
  1. tapi masalahnya mas gini.. kalau untuk pebisnis pemula, kadang kan sering nglamin kegagalan. kayak barang gak laku. Itu solusinya gimana mas? Jual modalkah? atau gimana?

    terus soal negosiasi, kadang pelanggang nawarnya gk karuan juga mas -.- itu cuma cara ngadepinnya mas? sedangkan posisinya kita ini seorang pebisnis pemula?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud