7 Langkah Aman Penggunaan Kartu Kredit Dalam Transaksi Online

kartu kredit

Penggunaan kartu kredit menjadi salah satu sarana pembayaran yang praktis dan kerap kali digunakan oleh masyarakat kalangan ekonomi menengah ke atas. Menjadi solusi bagi proses pembayaran yang efisien, penggunaan kartu kredit bukan hanya bisa digunakan sebagai alat pembayaran di merchant namun juga mulai sering digunakan untuk alat pembayaran dalam proses #belanja online.

Meskipun dikenal dengan kepraktisannya, rupanya transaksi belanja online dengan kartu kredit seringkali menimbulkan kendala yang bisa merugikan pihak pelanggan. Masalah yang terjadi bukan hanya karena kendala teknis, namun juga mencakup maraknya cybercrime di internet.

Lalu bagaimana caranya menjalankan transaksi belanja online yang aman dengan menggunakan kartu kredit?

1. Memilih Untuk Berbelanja di Situs Terpercaya

Pastikan kalau kita berbelanja online di situs yang berkualitas dan terpercaya. Situs yang memiliki reputasi yang baik tentu akan muncul di daftar teratas pada mesin pencarian. Tidak ada salahnya kalau kita memeriksa situs yang menarik tersebut pada mesin pencarian. Sehingga kita bisa meminimalkan risiko penipuan yang mungkin terjadi dengan kedok bisnis #e-commerce.

Artikel lain: 6 Tips Cara Aman Berbelanja Online di Internet




2. Pilihlah Situs yang Aktif

Situs belanja online yang aktif biasanya senantiasa memperbaharui sistem sehingga tidak mudah ditembus oleh pelaku cybercrime yang mengincar informasi penggunaan kartu kredit kita. Sehingga hal tersebut akan memberikan keamanan tersendiri bagi penggunaan kartu kredit secara online.

Situs belanja online yang jarang di-update mungkin saja sudah menjadi salah satu sarana yang digunakan pelaku cybercrime untuk mencuri informasi penggunaan kartu kredit.

3. Jangan Mudah Tergiur dengan Harga yang Murah

Harga produk yang murah dan berada jauh di bawah harga standar kerap kali membuat kita tergiur untuk membeli produk tersebut. Padahal bisa saja hal tersebut hanya jebakan yang digunakan untuk mengelabui kita serta mendapatkan informasi terkait penggunaan kartu kredit yang kita miliki.

Alangkah baiknya kalau kita tidak buru-buru tergiur dengan harga produk yang terlalu murah. Dan sebaiknya kita meluangkan waktu terlebih dahulu untuk mencari perbandingan harga di situs belanja online lain yang kredibilitasnya lebih terjamin.

4. Perhatikan URL Situs Belanja Online

Bagian URL situs belanja online yang terdapat pada kolom address #browser biasanya juga bisa menjadi bahan identifikasi untuk memeriksa keamanan suatu situs belanja online. Karena situs belanja online yang sudah menggunakan sistem enkripsi untuk melindungi pelanggan biasanya menggunakan URL berupa https:// dengan ikon gembok hijau yang terdapat pada bagian kiri URL.




Melakukan identifikasi melalui URL tentu mudah untuk dipraktekkan. Kita tidak perlu terburu-buru membayar barang belanjaan kita sebab kita bisa mengamati URL situsnya terlebih dahulu.

5. Bacalah Terms and Condition Terlebih Dahulu

Sudah bukan rahasia lagi kalau bagian terms and condition kerap kali diabaikan saat berbelanja online maupun saat melakukan instalasi software. Padahal bisa saja butir-butir kesepakatan yang berpotensi merugikan kita malah terdapat pada bagian terms and condition. Kuncinya, sempatkanlah waktu kita untuk membaca bagian terms and condition secara perlahan-lahan.

Kalau tidak ada bagian terms and condition yang berpotensi membuat kita rugi, maka transaksi bisa segera kita lanjutkan.

6. Pelajari Testimoni dari Pelanggan Online Lainnya

Testimoni dari pelanggan online lainnya juga menjadi acuan bagi kita untuk memilih situs belanja online yang terpercaya. Ingatlah bahwa penyebaran informasi di #internet dan media sosial adalah salah satu kekuatan untuk mendapatkan infomasi yang akurat dalam waktu singkat. Bila kita sudah melihat banyak testimoni atau kritik bernada negatif pada suatu situs belanja online, sebaiknya kita mengurungkan niat untuk berbelanja melalui situs tersebut.

Baca juga: Gesek, Aplikasi Mobile Bagi Para Pengguna Kartu Kredit

7. Mengikuti Promosi Resmi dari Kartu Kredit

Saat ini banyak produk kartu kredit yang menjalin kerjasama dengan sejumlah situs belanja online untuk menghadirkan promo-promo produk murah. Nah, kerjasama ini juga akan menguntungkan para pengguna kartu kredit seperti kita. Sebab tidak hanya bisa memperoleh produk dengan harga murah, kita juga bsia memastikan kalau promo tersebut bersifat resmi dan aman.

Bila sudah merasakan kemudahan bertransaksi dengan kartu kredit, jangan lupa untuk memastikan kalau keamanan informasi penggunaan kartu kredit kita tetap terjamin. Jadilah pengguna kartu kredit yang bijak dalam menghadapi perilaku #cybercrime yang kian marak terjadi akhir-akhir ini. Be smart Be save!




1 comment on this postSubmit yours
  1. ternyata maxmanroe sendiri juga pake https ya :D apa ada transaksi yang bisa kita lakukan disini?? hehe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud