6 Platform Gratis Bagi Anda yang Ingin Merintis Bisnis Online

platfrom gratis bisnis online

Image dari Genpact.com

Bisnis online pada hakikatnya bisa dilakukan dengan modal yang minim, para pelaku usaha bisa memanfaatkan website gratis untuk memasarkan dagangannya secara online. Dengan menggunakan website yang tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis, seorang pebisnis telah melakukan penghematan dari segi modal yang akan digunakan. Sehingga modal yang sebelumnya di gunakan untuk membuka #toko online secara berbayar, dapat dialokasikan pada kebutuhan lainnya untuk meningkatkan dan lebih mengembangkan bisnis online menjadi lebih besar lagi.

Bandingkan oleh Anda dengan besarnya modal untuk membeli atau sewa toko di tempat-tempat strategis seperti mall, pasar dan lainnya. Tentu saja toko secara fisik akan lebih banyak menghabiskan modal lebih besar, karena pada dasarnya toko semacam itu hanya untuk bisnis yang sifatnya offline. Belum lagi memikirkan iuran retribusi pemerintah dan hal lainnya yang berhubungan dengan sektor keuangan Anda.

Maka pada kesempatan kali ini akan dibahas 6 platform gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai #bisnis online yang akan Anda tekuni nantinya. Untuk itu simak penjelasannya berikut ini.

1. Platform WordPress

Image dari WordPress.com

WordPress

WordPress adalah salah satu platform gratis untuk membuat blog open source yang sangat populer digunakan oleh kebanyakan orang. Awalnya WordPress merupakan blog yang lebih banyak digunakan sebagai tempat untuk menyalurkan hobi menulis saja, atau bahkan mencurahkan isi hati daripada dimanfaatkan sebagai toko online yang digunakan untuk aktifitas bisnis berbasis online.

Fitur utama yang dimiliki oleh WordPress antara lain tidak perlu membuat desain sendiri karena telah banyak tema yang tersedia yang dapat Anda pilih, cara untuk menggunakannya relatif mudah bagi pemula, tersedia dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia, sudah ada komunitas pengguna WordPress di Indonesia sehingga apabila terdapat kesulitan dalam menggunakannya dapat bertanya langsung kepada mereka, dan yang paling penting merupakan salah satu website gratis paling populer dan banyak digunakan.

Artikel lain: Cara Membuat Toko Online Dengan Platform WordPress

Untuk dapat menggunakan WordPress, Anda diharuskan mengunjungi situs WordPress.com terlebih dulu. Kemudian langkah selanjutnya ikutilah panduan yang telah tertera untuk membuat situs secara gratis dalam bahasa Indonesia. Selain menawarkan fitur gratis dalam layanannya, WordPress juga menawarkan fitur berbayar, kelebihan dalam fitur yang berbayar ini memiliki tampilan yang lebih menarik daripada yang gratis.

2. Blog (WeBlog)

Image dari WeBlog.com

Image dari WeBlog.com

Blog adalah singkatan dari Weblog, yaitu suatu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan, biasanya dimuat sebagai bentuk posting pada sebuah halaman web umum. Istilah Weblog sendiri pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997 untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di update secara kontinyu dan berisi link-link pranala ke website lain yang mereka anggap menarik.




Blog sendiri hampir sama dengan WordPress. Bahkan dapat dikatakan keduanya merupakan saingan, sebab banyak yang membandingkan fitur dan kelebihan dari keduanya secara langsung. Fitur utama yang ditawarkannya pun sama dengan WordPress, namun untuk pemula, Blog lebih mudah dalam hal penggunaanya jika dibandingkan dengan WordPress.

Namun demikian, salah satu kekurangannya jika dimanfaatkan untuk membuat sebuah toko online maka layanan yang diberikan Blog lebih terbatas. Misalnya jika di WordPress Anda dapat mengganti sendiri tema yang digunakan sesuai selera, lain halnya apabila jika Anda menggunakan Blog. Tema yang digunakan secara langsung tidak dapat diganti sendiri.

3. Joomla

Image dari Joomla.org

Image dari Joomla.org

Joomla adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat atau membangun sebuah website dinamis yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukungnya. Joomla termasuk dalam kategori aplikasi CMS (Content Management System) open source, artinya dapat Anda gunakan secara bebas dan gratis. Sejarah Joomla sendiri awalnya dikembangkan dari aplikasi CMS lainnya yaitu Mambo.

Adapun fitur utama dari Joomla diantaranya simpel dan mudah untuk digunakan bahkan bagi pemula, fitur dari tampilannya relatif komplit, ada komunitas di Indonesia, mempunyai modul Virtuemart yang akan memudahkan penggunanya untuk pembuatan toko online secara lengkap.

Untuk dapat menggunakannya, Anda cukup mengunjungi situs Joomla.org, kemudian download program yang telah disediakan, setelah itu ikuti panduan yang telah tersedia.

Baca juga: 6 Teknik Membuat Deskripsi Produk yang Baik untuk Toko Online Anda

4. MagenttoCommerce

Image dari Magentocommerce.com

Image dari Magentocommerce.com

MagenttoCommerce merupakan situs yang kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia, tetapi Magentto cukup terkenal di luar negeri. Buktinya website ini mendapatkan penghargaan Best New Open Source Project setelah dirilis sejak tahun 2008. MagenttoCommerce sendiri memiliki fitur diantaranya : mempunyai banyak plugin  tema yang tersedia secara gratis, tersedia komunitas aktif secara global, apabila Anda ingin berpindah ke platform lain, tersedia tool yang efektif dan efisien untuk memindahkan semua settingannya, sehingga tampilan website nantinya tidak akan berantakan di platform yang baru.

Untuk penggunaan MagenttoCommerce, sebaiknya tidak diperuntukan bagi Anda yang pemula dan tidak mengetahui pengetahuan teknologi informatika, karena untuk mengaplikasikannya agak sedikit rumit. Tersedia beberapa layanan yang berbayar, jadi tidak semua layanannya gratis.

5. OSCommerce

Image dari OSCommerce.com

Image dari OSCommerce.com

Oscommerce sama dengan MagenttoCommerce kurang familiar di telinga orang Indonesia. Tidak seperti Blog dan juga WordPress yang memang bisa digunakan oleh para Blogger untuk melakukan kegiatan menulis. Situs ini memang khusus diciptakan untuk membuat toko online.

Fitur utama yang dimilikinya adalah kemudahan dalam membuka situs, mudah untuk menampilkan barang dagangan lengkap dengan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh konsumen, adanya komunitas pengguna OSCommerce, biaya pengiriman barang dan pajak dapat dihitung langsung melalui situs.

Situs gratisan untuk toko online ini memang tidak begitu terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan di mesin pencari #Google. Sehingga konsumen akan kesulitan dalam menemukan produk yang dijual di OSCommerce. Meskipun begitu, situs ini cocok bagi Anda yang ingin membuka toko online.

Baca juga: Beberapa Langkah Membuat Toko Online Berbasis Konten

6. PrestaShop (CMS ECommerce)

Image dari Prestashop.com

Image dari Prestashop.com

Prestashop merupakan salah satu CMS #ecommerce yang bisa digunakan untuk membuat website toko online, PrestaShop sendiri memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap, mudah dipahami, dan bisa diinstall dengan mudah. PrestaShop juga cukup populer dan banyak digunakan di Indonesia. Lebih menarik lagi PrestaShop adalah salah satu CMS Opensource yang dapat di unduh secara gratis.

Juga terdapat komunitas Prestashop, karena telah banyak digunakan di Indonesia. Prestashop sendiri didirikan di Paris, Perancis lebih dari 40 bahasa tersedia untuk berbagai tingkatan. Hanya bahasa Inggris dan Prancis saja yang memiliki dukungan penuh dalam semua versi rilisannya. Disamping dukungan resmi tidak disediakan, pertanyaan yang terjawab hanya tersedia pada forum resminya saja.



1 comment on this postSubmit yours
  1. apakah ke 6 platform itu bisa di daftarkan ke adsense

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud