Beranda Blogging 7 Teknik Menjadikan Blog Dibanjiri Komentar Positif dan Interaktif

7 Teknik Menjadikan Blog Dibanjiri Komentar Positif dan Interaktif

komentar blog

Memiliki blog yang sangat interaktif dengan banyak komentar yang ada di dalamnya tentu akan sangat menyenangkan. Selain bisa membuat semangat ngeblog, keberadaan komentar yang banyak akan menjadikan blog Anda semakin populer. Namun sayangnya, tak semua #blogger bisa menjadikan blognya mendapatkan komentar dengan cukup banyak dari para pengunjungnya.

Padahal keberadaan komentar ini cukup penting buat Anda yang ingin membangun blog dengan lebih baik dan profesional. Untuk Anda yang memang ingin menjadikan blog Anda dipenuhi dengan komentar yang baik, positif dan interaktif, Anda bisa mencoba beberapa tips berkut ini.

1. Dorong Pembaca Blog Anda Untuk Berkomentar

Teknik pertama untuk menjadikan blog Anda dipenuhi komentar adalah dengan mendorong para pengunjung blog Anda untuk berkomentar. Anda bisa melakukan hal ini dengan cara memintanya secara langsung dan sopan atau menggugah dan menarik mereka secara tak langsung untuk bisa berkomentar saat mereka selesai membaca postingan Anda.

Anda bisa melakukan cara kedua ini dengan keahlian Anda meramu kata-kata pada judul atau isi postingan yang bisa menarik dan memacing pembaca untuk berkomentar. Buatlah artikel dan judul postingan yang menarik dan bisa memancing orang untuk meninggalkan komentar di blog Anda.

Artikel lain: 3 Jenis Komentar Blog Yang Bermanfaat Saat Blogwalking

2. Ajukan Pertanyaan Kepada Pembaca Blog Anda

Adanya pertanyaan pasti membutuhkan jawaban. Ini adalah hal yang lumrah dan lazim dalam sebuah teori interaksi. Maka dari itu untuk mengundang munculnya banyak komentar di blog, Anda bisa menggunakan strategi ini yaitu mengajukan pertanyaan. Anda bisa mengajukan pertanyaan ini pada judul atau di isi konten Anda.

Meskipun belum tentu mendapatkan jawaban yang Anda inginkan, setidaknya dengan mengajukan pertanyaan, pembaca blog Anda sedikit banyak mengerti bahwa Anda ingin berinteraksi lebih dekat lagi. Tapi ingat, jangan mengajukan pertanyaan yang melenceng jauh dengan tema, namun ajukanlah pertanyaan sesuai dengan topik yang sedang Anda bahas pada postingan tersebut.

3. Permudah Cara Berkomentar di Blog Anda

Satu hal yang membuat pembaca akan senang untuk merespon postingan Anda di blog yaitu kemudahan untuk berkomentar. Kemudahan ini bisa dicapai jika Anda tak terlalu memberi hal-hal yang rumit seperti menuliskan capcha atau password atau malah harus log in terlebih dahulu saat berkomentar di blog Anda. Jika Anda memang benar-benar menginginkan banyak komentar di bog Anda, maka Anda harus bisa membuat semudah mungkin kegiatan merespon tulisan ini.

4. Balas Komentar Blog Anda

Sebuah etika yang musti diperhatikan blogger adalah membalas atau memoderasi komentar yang datang di blog Anda. Meski tidak menjamin pengunjung yang telah meninggalkan komentar akan datang lagi, namun hal ini sangat penting untuk eksistensi blog Anda dalam jangka yang panjang. Maka dari itu balaslah setiap komentar yang muncul pada blog Anda dengan baik dan benar meskipun komentar tersebut hanya bernada “terimakasih” atau “nice info” saja.

5. Beri Insentif Untuk Komentar di Blog Anda

Jika mau lebih berusaha lagi dalam usaha mendatangkan komentar ini, Anda bisa melakukan hal ini yaitu memberi insentif pada setiap komentar yang ada. Dalam hal ini, insentif tak perlu mahal, insentif secara gratis dengan cara memberikan do-follow backlink, komentar balik atau sekedar e-book gratis pun bisa menarik komentar lebih banyak. Maka dari itu Anda tak perlu ragu melakukan ini, karena teknik ini sudah terbukti sangat efektif untuk mendatangkan komentar pada sebuah blog.

6. Blogwalking dan Berkomentar di Blog Lain

Teknik berikutnya untuk bisa mendatangkan komentar pada blog adalah degan melakukan blogwalking dan berkomentar pada postingan blog yang Anda kunjungi tersebut. Kegiatan ini sendiri sudah menjadi tradisi dan andalan para blogger untuk mendapatkan kunjungan balik dan komentar balik. Teori memberi terlebih dahulu untuk dapat mendapatkan sesuatu dalam dunia #blogging ini memang cukup efektif untuk mendatangkan komentar.

Baca juga: Mengapa Moderasi Komentar di Blog Sangat Penting?

7. Bangun Jaringan Blogger Yang Baik

Langkah terakhir untuk bisa mendapatkan komentar lebih banyak pada blog adalah dengan membangun jaringan blogger dengan baik. Jika blog Anda termasuk blog niche, Anda bisa membangun jaringan blog yang baik dengan sesama blog yang sesuai tema Anda.

Untuk membangun jaringan blogger, ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti bergabung dengan komunitas blogger, kopi darat atau dengan mengikuti acara-acara yang berhubungan dengan blog dan tema blog Anda. Temukan teman dan blogger sebanyak mungkin dan salinglah bertukar blog dan berkunjung serta berkomentar pada blog. Dengan jaringan blogger yang banyak dan kuat, maka komentar pun akan datang dan banyak bermunculan pada blog Anda.

26 KOMENTAR

  1. saya baru mulai mas.. semoga di blog saya yang baru bisa banyak komentarnya seperti blog ini. sukses terus blognya mas

Tinggalkan Balasan