7 Poin Penting Mengapa Anda Wajib Menerapkan Konsep Mobile-Friendly

Image dari Clickseed.com

Image dari Clickseed.com

Setelah kemarin kita membahas apa itu blog dan #website yang mobile-friendly dan penerapannya, sekarang kita akan membahas lebih mendalam tentang pentingnya memiliki website mobile-friendly. Website yang mobile-friendly memang sangat penting untuk perkembangan atau keberlangsungan sebuah blog atau website. Apalagi jika Anda adalah orang yang sedang serius dan fokus meningkatkan trafic blog dalam kegiatan monetisasi.

Blog atau website yang berstatus mobile-friendly ini akan mengantarkan Anda pada sebuah peluang besar untuk dapat meningkatkan pengunjung dan juga kepopuleran blog atau website. Lalu sejauh apakah pentingnya penggunaan blog atau website mobile-friendly saat ini sendiri? Berikut ulasannya.

1. Penggunaan Perangkat Mobile yang Terus Meningkat

Poin pertama yang sangat penting dan mengharuskan Anda menjadikan blog dan website yang mobile-friendly adalah pengunaan perangkat mobile yang terus meningkat. Perangkat mobile yang bisa berupa #smartphone, tablet, dan jenis gadget lainnya merupakan hal yang sudah mewabah di masyarakat.

Harga yang terjangkau dari produk mobile dan kuota akses #internet ini diduga menjadi alasan mengapa  perangkat mobile kini menjadi primadona yang telah mewabah. Dengan banyaknya pengguna mobile  dengan akses internetnya inilah yang membuat kemudian konsep mobile-friendly dari blog dan webiste akan terus meningkat dan dibutuhkan.

Artikel lain: 10 Fakta Mengejutkan Tentang Konten Mobile, Sudahkah Kita Mengetahuinya?




2. Tren Belanja Online Sedang Berlangsung

Tren #belanja online merupakan sebuah hal yang kini juga menjadi tren di kalangan masyarakat. Lalu apa hubungannya dengan konsep website dan blog yang mobile-friendly? Sebuah fakta statistik yang dilansir PewInternet.org menyatakan bahwa 80% pelaku online shop menggunakan smartphone untuk berbelanja secara online.

Ya, akses yang memadai dari perangkat mobile memang membuat angka statistik ini tak terbantahkan. Jika memang faktanya demikian, Anda mau menunggu apa lagi untuk menjadikan blog dan website berkonsep mobile-friendly?

3. Media Sosial Menjaring Pengunjung Mobile

Bisnis online dan blog monetisasi tanpa sebuah #media sosial adalah sesuatu yang aneh. Besarnya potensi media sosial saat ini memang merupakan hal yang wajib dimiliki seorang pebisnis online atau pengelola blog monetisasi. Dari sini ada sebuah fakta yang menunjukkan bahwa 55% konsumsi penggunaan media sosial terjadi pada perangkat mobile. Nah, inilah poin penting lainnya yang membuat Anda harus segera menjadikan blog atau website Anda menjadi konsep mobile-friendly.

4. Website Mobile-Friendly Turut Menaikkan Peringkat Di Mesin Pencari

Beberapa mesin pencari besar seperti #Google telah melakukan up-to-date dengan algoritma terbaru untuk melayani website dan blog yang mobile-friendly. Dari sini, maka untuk Anda yang memiliki target menembus pencarian Google di halaman utama, tentu Anda harus segera bergerak memperbaiki dan menjadikan blog atau website Anda berkonsep mobile-friendly.

5. Tampil Di Perangkat Mobile & Desktop Dengan Baik

Desain template mobile-friendly ternyata tak hanya akan membuat website Anda mampu resposif pada perangkat mobile saja, namun juga akan tampil baik di perangkat dekstop (PC). Dengan dua keuntungan ini tentu Anda akan mendapatkan hal yang lebih dari yang Anda harapkan. Keuntungan untuk mendapatkan pengunjung juga akan berpeluang dua kali lipat daripada saat Anda hanya menggunakan tampilan dekstop (PC) saja.




6. Lebih Mudah Mengurus Satu Website

Mengganti template website atau blog Anda dengan yang mobile-friendly tentu tak harus menjadikan Anda kebinggungan untuk membuat dan mengurus lagi website yang baru. Karena dengan mengganti template yang mobile-friendly, akan membuat blog atau website Anda resposif pada dua hal yaitu dekstop (PC) dan perangkat mobile. Jika dibandingkan dengan mengurus tampilan mobile-friendly dan non mobile-friendly, tentu akan lebih praktis jika semua dikonsepkan mobile-friendly.

Baca juga: Teknologi Mobile + Media Sosial ~ Ramuan Sempurna Suburnya Bisnis Mobile Ecommerce

7. Pengalaman Pengguna Lebih Baik

Terakhir, poin yang mengharuskan blog atau website anda berkonsep mobile-friendly adalah pengalaman yang disukai netizen saat menjelajah mobile-friendly. Hal-hal seperti zoom in, zoom out, geser kanan dan ke kiri tidak akan lagi merepotkan pengguna saat website yang diaksesnya menerapkan konsep mobile-friendly.

Sebagai hasilnya, pengalaman pengguna yang baik dan menyenangkan ini tentu akan dapat meningkatkan konversi pada website dan mengurangi angka rasio pentalan (bounce rate). Selain itu, dari sisi kenyamanan membaca, umumnya konsep mobile-friendly jauh lebih banyak disukai netizen.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Setuju mas,,, Karena pada saat sekarang ini pengguna ponsel pintar sangatlah banyak dan memungkinkan penulis konten “menyentuh” mereka lewat posting blog yang mobile friendly agar nyaman. Poin pentingnya adalah agar pengguna ponsel tersebut tidak merasa bosan dengan tampilan web/blog kita. Terimakasih banyak atas infonya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud