6 Tips Penjual Online Jalankan Bisnis Dengan Aman dan Nyaman

6 Tips Penjual Online Jalankan Bisnis Dengan Aman dan Nyaman

Image dari Commercerun.com
Image dari Commercerun.com

Informasi tentang #bisnis online yang kian merebak membuat hampir setiap orang sudah memiliki pengetahuan terhadapnya. Saya sendiri mendapati bahwa informasi tentang bisnis online ini sudah sangat banyak dan mudah didapati lewat media internet.

Namun sayangnya, pengetahuan terhadap bisnis online yang makin dipahami semua orang ini menjadikan beberapa oknum memanfaatkan celah bisnis online untuk tindakan yang tidak benar. Maka tak ayal kemudian banyak terjadi kasus penipuan (fraud) yang saat ini tidak hanya menimpa pembeli saja namun juga para penjualnya. Tentu saja keadaan ini akan membuat resah semua kalangan yang bergerak di bisnis online, termasuk para pebisnis.

Maka dari itu untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, sebagai pebisnis, Anda juga harus memahami dengan serius seluk beluk perdagangan online di Indonesia. Anda juga harus terus mengupdate perkembangan dunia online di Indonesia.

Ya, perkembangan #e-commerce Indonesia yang masih dalam masa pertumbuhan ini tentu akan selalu memunculkan hal-hal baru yang wajib dipantau terus oleh para pebisnis online. Bukti nyata bahwa akan ada hal-hal baru kedepan adalah pemerintah yang saat ini terus menggodok peraturan perdagangan online dalam satu kesatuan sistem.

Artikel lain: 4 Skill Penting Yang Harus Dikuasai Para Pebisnis Online

Selain memahami dan selalu memperbarui informasi tentang dunia online, ada beberapa tips yang bisa dijalankan penjual online untuk menjadikan aktivitas bisnisnya aman dan nyaman. Berikut tips-tips tersebut.

1. Baca Peraturan di Setiap Platform

Entah apapun jenis bisnis online Anda, yang pasti Anda akan terikat dengan platform yang Anda gunakan dan Anda pilih. Bahkan jika Anda memilih membuat #toko online sendiri, Anda masih akan terikat dengan platform yang Anda gunakan, yaitu Blogspot atau WordPress. Seperti peribahasa mengatakan dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Inilah yang harus diperhatikan dengan seksama oleh para pebisnis online. Anda harus membaca, memahami dan melaksanakan peraturan-peraturan yang ada di setiap platform.

2. Pilih Metode Pembayaran yang Aman

Pembayaran adalah hal yang paling krusial dalam perdagangan online. Ya, bisnis online yang menawarkan banyak cara dalam metode pembayaran ini memang seringkali dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membuat kecurangan. Maka dari itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda harus cermat memilih metode pembayaran yang ada.

Pilih penyedia layanan pembayaran online yang telah memiliki track record yang baik dengan keamanan baik bisnis Anda. Tak menutup kemungkinan juga pembayaran COD (Cash On Delivery) jadi pilihan Anda jika memang Anda merasa aman dan nyaman dengan jenis pembayaran online ini.

3. Berikan Informasi yang Lengkap dan Benar

Penjelasan dan penjabaran yang lengkap perihal barang yang kita jual kepada pihak marketplace atau langsung kepada konsumen merupakan sesuatu yang juga akan membuat penjual aman dalam bisnis online.

Ya, kita harus jujur dan memiliki pengetahun terhadap barang yang kita jual. Dengan kita jujur dan memberikan informasi yang sejelas-jelasnya, kita akan dipercaya sebagai penjual yang baik dan akan menghindari diri dari kekecewaan konsumen hingga membuat mereka akan berbuat hal yang merugikan Anda. Jangan lupa juga Sertakan foto dengan kualitas yang baik agar barang bisa terlihat dengan lebih jelas dan baik.

4. Penjual Online Wajib Sertakan Kontak

Tips berikutnya untuk aman berjualan online adalah dengan memberikan informasi kontak kita secara lengkap. Pemberian informasi kontak ini akan berguna untuk memudahkan para konsumen berkomunikasi dengan kita serta membuat konsumen percaya dengan bisnis Anda. Jangan lupa juga untuk menyertakan informasi waktu yang Anda inginkan untuk berkomunikasi.

Hal ini bertujuan agar Anda bisa fokus berkomunikasi dengan para pelanggan Anda hingga akhirnya konsumen pun puas terhadap layanan kita. Saat konsumen puas, maka hal-hal yang tidak kita inginkan dari tindakan penipuan dan kecurangan dari para pembeli akan bisa diminimalisir.

6. Simpan Bukti Transfer

Bukti transfer adalah sesuatu yang tidak boleh Anda sepelekan. Anda harus menyimpan bukti-bukti transfer pembayaran dari konsumen yang telah terjadi, atau terlebih pada transaksi pengiriman barang yang masih berjalan. Dengan adanya bukti transfer ini, Anda akan mendapatkan keyakinan jika sewaktu-waktu ada pihak yang mempermasalahkan transaksi ini ke meja hijau. Intinya bukti transfer adalah hal yang penting untuk Anda miliki agar penjualan Anda berjalan dengan lancar dan aman.

Baca juga: Lima Mitos Salah Kaprah Tentang Memulai Berbisnis Online

6. Bergabung dengan Komunitas

Dengan bergabung dengan komunitas yang berkaitan dengan bisnis onine, pebisnis online atau produk yang kita jual, kita akan mendapatkan banyak manfaat. Terkait keamanan menjual, di sana Anda akan mendapatkan banyak informasi dan ilmu tentang cara bertransaksi dengan aman dengan para pembeli.

Selain itu dengan bergabung dengan komunitas, brand bisnis online kita akan semakin terpercaya dan kuat dimata masyarakat yang akan membuat mereka tak akan berbuat macam-macam kepada kita. Melalui jaringan yang kita bangun secara online, perlahan kita sebenarnya telah membangun jalur kemajuan bisnis kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan