7 Cara Mudah Mempercepat Koneksi WiFi, Wajib Dicoba!

Image dari Businesstech.co.za

Image dari Businesstech.co.za

Wifi yang merupakan akronim dari Wireless Fidelity adalah sebuah teknologi yang akan menghubungkan perangkat dengan jaringan internet tanpa tanpa kabel (nirkabel). Dalam kehidupan modern dimana internet menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari bagi sebagian besar manusia, teknologi wifi akan menjadi sesuatu yang selalu dicari dan diperlukan banyak orang. Saya sendiri adalah orang yang selalu memanfaatkan wifi dimanapun saat saya menjumpainya.

Teknologi wifi memang amat berguna untuk siapapun disebuah lokasi agar ia selalu terhubung dengan internet. Namun sayangnya, untuk kasus di indonesia tak semua orang ternyata bisa menikmati wifi. Selain akses yang masih terbatas, masalah lambatnya koneksi wifi juga menjadi salah satu problem yang sering mengganggu aktivitas berselancar seseorang di dunia maya.

Untuk Anda yang seringkali menghadapi masalah lambatnya koneksi wifi, berikut ada beberapa tips dan teknik untuk Anda terapkan guna bisa membuat lebih cepat koneksi wifi.

1. Cek Posisi Router

Tips pertama untuk membuat koneksi wifi menjadi lebih cepat adalah dengan mengecek posisi router. Meski terlihat sepele, namun jangan salah bila posisi router ini ternyata sangat menentukan tingkat kecepatan wifi. Umumnya wifi yang lambat disebabkan karena posisi router berada di samping jendela yang membuat sinyal ada yang terlempar ke luar.

Maka jika Anda mendapati posisi router demikian, maka segeralah memindahkannya ke tengah ruangan. Dengan posisi router yang berada di tengah ruangan, maka kerja router yang mengirimkan sinyal ini pun akan lebih terarah ke perangkat Anda dan itu artinya kecepatan wifi pun akan jadi lebih cepat.

Artikel lain: Cara Mempercepat Koneksi Internet

2. Jangan Diletakkan Di Lantai

Ternyata letak router yang berada dibawah seperti dilantai akan membuat sinyal wifi menjadi lemah. Hal ini disebabkan lantai mengandung bahan semen, beton dan logam yang sulit ditembus oleh sinyal WiFi. Maka dari itu cobalah untuk meletakkan router di tempat yang lebih tinggi, misalnya di atas meja atau lemari. Hal ini akan membatu router yang memang dirancang mengirimkan sinyal kebawah akan bisa bekerja lebih maksimal.

3. Pilih Tempat yang Bebas Himpitan

Tempat atau lokasi yang juga membuat router tak bekerja maksimal adalah ruangan yang berhimpitan satu sama lain. Maka dari itu jangan letakkan router yang memiliki posisi yang terhimpit seperti itu, namun cobalah letakkan router di tempat yang terbuka, luas serta jauh dari himpitan benda atau tembok.

4. Jauhkan dari Elektronik Lain

Tips berikutnya untuk mempercepat koneksi wifi adalah menjauhkan router dari perangkat elektronik lain, seperti Televisi, smartphone, radio atau microwave. Perangkat-perangkat elektronik tadi ternyata dapat menghasilkan sinyal elektromagnetik yang dapat mengganggu dan melemahkan sinyal wifi.

5. Atur Antena Agar Berdiri

Jika Anda sering meletakkan router dalam posisi horsontal, maka Anda salah besar. Router yang memancarkan sinyal dengan arah horizontal membutuhkan posisi router yang berarah kebalikan yaitu vertikal. Dengan posisi router yang vertikal maka sinyal wifi pun akan tersebar secara horizontal dan akan lebih mudah menjangkau ke seluruh bagian ruangan.




6. Periksa Kekuatan Sinyal

Untuk mengecek kekuatan sinyal wifi, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Cloudcheck atau Amped.  Saat mengecek sinyal wifi ini cobalah untuk memetakan bagian-bagian mana saja yang akan menerima sinyal kuat dan mana yang menerima sinyal lemah.

Baca juga: 5 Kota Dengan Koneksi Internet Tercepat di Indonesia

7. Atur Piranti Lunak Router

Cara terakhir berikut ini memang agak rumit untuk dilakukan. Namun jika Anda memang berniat untuk mempercepat koneksi wifi Anda, mengapa Anda ragu untuk melakukannya? Cara berikut ini mengharuskan Anda melakukan pengaturan tertentu pada piranti lunak router Anda. Melalui sebuah IP khusus, Anda sudah bisa mengakses piranti lunak dari router Anda. Untuk melakukan hal ini, cobalah untuk mengecek bagian bawah router atau pada panduan yang disertakan dalam boksnya.

Setelah masuk ke dalam menu pengaturan, coba ubah channel frekuensi router tersebut. Umumnya Anda akan menemukan 14 channel yang bisa dipilih. Channel terbaik yang bisa Anda pilih untuk mempercepat koneksi wifi adalah adalah 1, 6, dan 11. Umumnya Channel 1, 6 dan 11 tadi adalah channel yang minim gangguan karena jarang bersinggungan dengan channel yang dipakai orang lain.

Selain pengaturan channel, Anda juga bisa melakukan pemutakhiran firmware. Pemutakhiran firmware biasanya dikeluarkan oleh sang pembuat router untuk memperbaiki kinerja perangkatnya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Selama ini saya menggunakan wifi yang di letakan dekat pemasak nasi otomatis, itu karena berdekatan dengan saklar listris yang digunakan bersamaan. Sepertinya setelah membaca salah satu kata di artikel ini, bisa diambil kesimpulan sangat mempengaruhi koneksinya. Thx infonya, salam kenal & sukses selalu

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud