6 Tips Sukses Menggelar Bisnis Garage Sale

Bisnis-Garage-Sale

Garage sale adalah sebuah kegiatan atau event penjualan barang-barang bekas yang masih layak pakai yang diadakan di garasi atau di halaman depan rumah. Kegiatan niaga yang berasal dari luar negeri ini kini sudah mulai marak di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Karena semakin maraknya kegiatan garage sale ini beberapa orang pun kemudian menjadikan event ini sebagai peluang usaha.

Meski hanya barang-barang bekas, namun jika ditekuni ternyata bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Lalu seperti apakah tips menjalankan bisnis garage sale yang menguntungkan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Buka Kerjasama Dengan Orang Lain

Untuk mendapatkan keuntungan dari garage sale tentu Anda tak bisa mengandalkan hanya dari barang-barang bekas Anda sendiri. Anda harus serius jika anda memang ingin mendapatkan keuntungan dari bisnis ini. Caranya adalah dengan melakukan event garage sale berkali-kali. Bagaimana bisa? Ya, Anda bisa melakukannya dengan membuka penitipan buat barang-barang bekas dari orang lain.

Ini seperti Anda menjadi event organizer untuk program garage sale dengan bekerjasama dengan klien. Anda yang menyelenggarakan acara garage salenya dan klien Anda yang menyediakan barang-barangnya. Dan dari barang-barang bekas yang Anda terima dari klien inilah nantinya keuntungan tertentu bisa Anda dapatkan sesuai dengan harga yang sudah disepakati kedua belah pihak.

Artikel lain: 5 Tips Cara Menjual Barang Bekas via Online

2. Promosikan Dengan Baik Dan Benar

Setelah Anda bisa menggaet beberapa klien untuk bekerjasama, maka saatnya Anda melakukan promosi. Dengan promosi, garage sale yang akan Anda gelar akan didatangi banyak orang. dengan begitu, barang-barang bekas Anda kemungkinan besar akan banyak dibeli dan Anda pun akan segera mendapatkan keuntungan dari event garage sale ini. Untuk berpromosi Anda tak boleh pilih-pilih.

Semakin banyak media yang Anda pakai untuk berpromosi akan semakin bagus untuk event garage sale Anda. Namun jangan lupa pelajari teknik-teknik berpromosi  yang baik dan benar agar dana promosi Anda tidak sia-sia begitu saja. Jangan lupa juga untuk memberitahukan event ini kepada teman-teman dan kerabat-kerabat Anda dan mintalah tolong untuk membagi event tersebut ke yang lainnya.

3. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial yang sedang marak ini tentu jangan sampai anda lupakan. Anda sebagai pebisnis harus bisa memanfaatkan #media sosial ini semaksimal mungkin. Apa untungnya? Tentu saja dengan media sosial Anda bisa terhubung dengan banyak orang. Dengan terhubung dengan banyak orang, Anda memiliki kesempatan besar untuk bisa memperkenalkan bisnis garage sale Anda ke banyak orang dengan mudah dan cepat.

Selain sebagai ajang branding, Media Sosial juga berfungsi sebagai media promosi dan wadah bagi para pelanggan Anda untuk berkeluh kesah. Dengan demikian Anda bisa secepatnya mengkoreksi kekurangan dan kelemahan yang telah disampaikan pembeli atau pelanggan Anda.

4. Jujurlah Pada Produk Anda

Dalam menjadikan bisnis garage sale ini sukses, Anda dituntut untuk jujur. Untuk apa? Sikap jujur Anda sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Karena Anda adalah pelaku bisnis garage sale yang berkelanjutan, maka nama bisnis Anda adalah sebuah nyawa yang harus Anda jaga sekuat mungkin.

Jika sekali saja konsumen Anda kecewa, maka hal ini akan langsung mengancam bisnis Anda. Maka kejujuran terhadap produk-produk garage sale yang Anda jual harus Anda utamakan.




5. Realistislah Pada Harga

Berikutnya, Anda juga harus bersikap realistis pada harga yang akan Anda cantumkan pada produk-produk garage sale Anda. Karena produk yang dijual pada garage sale ini adalah barang-barang bekas (second), maka harga realistis yang muncul pastinya harus lebih murah dari harga baru.

Berealistis pada harga ini dilakukan juga dalam rangka untuk menjaga nama Anda sebagai bisnis garage sale yang berkelanjutan. Jadi buatlah harga semenarik mungkin serta yang paling penting adalah realistis (masuk akal).

Baca juga: Bisnis Barang Rongsokan: Peluang Usaha yang Sering Diremehkan

6. Beranilah Memasang Iklan Berbayar

Terakhir, jika bisnis garage sale Anda sudah mulai populer, tak ada salahnya Anda mengganti gaya beriklan Anda. Anda tidak bisa seterusnya hanya mengandalkan promosi gratisan yang ala kadarnya. Namun sesekali waktu Anda perlu beriklan dengan lebih professional. Beriklan dengan professional tidak berarti Anda harus membeli spot iklan di TV nasional yang bernilai puluhan juta rupiah.

Namun beriklan professional disini maksudnya adalah beriklan di media-media lokal, seperti koran lokal, radio lokal, pasang spanduk dan lain-lain yang masih terjangkau oleh Anda serta efektif. Jangan lupa karena ini iklan berbayar maka Anda perlu membuat iklan ini semenarik mungkin agar uang yang sudah Anda keluarkan tidak menjad sia-sia.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud