7 Profesi Langka yang Dipandang Sebelah Mata Namun Penghasilannya Tinggi

Profesi-Langka-yang-Dipandang-Sebelah-Mata

Image dari wayang.wordpress.com

Semua orang pasti punya cita-cita. Sebagian besar orang ingin menjadi pengusaha/ pebisnis handal, manajer di perusahaan besar, musisi, dokter, pilot, aparat negara, pegawai negeri, dan profesi menarik lainnya. Semua profesi tersebut adalah baik, asalkan dijalankan dengan niat yang baik dan sungguh-sungguh.

Kita sering mendengar kata-kata bijak “uang bukanlah segalanya”, namun kenyataannya penghasilan besar memang seringkali menjadi tujuan utama dalam memilih sebuah profesi. Selain bertujuan untuk meraih kesejahteraan hidup, banyak juga orang yang memilih profesinya karena faktor gengsi. Bayangkan, menjadi seorang manajer di perusahaan besar tentu membuat Anda menjadi orang terpandang sekaligus berpenghasilan besar.

Nah, disini saya  mencoba berbagi pada Anda bahwa sebenarnya ada cukup banyak profesi yang dipandang sebelah mata walaupun profesi itu menjanjikan penghasilan yang besar. Beberapa diantaranya bahkan sudah cukup langka dijalankan. Apa saja itu, simak ulasan dibawah ini:

Artikel lain: Mereka yang Sukses Berkarir Meski Depresi

1. Profesi Menjadi Badut

Badut adalah profesi unik yang biasanya dilakukan untuk membuat orang lain senang. Ini adalah profesi langka yang menguntungkan namun sangat jarang orang mau melakukannya. Profesi ini cukup melelahkan dan membuat Anda harus rela me-makeup wajah agar terlihat lucu dan bahkan aneh.

Profesi badut cukup menjanjikan bila dilihat dari sisi penghasilannya. Selain itu, profesi ini bisa dilakukan di saat tertentu saja, misalnya; permintaan pentas acara ulang tahun, gathering, kegiatan promosi, dan kegiatan lainnya. Penghasilan dari sekali tampil bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah lho, Anda berminat menjadi badut? Sebagian besar dari kita pasti tidak tertarik dengan profesi ini.

2. Profesi Perias mayat

Penyedia jasa perias wajah adalah profesi yang sangat menarik dan menguntungkan. Profesi ini seringkali dibutuhkan pada acara pernikahan atau ulang tahun. Namun bagaimana jika harus merias orang yang sudah meninggal? Ya, perias mayat adalah profesi dengan penghasilan besar namun tidak diminati banyak orang.

Pengguna jasa ini biasanya adalah orang-orang dari etnis atau agama tertentu, misalnya pemeluk agama Konghucu. Selain harus memiliki skill merias, mental Anda juga harus kuat. Jika Anda penakut lebih baik jangan bergelut dengan profesi ini.

3. Perangkai Bunga

Bunga identik dengan keindahan, dan apabila dirangkai sedemikian rupa maka bunga tersebut akan terlihat semakin unik dan menarik dipandang. Biasanya order untuk merangkai bunga datang setiap kali ada acara pesta, atau untuk ucapan selamat. Sayangnya seorang pemilik usaha perangkai bunga banyak juga harus melayani order untuk dibuatkan bunga rangkaian sebagai ungkapan bela sungkawa atas kematian seseorang. Tentu seperti tidak ‘sreg’ mendapat keuntungan dari kematian orang lain.

4. Porter Gunung

Porter atau pembawa barang sering dijumpai di stasiun kereta, bandara udara, atau tempat-tempat perbelanjaan yang ramai. Namun pernahkah Anda menjumpai seorang porter gunung? Mereka adalah orang-orang yang siap membantu pendaki membawakan barang bawaan yang beratnya bisa berkilo-kilo gram.




Artikel lain: Industri Kreatif, Memulai Bisnis Kerajinan Tangan Berkonsep Craft Indie

Bayangkan saja, membawa beban berat sambil berjalan naik dan dengan jalur pendakian yang ekstrim. Bayaran mereka sekali naik-turun gunung cukup besar mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Waktu yang diperlukan pun biasanya hanya dua hari satu malam, atau tiga hari, tergantung dengan rute pendakian.

5. Dalang Wayang Kulit

Kembali lagi ke profesi di dunia hiburan, kali ini adalah hiburan budaya daerah Jawa bernama wayang kulit. Pertunjukan wayang dimainkan seorang dalang, dan tahukah Anda bahwa dalang-dalang kondang adalah orang-orang yang sukses.

Di daerah Jawa tengah dan Jawa timur sendiri pagelaran wayang umumnya hanya diadakan orang-orang kaya yang sedang hajatan karena biayanya mahal. Sekali pentas saja seorang dalang beserta ‘penayagan’ atau kru-nya dibayar puluhan juta, tergantung kepopuleran sang dalang. Jadi jangan heran seorang dalang bisa memperoleh penghasilan puluhan juta per bulan. Profesi ini sudah cukup langka meski menguntungkan.

6. Dokter Hewan

Sebenarnya profesi sebagai dokter hewan sudah ada sejak jaman kuno. Utamanya para dokter hewan jaman dahulu bekerja mengurus dan merawat kesehatan kuda sebagai alat transportasi dan kendaraan perang.

Namun profesi ini semakin berkembang, tidak hanya kuda tetapi juga hewan ternak, hewan peliharaan maupun hewan liar. Jadi tidak hanya dokter manusia saja yang memiliki penghasilan besar, dokter hewan pun bisa. Sayangnya, tidak terlalu banyak orang yang tertarik dengan profesi ini.

7. Penyedia Jasa Sedot WC

Anda pasti pernah melihat iklan-iklan di pinggir jalan dengan tulisan ‘Jasa Sedot WC’ kemudian di bawahnya ada nomor telepon yang bisa kita hubungi bila ingin menggunakan jasa mereka. Ini adalah profesi yang cukup unik karena petugas sedot WC bekerja dengan menyedot tinja-tinja di dalam septictank rumah Anda.

Baca juga: Salah Satu Kebohongan Pengguna Internet Ini Pasti Pernah Kita Lakukan

Pekerjaan yang dicap ‘menjijikan’ oleh sebagian orang tersebut sebenarnya cukup menguntungkan karena masih jarang yang mau menjalankanya. Boleh dibilang penyedia jasa sedot WC merupakan bisnis yang cukup menjanjikan, tapi apakah Anda mau menjalankannya?



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Pencari batu akik juga punya penghasilan tinggi :D

  2. benar juga, sedot wc memang merupakan profesi yang langka namun menjanjikan…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud