6 Tips Bertahan Di Lingkungan Kerja yang Tidak Nyaman

bertahan dalam pekerjaan

Image dari Womenspost.ca

Dalam menjalani pekerjaan tertentu, kadang kala ada banyak hal yang sering membuat kita tidak nyaman di tempat kerja. Bisa apa saja yang menyebabkan hal itu, bisa karena teman kerja, atasan Anda sendiri atau bahkan pekerjaan itu sendiri yang membuat Anda tidak nyaman di sana. Kadang memang memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion kita itu terasa sangat sulit, sementara itu Anda harus tetap bekerja untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Maka, sebelum Anda benar-benar mendapatkan pekerjaan yang nyaman bagi Anda, sebisa mungkin Anda harus bertahan dalam pekerjaan yang mungkin Anda rasakan sudah tidak begitu kondusif lagi untuk Anda. Yang kemudian menjadi masalah adalah bagaimana cara agar bisa tetap bekerja maskimal dalam lingkungan kerja yang tidak nyaman tersebut. Ada beberapa tips di bawah ini yang bisa Anda coba untuk bisa bertahan di lingkungan kerja yang tidak nyaman lagi untuk Anda. Perhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Jangan Mudah Menyerah

Yang perlu Anda tekankan pada diri Anda sendiri pertama kali adalah jangan mudah menyerah dengan keadaan. Berjuanglah sekuat tenaga, ingat apa tujuan Anda dalam bekerja. Meski barangkali suasana di lingkungan kerja sangat tidak berpihak kepada Anda, jangan lekas menyerah lalu memutuskan untuk keluar dari pekerjaan.



Bertahanlah untuk sejenak sampai Anda mendapatkan pekerjaan lain yang bisa menggantikan pekerjaan Anda saat ini. Terlalu buruk untuk finansial Anda sendiri jika Anda memaksakan diri untuk keluar dari pekerjaan padahal Anda belum memiliki pekerjaan pengganti.

Artikel lain: Cara Efektif Menghadapi Penindasan Di Kantor

2. Berpikirlah Positif Dalam Pekerjaan

Salah satu cara untuk tetap bisa bertahan dalam lingkungan kerja yang tidak lagi kondusif adalah dengan berpikiran positif dalam setiap langkah pekerjaan Anda. Jangan terpengaruh dengan bermacam pikiran-pikiran negatif baik dari diri Anda sendiri maupun dari lingkungan kerja Anda. Tetaplah berpikir positif untuk menjaga energi Anda agar tetap bisa fokus dalam pekerjaan dan bisa menguasai diri. Kendalikan diri Anda, jangan biarkan Anda kalah dengan hal-hal yang mungkin tidak perlu.

3. Lakukan Sesuatu yang Bisa Menjaga Semangat Anda

Mungkin dengan kondisi lingkungan pekerjaan yang tak lagi bersahabat, membuat semangat Anda menjadi menurun. Segera lakukan sesuatu untuk memotovasi semangat Anda agar tidak kendur. Contoh sederhana saja, jika mungkin dengan sekedar minum kopi di luar kantor bisa membuat semnagat Anda kembali pulih, maka lakukan itu segera.

Atau mungkin berolahraga, ada banyak pilihan yang bisa Anda lakukan untuk menyuntik semangat Anda agar tidak lagi menurun. Anda sendiri yang tahu apa yang terbaik untuk dilakukan guna meningkatkan motivasi dalam bekerja.

4. Jangan Pernah Berhenti Belajar Dalam Hal Apapun

Anda tidak boleh berhenti belajar, tetap eksplore diri Anda, pekerjaan Anda, atau apapun yang bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam bekerja. Munculnya segala masalah yang ada di lingkungan adalah hal biasa, jadikan itu sebagai media belajar Anda.

Anggap saja Anda sedang dihadapkan pada suatu ujian yang jika Anda berhasil lulus, maka Anda akan bisa menapaki tangga yang lebih tinggi lagi di dunia profesional Anda. Maka, dengan belajar terus menerus, Anda akan bisa banyak medapatkan ilmu yang kelak pasti akan berguna untuk Anda sendiri di dunia kerja yang lain.

5. Selalu Tenangkan Pikiran Anda

Untuk menghadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman lagi, Anda dianjurkan tenang dulu. Tenangkan pikiran Anda, jangan mudah terpancing dengan keadaan lingkungan kerja yang negatif. Pikiran yang tenang akan bisa memabawa Anda pada kondisi dimana jiwa Anda terasa damai, sehingga berpikir pun bisa jernih yang kemudian akan menghasilkan sebuah keputusan yang bijak dari Anda. Sikap dan kondisi pikiran yang kacau tidak akan pernah membawa Anda pada etos kerja yang maksimal, dan itu justru akan memperburuk suasana kerja Anda sendiri.

Baca juga: Sering Mendapatkan Kritik Pedas di Kantor, Coba Hadapi Dengan Tips Ini

6. Jangan Lupa Bersenang-senang

Bersenang-senang adalah sesuatu yang sangat penting, jangan lupa bersenang-senang meski Anda tengah sibuk dengan berbagai tuntutan pekerjaan. Dengan bersenang-senang, akan membuat Anda sedikit melupakan keadaan lingkungan kerja Anda yang tidak nyaman untuk Anda.

Bersenang-senang itu banyak sekali caranya, bisa dengan rekreasi dengan keluarga, dengan pacar, atau mungkin dengan sahabat Anda. Intinya adalah, jangan sampai keadaan yang sudah tidak nyaman tersebut semakin bertambah tidak menyenangkan dengan sikap dan perilaku Anda terhadap diri Anda sendiri.





3 total comments on this postSubmit yours
  1. Terimakasih… Tulisan yg pas dg keadaan saya yg sekarang. Semoga bisa memotivasi saya.

  2. “Jangan Pernah Berhenti Belajar Dalam Hal Apapun” setuju sekali

  3. Setuju Gan, yang terpenting adalah life balance at working place harus ada sehingga kitapun selalu fresh dengan setiap pekerjaan.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud