7 Teknik Menjadikan Blog Dibanjiri Komentar Positif dan Interaktif

komentar blog

Memiliki blog yang sangat interaktif dengan banyak komentar yang ada di dalamnya tentu akan sangat menyenangkan. Selain bisa membuat semangat ngeblog, keberadaan komentar yang banyak akan menjadikan blog Anda semakin populer. Namun sayangnya, tak semua #blogger bisa menjadikan blognya mendapatkan komentar dengan cukup banyak dari para pengunjungnya.

Padahal keberadaan komentar ini cukup penting buat Anda yang ingin membangun blog dengan lebih baik dan profesional. Untuk Anda yang memang ingin menjadikan blog Anda dipenuhi dengan komentar yang baik, positif dan interaktif, Anda bisa mencoba beberapa tips berkut ini.

1. Dorong Pembaca Blog Anda Untuk Berkomentar

Teknik pertama untuk menjadikan blog Anda dipenuhi komentar adalah dengan mendorong para pengunjung blog Anda untuk berkomentar. Anda bisa melakukan hal ini dengan cara memintanya secara langsung dan sopan atau menggugah dan menarik mereka secara tak langsung untuk bisa berkomentar saat mereka selesai membaca postingan Anda.

Anda bisa melakukan cara kedua ini dengan keahlian Anda meramu kata-kata pada judul atau isi postingan yang bisa menarik dan memacing pembaca untuk berkomentar. Buatlah artikel dan judul postingan yang menarik dan bisa memancing orang untuk meninggalkan komentar di blog Anda.

Artikel lain: 3 Jenis Komentar Blog Yang Bermanfaat Saat Blogwalking




2. Ajukan Pertanyaan Kepada Pembaca Blog Anda

Adanya pertanyaan pasti membutuhkan jawaban. Ini adalah hal yang lumrah dan lazim dalam sebuah teori interaksi. Maka dari itu untuk mengundang munculnya banyak komentar di blog, Anda bisa menggunakan strategi ini yaitu mengajukan pertanyaan. Anda bisa mengajukan pertanyaan ini pada judul atau di isi konten Anda.

Meskipun belum tentu mendapatkan jawaban yang Anda inginkan, setidaknya dengan mengajukan pertanyaan, pembaca blog Anda sedikit banyak mengerti bahwa Anda ingin berinteraksi lebih dekat lagi. Tapi ingat, jangan mengajukan pertanyaan yang melenceng jauh dengan tema, namun ajukanlah pertanyaan sesuai dengan topik yang sedang Anda bahas pada postingan tersebut.

3. Permudah Cara Berkomentar di Blog Anda

Satu hal yang membuat pembaca akan senang untuk merespon postingan Anda di blog yaitu kemudahan untuk berkomentar. Kemudahan ini bisa dicapai jika Anda tak terlalu memberi hal-hal yang rumit seperti menuliskan capcha atau password atau malah harus log in terlebih dahulu saat berkomentar di blog Anda. Jika Anda memang benar-benar menginginkan banyak komentar di bog Anda, maka Anda harus bisa membuat semudah mungkin kegiatan merespon tulisan ini.

4. Balas Komentar Blog Anda

Sebuah etika yang musti diperhatikan blogger adalah membalas atau memoderasi komentar yang datang di blog Anda. Meski tidak menjamin pengunjung yang telah meninggalkan komentar akan datang lagi, namun hal ini sangat penting untuk eksistensi blog Anda dalam jangka yang panjang. Maka dari itu balaslah setiap komentar yang muncul pada blog Anda dengan baik dan benar meskipun komentar tersebut hanya bernada “terimakasih” atau “nice info” saja.

5. Beri Insentif Untuk Komentar di Blog Anda

Jika mau lebih berusaha lagi dalam usaha mendatangkan komentar ini, Anda bisa melakukan hal ini yaitu memberi insentif pada setiap komentar yang ada. Dalam hal ini, insentif tak perlu mahal, insentif secara gratis dengan cara memberikan do-follow backlink, komentar balik atau sekedar e-book gratis pun bisa menarik komentar lebih banyak. Maka dari itu Anda tak perlu ragu melakukan ini, karena teknik ini sudah terbukti sangat efektif untuk mendatangkan komentar pada sebuah blog.




6. Blogwalking dan Berkomentar di Blog Lain

Teknik berikutnya untuk bisa mendatangkan komentar pada blog adalah degan melakukan blogwalking dan berkomentar pada postingan blog yang Anda kunjungi tersebut. Kegiatan ini sendiri sudah menjadi tradisi dan andalan para blogger untuk mendapatkan kunjungan balik dan komentar balik. Teori memberi terlebih dahulu untuk dapat mendapatkan sesuatu dalam dunia #blogging ini memang cukup efektif untuk mendatangkan komentar.

Baca juga: Mengapa Moderasi Komentar di Blog Sangat Penting?

7. Bangun Jaringan Blogger Yang Baik

Langkah terakhir untuk bisa mendapatkan komentar lebih banyak pada blog adalah dengan membangun jaringan blogger dengan baik. Jika blog Anda termasuk blog niche, Anda bisa membangun jaringan blog yang baik dengan sesama blog yang sesuai tema Anda.

Untuk membangun jaringan blogger, ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti bergabung dengan komunitas blogger, kopi darat atau dengan mengikuti acara-acara yang berhubungan dengan blog dan tema blog Anda. Temukan teman dan blogger sebanyak mungkin dan salinglah bertukar blog dan berkunjung serta berkomentar pada blog. Dengan jaringan blogger yang banyak dan kuat, maka komentar pun akan datang dan banyak bermunculan pada blog Anda.



23 total comments on this postSubmit yours
  1. Tapi apa gak jadi masalah kalau blog kita di buat blog do follow gan?

    nanti jadi memburukkan blog di mata google

  2. Ternyata sulit ya,sampai sekarang aja belum ada komentar.

  3. saya baru buat web -/+ 1 bulan,dan pengunjung juga baru sedikit,bahkan ga ada yang meninggalkan komentar,mungkin artikel atau bahasan blog kujrang menarik …. tapi tetep semangat….

  4. Ternyata tips yang no 6 sangat penting ya mas …
    salam blogger

    sukses terus :)

  5. kalau saya lbih sering untuk menjawab blogger yang berkomentar di blog saya

  6. Iyh memang mas , di blog saya sepi sekali komentarnya , saya merasa artikel di blog saya kurang berkualitas karena tidak ada yang merespon

  7. Permisi, saya blogger baru, masih baru dengan hal2 ini, ingin mengundang pembaca juga,
    hoho tapi satu tips yang saya rasa bisa langsung dicoba sekarang,
    Blogwalking yang sedang saya lakukan ini, haha hebat!
    Terima kasih untuk infonya~

  8. Lumayan membantu juga artikelnya. Kalau ada komentar di salah satu artikel memang dapat membuat si pemilik blog menjadi rajin lagi dalam memposting, karena tidak sia-sia dalam mengeblog. Juga apabila ada pengunjung yang berkomentar, berarti dia membaca artikel kita dari awal sampai akhir. Itu saja. Salam sukses

  9. terimakasih banyak, min. Dapat ilmu hari ini.

  10. terima kasih gan atas infonya…

  11. wah mantab dicoba dl mas kiatnya

  12. keren mas artikel nya, bermanfaat banget..
    bakal aku terapin ke blog nih, :)

  13. makasih buat artikel- artikelnya yang sangat menarik dan memberikan saya pengetahuan baru soal internet marketing.semoga max Monroe lebih maju lagi dan lebih banyak artikel yang menarik.Trims

  14. disinilah susahnya gan,jangan dikomen di baca saja jarang sama pengunjung nya,padahal sudah saya promo kemana mana..:lol:

  15. Mas Manroe, makasih tipsnya.. ini pertama kali saya comment.. karena baru tahu pentingnya comment di blog lain… biasanya sih cuman liat-liat.. : )

  16. trims infonya..saya orang yang masih awam bahasa internet..mudh-2an segera mengikuti trik2 suksesnya

  17. Ratusan komen positif kalau diselipi satu aja komen dari haters bikin saya down Max, dari bulan lalu sampai bbrp bulan kedepan blog saya tutup dulu kolom komennya :D .

  18. nice info gan (y) :D siap buat di praktekin di post web ane selanjutnya hehe

  19. Asik nih artikel.. Pas buat yang sedang mendalami seputar kegiatan blogging… Izin mencoba aplikasikan ilmunya bang. Keren selalu Maxmanroe

  20. oke mas,,siap untuk dipraktekkan,,makasih banget infonya,,sy termasuk subscriber blog mas,,

  21. ok Mas manroe, coba di prkatekkan tips nya. sebagai langkah awal dilakukan tips nomor 6 :)

  22. luar biasa,,, saya kepengen juga dibanjiri komentar yang postif Mas.. baru tahu sekarang caranya bikin artikel yang merangsang pembaca buat komentar. biasanaya cuma posting posting doang, tidak memperhatikan artikelnya bakal dikomentari atau enggag. makasih ya informasinya, sangat mencerahkan

  23. siap mas, akan saya praktekkan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud