6 Tips Sederhana Agar Tidak Kehilangan Konsumen Setia, Ternyata Mudah Lho

Tidak-Kehilangan-Konsumen-Setia

Memang benar kata pepatah, lebih sulit mempertahankan sesuatu yang sudah diraih dari pada mewujudkannya. Pepatah tersebutpun berlaku dalam dunia bisnis, Anda akan jauh lebih sulit untuk mempertahankan konsumen setia agar tetap membeli produk Anda atau memakai jasa Anda.

Mengapa demikian? Karena tidak sedikit dari kompetitor Anda yang berusaha memberikan penawaran lebih menarik dari segi produk maupun promosi di setiap pembelian. Oleh sebab itu, Anda perlu memiliki strategi yang lebih mumpuni agar konsumen tetap setia membeli produk Anda. Berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan:

1. Berikan Pelayanan yang Memuaskan

Jika bisnis Anda bergerak di bidang jasa, tentunya pelayanan yang baik terhadap konsumen haruslah diutamakan. Karena dalam dunia bisnis konsumen adalah raja yang harus selalu Anda utamakan. Para konsumen pun menginginkan supaya mereka selalu mendapat pelayanan yang terbaik bak seorang raja. Maka dari itu, Anda sebagai pemilik produk harus senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan agar menjadi lebih baik dari para kompetitor Anda.

Artikel lain: Tips Meningkatkan Performa Bisnis Kecil Anda Jadi Lebih Baik

2. Cari Tahu Keinginan Konsumen

Untuk tetap mendapatkan perhatian konsumen, ada baiknya Anda mencari tahu keinginan terkini konsumen Anda. Anda dapat membuat sebuah program tanya jawab dengan konsumen dengan membuat kuisioner atau tanya jawab langsung seputar kebutuhan mereka. Jangan pernah takut apabila nantinya program yang dijalankan tersebut mendapatkan kritik dari konsumen Anda.

Pasalnya, pelanggan yang sedang marah kepada pelayanan Anda biasanya akan memberikan input yang baik untuk memperbaiki segala kekurangan selama ini. Dengan begitu, Anda bisa meluncurkan sistem pelayanan terbaru ataupun produk yang lebih baik untuk pelanggan agar selalu membeli produk Anda.

3. Jangan Pernah Menurunkan Kualitas Pelayanan

Biasanya semakin maju suatu bisnis yang dijalankan maka pelayanan akan semakin terabaikan. Pada beberapa kasus, ada saat dimana konsumen kebingungan serta kesulitan memilih. Tetapi Anda dengan tidak sengaja atau semena-mena menurunkan kualitas pelayanan. Padahal, Anda bisa memberi tahu pelanggan Anda agar bisa menyesuaikan dengan layanan kualitas yang diberikan.

Bila Anda menggunakan layanan dengan sistem keanggotaan, saat pelanggan belum bisa membayar untuk memperpanjang status keanggotaan, jangan langsung menutup status keanggotaan konsumen tersebut. Kita bisa memberikan pemberitahuan  bahwa iuran wajib pada bulan ini belum dibayar oleh pelanggan. Karena jika kita memperlakukan konsumen secara tidak baik, bukan tidak mungkin pelanggan yang lain akan meninggalkan bisnis kita.

Artikel lain: Indikator utk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan di Media Sosial

4. Berikan Program Diskon Untuk Konsumen Khusus

Program-program inovatif dan tak terduga dari Anda untuk konsumen dapat menarik minat konsumen Anda. Misal, berikan diskon khusus kepada konsumen dengan ketentuan berlaku. Anda juga bisa memberikan poin yang dapat ditukar dengan kupon potongan diskon saat pelanggan mengisi survey atau memberikan testimoni setelah membeli produk Anda.

Adanya pemberian diskon maka akan semakin meningkatkan semangat konsumen untuk tetap membeli produk-produk dari Anda. Program-program seperti itu bukan hanya akan mempertahankan konsumen setia namun dapat menarik konsumen baru.




5. Mintalah Kritik dan Saran Dari Konsumen

Banyak pebisnis yang tidak menyadari mengapa banyak konsumen setia tidak lagi berlangganan menggunakan produk Anda. Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda meminta saran dan masukan kepada para pelanggan yang meninggalkan Anda.

Semua saran dan masukan dari mereka dapat digunakan sebagai bahan untuk memperbaiki layanan Anda dimasa yang akan datang supaya bisnis Anda dapat bertahan di tengah persaingan. Bahkan, jika Anda memiliki tim khusus untuk menangani hal ini maka Anda pun bisa mencegah agar pelanggan setia Anda mengurungkan niatnya untuk meninggalkan Anda.

Baca juga: 6 Tips Menjadi Pebisnis Yang Pandai ‘Bercerita’ (Storytelling)

6. Menjalin Komunikasi yang Intens Dengan Konsumen

Anda dapat membuat  program seperti chatting atau gathering, yang mempertemukan Anda dengan konsumen secara rutin. Jadilah teman cerita bagi konsumen Anda dan berikan rasa nyaman serta rasa percaya kepada para konsumen Anda.

Dari komunikasi tersebut Anda dapat menciptakan ikatan yang kuat dengan konsumen. Dengan begitu para konsumen Anda akan merasa dihargai dan dilibatkan dalam kesuksesan bisnis Anda. Hal ini tentu akan membuat konsumen betah berlangganan bahkan mungkin mereka tidak akan ragu untuk menginvestasikan sebagian harta mereka kepada bisnis Anda.

Jadi, dalam menjalankan bisnis bukan hanya mengenai keuntungan yang anda peroleh saja. Kenyamanan serta kepercayaan konsumen juga merupakan poin penting yang tidak boleh Anda abaikan. Karena kunci kesuksesan bisnis yang sesungguhnya adalah kepercayaan konsumen Anda.



1 comment on this postSubmit yours
  1. makasih banyak tipsnya, menjaga komunikasi dengan konsumen memang sangat penting

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud