6 Tool Gratis dan Cara Membuat Infografis Menarik dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Infografis

Tools dan cara membuat infografis

Apakah Anda sudah pernah membuat konten berbentuk infografis? Bila belum pernah, maka artikel singkat ini bisa membantu Anda untuk membuat infografis untuk website Anda.

Infografis adalah sebuah informasi yang dibuat dalam bentuk gambar dengan tampilan sedemikian rupa. Biasanya infografis digunakan sebagai konten/ isi sebuah website, dan membuat informasi yang disampaikan di website tersebut menjadi lebih menarik.

Sebuah blog yang hanya berisi teks saja biasanya agak membosankan ya. Apalagi kalau artikel di blog tersebut berisi tutorial, tentunya harus ada gambar atau infografis. Dengan adanya infografis, maka audiens akan lebih mudah mengerti topik yang disampaikan dalam sebuah konten.




Lalu bagaimana cara membuat infografis yang menarik? Perhatikan video berikut ini:

Pada video tersebut diperlihatkan bagaimana cara membuat sebuah infografis dengan cara yang cepat. Anda hanya perlu menggunakan sebuah template yang menarik, lalu menambahkan dan mengedit gambar, mengedit warna dan ikon sesuai selera, dan pengaturan yang lain.

Kita juga bisa memanfaatkan beberapa tools gratis dan berbayar untuk membuat infografis yang menarik. Beberapa tools untuk membuat infografis tersebut diantaranya:

1. Cara Membuat Infografis dengan Canva

Canva adalah salah satu tools pembuat infografis berbasis website yang sangat efektif. Anda bisa menggunakan tools ini secara gratis, atau Anda bisa berlangganan versi berbayarnya, tentu dengan fitur yang lebih menarik.

Dengan Canva, Anda bisa membuat infografis yang menarik dan profesional walaupun Anda tidak punya keahlian keahlian dalam hal desain. Tools ini menyediakan banyak template yang bisa langsung digunakan untuk membuat infografis, Facebook cover, presentasi, banner sederhana, dan lain-lain.

  • Website: Canva.com
  • Harga: Gratis. Namun, bila Anda menggunakan tool versi berbayar (Canva for Work) maka Anda akan mendapakan beberapa elemen tambahan. Canva for Work sangat cocok bila digunakan oleh sebuah perusahaan untuk branding melalui viasualisasi. Biayanya adalah $9,95/ bulan.
  • Tingkat kesulitan Penggunaan: Mudah
  • Estimasi Waktu Pembuatan Desain: 5menit – 30 menit

Canva sudah menyediakan berbagai template yang bisa dipilih untuk infografis Anda. Template ini gratis, namun ada beberapa elemen tambahan yang bisa Anda beli dari Canva atau Anda upload sendiri.

Berikut ini video tutorial cara penggunaan Canva untuk pemula:

2. Cara Membuat Infografis dengan Venngage

Venngage adalah tools untuk membuat infografis yang cukup populer karena kemudahaannya dan juga karena gratis. Tools ini mirip seperti Canva, namun tentu saja ada perbedaan diantara keduanya.

Venngage telah menyediakan berbagai template untuk bermacam-macam keperluan, diantaranya untuk membuat poster, promosi, dan infografis. Pada bagian infografis, ada beberapa opsi tambahan yang bisa kita pilih yaitu sesuai dengan topik. Misalnya:

  • Statistik
  • informasi
  • Perbandingan
  • Charts
  • Tutorial
  • Dan lainnya

Di Venngage, Anda bisa menemukan banyak sekali template yang bisa dipilih sesuai dengan infografis Anda. Template ini bisa digunakan secara gratis, namun ada beberapa template yang hanya bisa digunakan oleh member Premium.

  • Website: Venngage.com
  • Harga: Gratis. Untuk versi lainnya, Premium Plan $19/ bulan, Business Plan $49/ bulan.
  • Tingkat Kesulitan Penggunaan: Mudah
  • Estimasi Waktu Pembuatan Desain: 5 menit – 30 menit

Berikut ini video tutorial cara penggunaan Venngage untuk pemula:

3. Cara Membuat Infograpich dengan Piktochart

Piktochart adalah sebuah tools yang bisa Anda gunakan untuk membuat infografis dan presentasi yang memungkinkan Anda mengubah data yang membosankan menjadi sebuah konten yang menarik untuk dilihat. Di tools ini kita bisa memodifikasi warna dan font, menambahkan pre-loaded grafis, dan mengupload gambar sendiri.

Dengan Piktochart, kita bisa memilih beberapa format berbeda, termasuk ukuran infografis, ukuran presentasi, poster, dan laporan. Kita bisa membuat infografis sendiri dari awal, atau menggunakan salah satu template yang sudah disediakan.

Template tersebut bisa didapatkan secara gratis, namun ada beberapa template yang hanya bisa digunakan oleh member premium. Setelah memilih templat, kita bisa menambah elemen grafis dan teks ke halaman kerja dengan cara drag dan drop. Mudah sekali.




  • Website: Piktochart.com
  • Harga: Gratis. Untuk Pro Plan dikenakan biaya mulai dari $15 / bulan
  • Tingkat Kesulitan Penggunaan: Mudah
  • Estimasi Waktu Pembuatan Desain: 5 menit – 30 menit

Berikut ini video tutorial cara penggunaan Piktochart untuk pemula:

4. Cara Membuat Infografis dengan Easel.ly

Tools Easel.ly akan sangat membantu Anda dalam membuat sebuah infografis yang menarik dengan cepat.

Ketika masuk ke halaman website Easel.ly, Anda akan melihat ada banyak sekali contoh infografis yang sudah dibuat dengan Easel.ly. Anda bisa menggunakan template yang mereka sediakan atau membuat infografis dari awal.

Di Easel.ly, Anda juga bisa memilih template berdasarkan kategori yang Anda inginkan. Setelah menemukan template yang susuai, Anda akan diarahkan ke halaman baru di mana Anda bisa mengedit infograsi sesuai yang diingikan. Tools ini juga memungkinkan kita mengedit beberapa elemen, diantaranya background, ikon, teks, grafik, dan berbagai elemen lainnya.

  • Website: Easel.ly
  • Harga:  Gratis. Akun Pro mulai dari $ 3 / bulan
  • Tingkat Kesulitan Penggunaan: Mudah
  • Estimasi Waktu Pembuatan Desain: 5 menit – 30 menit

Berikut ini video tutorial cara penggunaan Easel.ly untuk pemula:

5. Cara Membuat Infographic dengan Visme

Ketika artikel ini dibuat, Visme masih pada versi beta. Dengan tools ini, Anda bisa membuat presentasi, animasi, mock-up, banner, dan infografis.

Setelah mendaftar dan login ke akun Visme Anda, Anda akan dihadapkan dengan tampilan halaman kerja. Anda bisa langsung memulai membuat project infografis Anda dengan meng-klik “Create New Visme” dan memilih infografis sebagai project baru Anda.

Anda bisa memilih beberapa template yang sudah disediakan oleh Visme. Untuk template tertentu, Anda harus upgrade akun Visme Anda ke versi premium dengan biaya $7/ bulan. Namun, bila Anda ingin menggunakan layanan gratis, Anda bisa menggunakan template yang sudah disediakan untuk member lite.

Yang unik dari Visme adalah fitur yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah objek terlihat hidup. Fitur ini belum banyak digunakan di Indonesia, tapi orang Amerika sudah cukup populer dengan fitur yang satu ini.

  • Website: Visme.com
  • Harga: Gratis. Anda juga bisa Upgrade dengan biaya mulai dari $7 / bulan
  • Tingkat Kesulitan Penggunaan:  Mudah
  • Estimasi Waktu pembuatan desain:  5 menit – 30 menit

Berikut ini video tutorial cara penggunaan Visme untuk pemula:

6. Cara Membuat Infographic dengan Infogr.am

Tool untuk membuat infografis berikutnya adalah Infogr.am. Tool ini menawarkan template infografis yang sederhana. Infogr.am dapat menyesuaikan data menjadi sebuah infografis dengan gaya spreadsheet di Excel. Selain itu, tools ini juga membuat proses editing data menjadi lebih mudah.

Di situs Infogr.am Anda bisa melihat beberapa contoh template keren dan gratis yang bisa digunakan. Setelah Anda memilih template, Anda dapat mengedit elemen pada halaman tersebut.

Tools ini sangat efektif digunakan saat membuat sebuah infografis dengan sumber statistik. Namun, banyak orang menganggap bahwa penggunaan tools ini cukup rumit dibandingkan dengan tools infografis yang lain.

  • Website: Infogr.am
  • Harga: Gratis. Upgrade ke Pro member biayanya $15/ bulan
  • Tingkat Kesulitan Penggunaan:  Menengah
  • Estimasi Waktu pembuatan desain: 30 menit – 45 menit

Berikut ini video tutorial cara penggunaan Infogr.am untuk pemula:

Tips Berbagi Infografis di Media Sosial

Mungkin Anda bertanya, kenapa Anda perlu membuat infografis? Bila Anda adalah pemilik bisnis dan ingin melakukan branding secara visual di media sosial, maka infografis bisa sangat efektif.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua media sosial ideal untuk infografis ini. Kenapa? Biasanya ukuran infografis akan memanjang vertikal, sedangkan media sosial seperti Facebook dan Twitter lebih cocok untuk media berukuran sedang berbentuk persegi atau horizontal.

Infografis biasanya akan sangat efektif bila dibagikan di media sosial Pinterest. Untuk media sosial Facebook dan Twitter, Anda bisa menggunakan media berbentuk persegi.

***

Di atas tadi adalah 6 tools gratis dan cara membuat infografis yang menarik dengan cepat. Beberapa tools di atas sudah saya coba satu per satu. Dan menurut saya tools terbaik untuk membuat infografis adalah dengan menggunakan Canva.

Anda punya pengalaman tentang cara membuat infografis? Mohon bagikan melalui kolom komentar.



1 comment on this postSubmit yours
  1. ijin bookmark dulu om maxmanroe, patut di coba ke enam tool ini dalam mengolah infografis buat pelengkap artikel di blog juga nih.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud