6 Kiat Sukses Jalankan Bisnis Sendiri dari Jessica Alba

Jessica Alba

Image dari Inquisitr.com

Fenomena selebriti yang merambah dunia bisnis memang sudah bukanlah sebuah rahasia lagi. Pasalnya sudah banyak selebriti dan artis baik dari lokal dan mancanegara yang sudah melakukan aktivitas ini. Dan salah satu artis mancanegara yang juga terjun ke dunia entrepreneur adalah Jessica Alba. Sejak tahun 2011, seleb Hollywood ini memang diketahui telah berbisnis dengan mendirikan The Honest Company yang kini sudah terbilang sukses.

The Honest Company sendiri adalah perusahaan yang menjual berbagai macam perlengkapan rumah tangga, mulai dari popok, detergen, hingga vitamin yang aman karena anti-racun. Di perusahaan ini Jessica menjabat sebagai co-founder yang terlibat dalam segala rutinitas mulai dari marketing hingga rencana bisnis.

Selama terjun ke dunia bisnis ini pemeran Fantastic Four ini sendiri mengaku mendapat berbagai pelajaran bisnis. Dan apa saja kiat sukses berbisnis dari Jessica Alba ini? Berikut ulasannya.

1. Investasi pada Sumber Daya Manusia (Staff)

Tips sukses yang pertama dalam membangun bisnis versi Jessica adalah investasi staff. Menurut Jessica membangun bisnis memang perlu melakukan investasi staff atau sumber daya manusia (SDM). Dalam hal ini pengusaha bukan saja hanya melakukan perekrutan pegawai yang berkualitas. Namun lebih dari itu perusahaan harus juga memberikan fasilitas terbaik kepada mereka.

Bisnis Jessica The Honest Company sendiri sudah lama menerapkan #investasi itu. Di sini ibu dan ayah yang baru saja memiliki anak bisa mengambil cuti melahirkan hingga 16 minggu. Ini tentu cuti yang sangat panjang dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain.




Artikel lain: Inilah 8 Selebriti Dunia yang Sukses Berinvetasi Pada Perusahaan Rintisan

Namun peraturan ini menurut Jessica memang sengaja buat untuk membuat karyawan senang dan bahagia. Menurut Jessica, semakin sehat dan bahagia orang-orang (karyawan) dan semakin terpenuhi mereka maka semakin baik pula kinerja pegawai tersebut. Itulah bentuk investasi yang dikejar Jessica

2. Stop Multitasking

Hal kedua untuk sukses menjalankan bisnis menurut Jessica maka adalah menghentikan melakukan segala hal (multitasking), meskipun memang bisa. Ya, pebisnis wanita memang selalu ingin mengerjakan lebih dari apa yang mereka bisa lakukan. Namun jika mereka benar-benar melakukannya sebenarnya hal ini adalah sebuah kesalahan.

Alih-alih bisa fokus pada pengembangan usaha, pebisnis wanita yang terlalu banyak mengerjakan sesuatu akan membuat bisnis jalan di tempat. Menurut Jessica, seorang pebisnis memang tak seharusnya bersikeras untuk bisa multitasking. Yang pebisnis perlu lakukan sebenarnya adalah mengerjakan yang penting atau prioritas.

3. Istirahat

Meski memiliki kesibukan tingkat tinggi pebisnis juga perlu memiliki waktu istirahat yang cukup. Jessica sendiri selalu harus memastikan bila dirinya punya waktu rehat atau istirahat. Tak lupa juga ia juga harus menyempatkan untuk mengurus diri dan keluarga. Tidak hanya untuk dirinya, pola yang sama juga Jessica terapkan pada para staff-nya.




Menurut ibu satu anak ini jika pebisnis tidak bisa menjaga diri sendiri dan keluarga, maka pekerjaan akan terpengaruhi. Mengapa demikian? Sebab menurutnya maksimalnya orang bekerja akan tercapai jika mereka terinspirasi dan bahagia.

4. Minta Saran Customer

Meski Anda berada di pucuk pimpinan perusahaan, namun bukan berarti pebisnis tak mau turun langsung ke lapangan untuk berinteraksi dengan konsumen. Hal inilah yang juga dilakukan oleh Jessica Alba ketika ia membesarkan The Honest Company. Meskipun menjabat sebagai co-founder, Jessica selalu mendengarkan saran dan keluhan pelanggan. Jessica pun sering kali melakukan dialog terbuka dengan para pelanggannya.

5. Kelilingi Orang Pintar

Untuk membuat bisnis Anda sukses menurut Jessica pengusaha memang tak bisa bekerja sendirian. Ia memerlukan partner yaitu orang-orang pintar yang akan membantunya mengembangkan bisnis. Apalagi ketika Anda akan mengambil sebuah keputusan yang penting, maka saran dan pendapat dari orang-orang pintar dan ahli ini sedikit banyak akan mampu membantu pengusaha untuk menumbuhkan perusahaan.

Baca juga: Inilah 5 Selebriti yang Diketahui Telah Bekerja untuk Perusahaan Teknologi

6. Jangan Berpikir Terlalu Jauh

Terakhir, kiat sukses membangun bisnis menurut Jessica Alba adalah jangan berpikir terlalu jauh. Walaupun usaha yang Anda jalankan sedang mengalami pertumbuhan yang pesat, menurut Jessica seorang pengusaha disarankan untuk tidak merancang rencana terlalu jauh. Mengapa demikian? Sebab menurut wanita kelahiran California, Amerika Serikat, 28 April 1981 ini seorang pebisnis harus bisa melihat perkembangan usaha dari hari ke hari.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud