7 Komponen Penting Untuk Mendukung Kesuksesan Blog

7 Komponen Penting Untuk Mendukung Kesuksesan Blog

Mendukung-Kesuksesan-Blog

Sebagai sebuah media online, blog kini telah berkembang dan bertumbuh dengan sangat pesat. Kemajuan yang terjadi pada media blog karena adanya berbagai faktor seperti pertumbuhan #teknologi dan keuntungan monetisasi ini bisa jadi membuat blog akan memiliki kekuatannya sendiri.

Menjadikan blog yang sukses memang sangat menyenangkan, karena selain kita jadi populer, blog kita bisa mendatangkan pendapatan jika kita mau memonetisasinya. Namun sayangnya seperti layaknya kesuksesan lain, tak semua blog bisa sukses dan berjaya. Ada banyak sebab kenapa blog tidak bisa sukses, salah satunya adalah komponen blog yang tidak kompatibel atau tidak mendukung.

Lalu seperti apakah komponen yang bisa mendukung kesuksesan sebuah blog? Berikut ini beberapa komponen penting yang seharusnya ada di dalam blog/website untuk membangun sebuah blog menjadi media yang menguntungkan untuk bisnis.

1. Poin Dalam Postingan Blog

Komponen pertama untuk membuat blog sukses adalah adanya poin yang disampaikan di dalam postingan. Seperti layaknya sebuah paragraf yang membutuhkan poin untuk memberikan maksud dan tujuan dari tulisan, maka poin dalam postingan juga akan menjelaskan apa dan bagaimana tujuan Anda menulis sebuah postingan di blog tersebut. Poin dalam postingan blog ini bisa Anda tampilkan dalam bentuk teks, gambar ataupun video.

Artikel lain: Hypnotic Writing, Menghipnotis Pembaca Melalui Teknik Penulisan yang Persuasif

2. Buatlah Konten Seunik dan Semenarik Mungkin

Content is the king, kata beberapa blogger yang sukses. Ya konten yang unik dan menarik memang salah satu faktor kuat yang sangat mendukung kesuksesan sebuah blog. Untuk membuat konten yang unik Anda bisa memulai dari judul yang bisa menarik perhatian pembaca.

Nah setelah membuat judul konten yang menarik, maka Anda harus melengkapinya dengan isi yang juga unik dan menarik. Konten yang unik dan menarik adalah sesuatu yang sangat krusial bagi sebuah blog karena pembaca akan lebih menghargai konten yang ditulis sendiri daripada konten yang hanya copy paste.

3. Jangan Lupa Dengan Gambar Dan Video

Sebuah postingan blog yang hanya berupa tulisan akan terasa hambar dan kurang menarik. Maka alangkah baiknya jika tulisan tersebut dilengkapi dengan gambar atau video yang relevan. Dengan adanya gambar atau video pendukung, maka postingan yang telah Anda buat akan terasa hidup dan lebih berwarna. Variasi konten ini juga akan membuat pengunjung blog Anda akan merasa betah berlama-lama di blog Anda.

4. Membangun Internal Link

Untuk membantu meningkatkan traffick blog dan mendukung kesuksesan sebuah blog, Anda perlu membangun link internal pada setiap postingan yang dibuat. Selain mendatangkan traffik tinggi, link internal juga berfungsi mengurangi jumlah bounce rate pada blog Anda.

Artikel terkait: Apa Fungsi Internal Linking di Dalam Website/ Blog?

5. Tombol Share Sosial Media

Perkembangan sosial media yang semakin membesar, tentu tak boleh Anda lewatan begitu saja. #Media sosial yang kini bisa terhubung dengan media-media lainnya, termasuk blog tentu menjadi kesempatan emas buat Anda untuk bisa mendukung kesuksesan blog Anda.

Maka dari itu Anda bisa menambahkan tombol share sosial media pada blog Anda. Dengan tombol share sosial media ini, traffik blog Anda bisa meningkat dan akan mendukung kesuksesan blog Anda.

6. Jangan Lupakan Kolom komentar

Komponen berikutnya yang tak boleh Anda lupakan untuk menjadikan blog Anda sukses adalah kolom komentar. Kolom komentar yang berfungsi sebagai wadah para pembaca Anda memberikan umpan balik terhadap konten akan sangat berguna untuk Anda menjalin keakraban dan hubungan yang langgeng dengan para pengunjung Anda. Dengan hubungan yang baik maka Anda akan semakin berpeluang besar mendukung blog Anda meraih kesuksesan.

Baca juga: 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog: Sudah Terbukti!

7. Call to Action Untuk Blog Ecommerce

Untuk Anda yang bergerak pada blog ecommerce, maka Anda bisa komponen tombol call to action. Tombol yang berfungsi untuk membawa pengunjung pada aksi pembelian ini tentu akan sangat menguntungkan Anda dalam hal peningkatkan omzet dan juga perkembangan blog Anda menuju kesuksesan.

Call to action ini bisa dibuat berupa tampilan informasi contact person atau alamat toko online bisnis Anda, agar pelanggan bisa dihubungi dengan mudah. Dengan adanya komponen call to action ini maka pengunjung blog Anda akan dimudahkan untuk melakukan aksi pembelian produk atau layanan bisnis yang Anda tawarkan.

8 KOMENTAR

  1. Artikel Motivasi

    Audio dan gambar masih belum dijajal bang..Masih dalam tahap pembelajaran tentang hal tersebut. hehe

  2. Dari ke-7 komponen diatas hanya beberapa saja yang sudah dicoba. Sisanya masih dalam proses pencarian. Semoga kedepan bisa lebih baik. Terimakasih banyak atas ilmunya.

  3. “Maka alangkah baiknya jika tulisan tersebut dilengkapi dengan gambar atau video yang relevan”. Sekedar tanya aja …., dalam artikel anda ini kenapa tidak ada videonya ………… ?????

  4. yang sering kali lupa, audio sama gambar mas.. hehe

  5. semakin bertambah wawasan saya nih, makasih ilmunya….

  6. Informasinya sangat membantu master, terima kasih akan saya coba di web saya.
    Sukses selalu dan tambah maju…

Tinggalkan Balasan