6 Tips Meningkatkan Kesan Positif Bisnis Online Anda

Image dari certainsource.com

Image dari certainsource.com

Di dalam berbisnis sebuah reputasi yang baik menjadi suatu prestasi tersendiri bagi sebagian pelaku bisnis, termasuk bisnis online. Karena begitu petingnya hal ini maka dengan 1001 cara orang memikirkan strategi untuk meningkatkan reputasi bisnisnya.

Benar saja, reputasi merupakan wajah dari bisnis Anda, terlebih lagi jika bisnis yang Anda jalankan secara online, orang tentunya akan lebih mudah menemukan merek Anda dan akan sangat percaya untuk bertransaksi dengan Anda.

Bayangkan jika reputasi bisnis Anda buruk, mungkin orang dengan mudah menemukan merek Anda, tapi tidak akan percaya untuk bertransaksi dengan Anda. Untuk itulah penulis memberikan beberapa tips sederhana bagaimana meningkatkan kesan positif konsumen terhadap bisnis online Anda.




1. Klaim Identitas Bisnis Online Anda

Sebagian orang mungkin menganggap tidak penting untuk mengklaim bisnis onlinenya di #media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram. Hal ini membuat mereka enggan menggunakan akun media sosial untuk sarana marketing. Hasilnya identitas merek mereka akan terpakai oleh orang lain yang menjual produk sejenis.

Jadi gunakanlah media sosial untuk mengklaim identitas Anda, dari nama merek dagang sampai slogan Anda, karena mungkin di luar sana orang berlomba-lomba untuk memakai merek dan slogan Anda. Bila anda lambat maka merek bisnis dan slogan yang menjadi identitas Anda akan terbunuh oleh mereka yang menggunakannya terlebih dahulu.

Artikel lain: Pebisnis Online Wajib Tahu! Inilah Kriteria Produk Online yang Menguntungkan

2. Aktif Berkontribusi di Forum dan Komunitas

Dengan aktif bersosialisasi di forum-forum diskusi dan group-group #komunitas tertentu, orang akan dengan mudah untuk mengingat identitas Anda, terlebih jika Anda aktif untuk memberikan kontribusi di forum tersebut, pastilah image positif akan menjadi salah satu keuntungan untuk Anda.

Mulailah untuk berdiskusi dengan sesama anggota di komunitas tertentu, mulailah berbagi hal-hal yang positif. Masuklah di sebuah komunitas yang sesuai dengan apa yang Anda jual. Jika anda menjual produk herbal, anda bisa masuk kekomunitas pecinta herbal yang banyak sekali di #Facebook dan Kaskus.

Lalu mulailah menulis dan berbagi sesuatu yang bermanfaat untuk mereka, dengan sendirinya mereka akan menilai reputasi Anda dan itu merupakan salah satu nilai tambah untuk identitas Anda.

3. Aktif Menulis Konten di Media Sosial 

Point ketiga ini sangat penting, dengan konsisten menulis sebuah konten di media sosial dan menulis artikel di #toko online akan membuat reputasi bisnis Anda semakin baik. Mulailah menulis konten yang relevan dengan produK yang Anda jual. Bisa membahas keunggulan dari produk Anda atau tips-tips tertentu yang berhubungan dengan produk yang Anda jual.

Selain meningkatkan kesan positif bisnis online Anda, hal ini juga akan menjadi nilai tambah di #Search Engine Optimization sehingga orang akan mudah menemukan merek Anda. Image bisnis Anda akan semakin baik karena Anda dianggap pebisnis yang mudah berbagi dan pastinya selalu update terhadap perkembangan yang terjadi seputar produk tersebut.

4. Memantau Komentar Toko Online Anda Secara Berkala

Bagi pemilik toko online, sebuah komentar menjadi salah satu nilai tersendiri, tetapi komentar yang diharapkan tentunya adalah sebuah komentar yang positif. Untuk mendapatkan itu, maka ada baiknya Anda menulis konten yang positif dan bermanfaat pula seperti yang sudah di jelaskan di point ketiga.

Mulailah memantau aktifitas di kolom komentar Anda, beri jawaban pada setiap pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung. Jangan sampai Anda di anggap penjual yang tidak peduli dengan calon pelanggannya. Lalu bagaimana jika komentar yang di tulis oleh pengunjung itu komentar yang buruk, maka saran dari saya segeralah komunikasikan kepada sang konsumen apa masalah yang terjadi. Jika Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut secara tidak langsung kredibilitas bisnis Anda pun akan ikut terdongkrak naik.

Anda bisa menganalisa di mana letak kesalahan dari konten tersebut dan segera memperbaikinya. Dengan memantau komentar dari pengunjung secara teratur Anda akan dengan mudah mengendalikan aktifitas yang terjadi di toko online atau #website Anda.

5. Menghapus Komentar yang Menyimpang

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, dengan memantau komentar toko online memudahkan Anda untuk mengatur aktifitas di dalamnya. Contohnya menghapus komentar yang tidak relevan dan sangat tidak Anda inginkan. Karena pasti ada saja komentar-komentar yang tidak baik yang akan menjatuhkan reputasi Anda. Jadi segeralah untuk menghapus komentar tersebut sebelum menjadi bahan diskusi pengunjung yang lainnya.

Baca juga: 4 Skill Penting Yang Harus Dikuasai Para Pebisnis Online

6. Amatilah Reputasi Bisnis Online Anda Saat Ini

Setelah semua point di atas Anda aplikasikan, langkah terakhir adalah mengamati reputasi Anda saat ini, ketahuilah reputasi bisnis Anda berbanding lurus dengan apa yang Anda lakukan atau katakan di #media online.

Jika kontribusi anda terhadap media sosial dan toko online Anda baik, maka kemungkinan besar reputasi bisnis online yang Anda dapatkan akan baik pula. Karena #internet berpengaruh besar terhadap reputasi yang Anda bangun entah menjadi baik atau buruk, semua kembali lagi kepada pelaku bisnis online itu sendiri.

Sekian tips sederhana untuk meningkatkan reputasi bisnis online Anda, semoga dapat bermanfaat terhadap bisnis yang Anda jalankan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud