6 Tanda Di Bawah Ini Menunjukkan Bahwa Anda Telah Mandiri Secara Finansial

mandiri secara finansial

Image dari Time.com

Banyak orang mengidam-idamkan memiliki kemandirian secara finansial. Tujuan orang dalam menekuni dunia bisnis salah satunya adalah meraih kesuksesan dan tentu saja dengan mencapai kedudukan sebagai seorang yang mandiri secara keuangan. Artinya tidak memiliki lagi beban keuangan, tidak khawatir lagi soal uang, dan memiliki banyak aset.

Namun perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya orang yang memiliki kekayaan yang lebih tidak serta merta menjadi seseorang yang memiliki kemandirian dalam keuangan. Sebaliknya, meski kekayaan Anda tidak sebanyak orang lain, namun bisa jadi Anda adalah orang yang sejatinya telah mencapai posisi mandiri secara keuangan itu sendiri. Lalu sebenarnya seperti apa ciri-ciri atau tanda orang yang telah mencapai posisi mandiri secara finansial tersebut, perhatikan beberapa poin di bawah ini untuk lebih jelasnya.

1. Terbebas Dari Hutang

Wajar dan manusiawi seseorang memiliki hutang atau cicilan. Karena saat ini hampir semua kebutuhan disediakan dengan cara dicicil. Membeli rumah, mobil motor, bisa dilakukan dengan cara dicicil. Tidak ada yang salah dengan cara seperti itu, namun kemudian yang sering menjadi masalah adalah bagaimana cicilan tersebut harus dibayar. Karena bagaimanapun juga cicilan atau hutang harus tetap dibayar tepat waktu apapun keadaan Anda.

Meski misalnya suatu ketika Anda kehilangan pekerjaan, cicilan harus tetap dibayar tepat waktu. Artinya, ketika Anda masih memiliki hutang, maka itu sama halnya Anda belum terbebas secara finansial, karena masih memiliki tanggungan pada pihak lain.

Artikel lain: Prinsip Sederhana Ini Bisa Membawa Anda Pada Kesuksesan Finansial Maupun Karir Di Usia Muda

2. Memiliki Gaya Hidup yang Sederhana

Bergaya hidup mewah tidak menunjukkan bahwa mereka mandiri secara finansial. Banyak orang di luar sana meski memiliki gaya hidup high class, memiliki jet pribadi, rumah mewah, namun mereka merasa tetap belum mandiri secara finansial. Kebanyakan dari mereka justru merasa takut jika saja suatu saat nanti mereka tidak bisa lagi bergaya hidup mewah karena tidak mampu lagi membiayai hidup mereka sendiri.

Fakta ini justru berbanding terbalik dengan orang yang hidup dengan sederhana. Kebanyakan orang dengan model hidup sederhana justru tidak pernah khawatir dengan keadaan mereka. Ketakutan kepada krisis keuangan tidak pernah menjadi kekhawatiran mereka, karena untuk biaya hidup pun mereka tidak membutuhkan banyak uang.

3. Memiliki Diversifikasi Portofolio

Memiliki diversifikasi portofolio sangat dianjurkan bagi setiap orang. Ini perlu dilakukan bukan untuk memupuk kekayaan, namun lebih dari itu untuk melindungi kekayaan itu sendiri. Misalnya saja, jika saat ini Anda hanya berinvestasi pada sedikit bidang, maka dengan sendirinya Anda hanya akan tergantung pada itu saja.

Artinya Anda tidak memiliki banyak pilihan ketika nantinya terjadi sesuatu pada salah satu #investasi Anda. Maka, jika tujuan Anda adalah memiliki kemandirian finansial, lebih baik jika Anda memiliki beragam investasi sehingga kemandirian secara finansial lebih memiliki potensi untuk dicapai.

4. Menggunakan Sedikit Uang Meski Mampu

Orang yang memiliki kemandirian secara finansial biasanya justru tidak begitu senang membelanjakan uangnya dalam jumlah besar. Mereka cenderung membelanjakan uang seperlunya saja. Mereka cenderung lebih melihat nilai manfaat dari banyak uang yang dimilikinya ketimbang membelanjakan pada sesuatu yang kurang perlu. Sehingga ketika mereka tidak benar-benar memerlukan suatu barang, maka uang yang mereka miliki disisakan di rekening mereka.




5. Memiliki Kesiapan Jika Terjadi Hal Buruk Pada Finansial

Kedamaian dan kebahagiaan tidak ada hubungannya dengan banyaknya uang yang dimiliki. Seseorang yang memiliki kemandirian finansial tidak pernah khawatir jika suatu saat terjadi hal buruk pada keuangannya. Karena mereka tidak pernah merasa terganggu kedamaian dan kebahagiannya dengan banyak atau sedikitnya uang yang dimilikinya.

Mereka sadar betul bahwa uang sudah seharusnya tidak membuat hidup kita justru menjadi penuh kekhawatiran. Jadi mereka akan lebih siap secara mental ketika suatu saat terjadi hal buruk pada keuangannya.

Baca juga: Gapai Kebebasan Finansial Dengan 4 Prinsip Dasar Berikut Ini

6. Memberi Pada Orang Lain

Seorang yang memiliki kemandirian finansial pasti memiliki keyakinan bahwa memberi pada orang lain tidak akan pernah membuat mereka miskin. Lebih dari itu, memberi juga tidak akan membuat harta menjadi berkurang. Namun sebaliknya, dengan memberi justru akan mendapat sesuatu yang tidak pernah terbeli dan tak ternilai.

Baik memberi uang, memberi waktu atau memberikan keahlian Anda pada orang lain justru menjadi kebahagiaan bagi Anda, maka itu tandanya Anda sudah menapaki posisi pada kemandirian hidup secara finansial.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud